| |

6 Ide Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Menarik

Usaha sampingan tanpa modal selalu dicari-cari oleh banyak orang. Banyak orang yang menguburkan niatnya untuk membuka usaha sampingan karena tidak punya cukup modal. Untungnya hidup di zaman ini ada banyak usaha yang bisa dilakukan dengan mudah dan murah, bahkan tidak perlu modal. Hanya perlu niat, keseriusan, fokus, disiplin dan mau meluangkan waktunya untuk mengerjakan usaha sampingannya ini.

Di bawah ini ada beberapa contoh usaha sampingan tanpa modal yang bisa langsung dipraktekkan. 

6 Usaha Sampingan Tanpa Modal

  1. Menulis di Platform Online

Menulis cerita di platform online sedang naik daun. Banyak platform online yang bermunculan karena melihat antusiasme masyarakat pada platform seperti ini. Teman Virgo yang kreatif dan suka menulis, ini bisa jadi ide usaha sampingan tanpa modal.

Orang-orang pun lebih suka membaca dari sana karena harga beli chapter-nya sangat terjangkau. Lalu ada banyak pilihan genre cerita dan jalan cerita yang sehingga banyak pembacanya yang makin ketergantungan dengan platform ini. Teman Virgo akan mendapatkan uang dari uang yang dibayar oleh pembaca demi bisa baca cerita teman Virgo. Artinya semakin bagus dan menarik cerita yang dibuat, maka uang yang didapat pun semakin banyak.

Baca juga: Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan: Masih Sering Salah Kaprah!

  1. Buka Jasa Desain

Teman Virgo punya passion di bidang desain? Kalau begitu buka jasa desain bisa menjadi ide tepat bagi orang-orang yang kreativitasnya tinggi. Promosikan usaha ini ke semua media sosial dan grup teman Virgo, lalu terima pesanan desain dan mulai kerjakan. 

Apalagi saat ini sudah banyak tools desain gratis atau berbayar dengan harga sangat terjangkau. Tools tersebut bisa dimanfaatkan oleh teman Virgo untuk mendapat uang tambahan berkali lipat. 

  1. Menjadi Admin Sosial Media

Menjadi admin media sosial pun tidak perlu banyak modal. Cukup sediakan waktu berdasarkan kesepakatan dengan orang yang menggunakan jasa teman Virgo ini dan paket data yang mumpuni. Promosikan usaha teman Virgo di semua media sosial, teman, dan keluarga. 

Biasanya pekerjaan yang dilakukan teman Virgo adalah membalas pesan/komentar, membuat caption, dan mengelola media sosial tersebut agar mendapat peningkatan impression, click, like, share.

  1. Menjadi Translator

Punya skill bahasa asing tapi tidak mau menjadi guru? Tidak masalah! Jadi translator saja untuk tambah pemasukan. Menjadi translator adalah ide usaha sampingan tanpa modal yang menarik untuk dicoba. Jasa ini cukup dibutuhkan di perusahaan percetakan buku dan media massa. Karena tanpa modal jadi nothing lose, coba saja dulu dan lakukan dengan serius. 

Baca juga: Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel, Nggak Perlu Banyak Rumus

  1. Menjadi Data Entry

Menjadi data entry artinya pekerjaan yang teman Virgo lakukan adalah memasukkan data fisik ke dalam laptop agar lebih mudah mengelolanya. Walaupun sekarang dibilang zaman digital, tapi di luar sana masih banyak orang yang menuliskan datanya secara fisik dan butuh bantuan seseorang untuk membuat data-datanya terstruktur. Modal yang dibutuhkan hanya laptop dan kemampuan komunikasi yang baik saja agar tidak terjadi salah paham.

  1. Menjadi Dropshipper

Tidak perlu modal besar untuk menjadi dropshipper. Hanya perlu sediakan pulsa, paket data, tenaga, dan waktu saja. Menjadi dropshipper memungkinkan teman Virgo untuk tidak perlu memikirkan bagaimana produksi barangnya, karena itu urusan produsen sendiri. Tugas teman Virgo hanya memasarkan produk sebanyaknya.

Menjadi dropshipper juga tidak perlu gudang karena teman Virgo tidak membeli barang, teman Virgo hanya terima orderan lalu barang akan dikirim langsung dari pabrik ke alamat tujuan.

Baca juga: 3 Manfaat Hidup Hemat untuk Masa Depan yang Cerah

Manfaatkan Harga Murah Beli Paket Data di Virgo untuk Menunjang Kegiatan Usaha Sampinganmu

Meskipun tidak perlu modal banyak atau bahkan tanpa modal sama sekali, teman Virgo harus niat ketika melakukannya. Melakukan bisnis apapun harus serius, dengan niat baik dan pandai melihat peluang untuk mengembangkan bisnis. Menjadi pebisnis harus bisa mendapatkan sumber daya dengan harga murah tapi kinerjanya maksimal. Contohnya paket data untuk terkoneksi online khususnya untuk pekerjaan sampingan yang membutuhkan koneksi internet.

Sekarang beli paket data untuk keperluan usaha sampingan bisa teman Virgo beli di aplikasi uang elektronik Virgo. Harganya bersaing, bisa dibeli dari kembalian receh yang dikumpulkan di Virgo.

Cara mengumpulkannya adalah berbelanja tunai di Alfamart, Alfamidi, atau Dan+Dan dan minta uang kembaliannya dimasukkan ke akun Virgo. Ini namanya top up kembalian Virgo. Sekali top up kembalian Virgo, teman Virgo bisa memasukkan hingga Rp99.999 per transaksi. Saat ini, teman Virgo baru bisa melakukannya di ketiga merchant itu saja ya.

Kalau saldo Virgo sudah kekumpul banyak, bisa dipakai belanja online di Alfagift, beli pulsa, beli paket data, bayar listrik, beli token listrik atau transfer ke rekening bank. Selain itu, saldo Virgo yang terkumpul juga bisa dipakai untuk belanja online di Alfagift. Kabar bagusnya lagi, sekarang teman Virgo juga sudah bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan QRIS melalui aplikasi Virgo  yang artinya makin memudahkan teman Virgo untuk melakukan pembayaran selama ada barcodenya untuk di scan. 

Download aplikasi Virgo di App Store atau Google Play Store sekarang juga untuk buktikan sendiri!

Leave a Reply