MacBook Pro, white ceramic mug,and black smartphone on table

Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel, Nggak Perlu Banyak Rumus

Banyak orang tidak tahu cara membuat laporan keuangan di Excel yang simple. Kebanyakan merasa kesulitan saat menggunakan Excel karena rumus-rumusnya yang rumit. Mungkin dahulu kamu pernah belajar tentang Excel dan mendapati banyak sekali rumus yang ada di dalamnya. Tetapi yang perlu kamu ketahui adalah tidak semua rumus harus dihafalkan, gunakan rumus-rumus yang memang sesuai dengan kebutuhanmu.

Buat kamu yang menggunakan Excel untuk membuat laporan keuangan, tentunya rumus yang harus kamu hafalkan cukuplah rumus yang berkaitan dengan laporan tersebut. Oleh karenanya melalui artikel ini terdapat informasi untuk mengetahui cara membuat laporan keuangan di Excel dengan simple dan enggak pakai banyak rumus.

Mengapa Menggunakan Excel?

Buat kamu yang masih pemula dan ingin membuat laporan keuangan lebih terotomatisasi kamu bisa menggunakan Excel. 

Banyak alasan kenapa Excel masih menjadi primadona untuk membuat laporan keuangan, diantaranya: 

  • Aplikasi yang sudah banyak tersedia di setiap laptop terutama buat kamu pengguna Windows
  • Memiliki banyak fitur dan rumus dalam perhitungan sehingga memudahkan menghitung keuangan
  • Sering digunakan dalam berbagai tugas pada saat sekolah ataupun kuliah sehingga penggunaannya lebih familiar 
  • Lebih fleksibel dalam kategorisasi, dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Misalnya kategori kebutuhan makan, transportasi, hiburan, tabungan dan lain-lain. 
  • Ada banyak data sudah berformat Excel. Ini juga merupakan salah satu keunggulan dari aplikasi buatan Microsoft ini. Kalau kamu membutuhkan sebuah data yang berbentuk angka seperti laporan keuangan, data tersebut sudah banyak tersedia di internet dan mayoritas sudah berbentuk Excel (XLSX, XLX maupun CSV).  Sehingga memudahkanmu untuk langsung mengolah data yang ada tanpa harus repot-repot copy paste dari file dengan format lain.

Dengan alasan-alasan tersebut, maka wajar bila Excel sampai saat ini masih menjadi andalan khsususnya bagi mereka yang ingin hemat biaya dari menggunakan aplikasi pembuat laporan keuangan lainnya.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi Untuk Kaum Milenial

Virgo

Bagaimana Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel

Sedikitnya ada dua jenis laporan keuangan yang bisa kamu buat di Excel yaitu laporan arus kas dan laporan laba rugi. Masing-masing laporan memiliki elemen berbeda yang harus diinput

Untuk laporan arus kas, kamu harus memasukkan elemen seperti:

–   Arus kas dari aktivitas operasional,

–   Arus kas dari aktivitas investasi,

–   Arus kas dari aktivitas pendanaan,

Untuk laporan laba rugi, kamu harus memasukkan elemen seperti:

–   Pendapatan,

–   Beban,

–   Keuntungan,

–   Kerugian.

Baca juga: Literasi Keuangan (Pengertian, Urgensi, Contoh)

Fitur Excel yang Bisa Digunakan untuk Laporan Keuangan

Jangan terlalu pusing dengan fitur Excel yang terlalu banyak. Kamu cukup gunakan beberapa fitur saja untuk laporan keuangan diantaranya, tabel pivot, analisa what if, dan forecast sheets.

·  Tabel Pivot 

Ini merupakan fitur yang bisa meringkas kumpulan data kompleks yang bisa didasarkan pada sel pilihan. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat rangkuman terkait data keuangan mentah dan kemudian dikelompokkan ke dalam kategori yang berbeda. Dengan tabel ini, data keuanganmu akan lebih rapi dan berkelompok sesuai kategori.

·  Analisa What If

Fitur ini bisa kamu temukan di bagian menu. Kegunaan dari fitur ini adalah dapat membantumu memperkirakan kumpulan data di dalam rumus. Fitur ini juga sangat akurat jika digunakan untuk melakukan manajemen arus kas dari seluruh anggaran dan perkiraan. What If juga bisa menguji perkiraan anggaran dalam bentuk format garis yaitu garis tren atau grafik batang.

·  Forecast Sheets

Di fitur ini kamu bisa memperkirakan tren data yang didasarkan pada data-data sebelumnya (historical data). Tentunya fitur ini hanya bisa digunakan apabila kamu memiliki cukup data dalam beberapa tahun kebelakang.

Masih ribet? Enggak perlu khawatir, karena Excel juga menyediakan template yang bisa kamu langsung gunakan.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu cukup buka Microsoft Excel kemudian pilih menu “file” lalu pilih “new from template” di sana ada template laporan keuangan yang bisa kamu pilih yaitu “annual financial report”

Baca Juga: Aplikasi Virgo (Solusi Bijak Atur Kembalian Receh)

virgo

Tips Membuat Laporan Keuangan Lebih Efisien

Saat kamu membuat laporan keuangan di Excel, kamu mungkin akan menemukan kondisi laporan keuangan yang tidak efisien. Ini bisa terjadi karena kamu tidak memanfaatkan sisa uang yang mungkin masih memungkinkan untuk digunakan. Misalnya saja sisa uang hasil kembalian belanja yang sebenarnya bisa dimanfaatkan kembali. 

Tapi kan uang receh kalau dikumpulin jadi memberatkan.” Nah, kamu enggak perlu khawatir, karena uang receh tersebut bisa kamu kumpulkan dalam satu aplikasi yaitu Virgo. Virgo adalah aplikasi e-money yang memiliki fitur utama yaitu dapat mengumpulkan kembalian usai belanja di Alfamart, Alfamidi, dan Dan+Dan.

Selain dikumpulkan dalam aplikasi Virgo, uang tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti beli pulsa, paket data, token listrik, maupun bayar tagihan listrik. Saldo Virgo juga bisa kamu transfer langsung ke rekening bank pribadimu, loh. Jangan lupa melakukan upgrade akun Virgo menjadi akun Verified biar bisa menggunakan fitur transfer dengan menggunakan aplikasi Virgo. 

Kamu bisa top up saldo Virgo hasil dari kembalian berbelanja langsung di Alfamart dengan nominal hingga Rp99.999 per transaksi serta di Alfamidi dan Dan+Dan hingga nominal Rp1.999 per transaksi. Dengan menggunakan uang kembalian untuk bertransaksi, keuanganmu bisa lebih sehat dan dalam segi penggunaan bisa lebih efisien.

Nah, sejalan dengan laporan keuangan pada artikel ini, aplikasi Virgo juga bisa langsung mencatat dan menyimpan riwayat transaksimu dengan lengkap. Catatan transaksi tersebut berisi tanggal, nominal, dan jenis transaksi. Jadi gak perlu ribet lagi deh, mengumpulkan bon atau khawatir bonnya hilang dan lupa mencatat pengeluaran. Jadi, tunggu apa lagi? Download Virgo sekarang dan atur keuanganmu dengan lebih sehat! Selamat mencoba!

Leave a Reply