Cara Mengatur Keuangan Pribadi untuk Kaum Milenial

Pernahkah kamu baru mendapatkan uang jajan atau gajian, tapi tiba-tiba sudah habis? Atau malah muncul tagihan hutang yang perlu kamu bayar? Kami punya beberapa cara mengatur keuangan pribadi yang bisa teman Virgo gunakan.

Cara ini bisa kamu lakukan meskipun kamu belum bekerja atau memiliki penghasilan sendiri. Bila kamu masih sekolah atau kuliah cara ini bisa untuk menghemat uang jajan yang kamu dapatkan.

Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Alasan untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran adalah agar kamu dapat melihat pengeluaran apa yang menghabiskan nominal paling besar. Kamu dapat membaginya menjadi beberapa kategori seperti konsumsi, hiburan, transportasi, pulsa, paket data, pakaian, dan lainnya.

Jangan lupa untuk tuliskan sumber-sumber pendapatanmu terlebih buat kamu yang memiliki lebih dari satu pendapatan. Hal ini untuk melihat potensi penghasilan yang bisa kamu capai berikutnya. Bila saat ini kamu memiliki dua sumber pendapatan dan secara waktu kamu masih senggang, maka kamu bisa menambah pos pendapatan lainnya seperti menambah pekerjaan freelance.

Beberapa pekerjaan freelance yang bisa kamu coba seperti menulis, design graphic, videographer, virtual assistant, dan sebagainya.  

Baca Juga: 8 Cara Hemat Listrik di Rumah

Lakukan Budgeting

Budgeting diambil dari kata budget yang artinya anggaran. Secara definisi, budgeting adalah proses merancang anggaran agar keuangan yang kamu miliki bisa terkelola dengan baik. Ada banyak metode budgeting yang bisa kamu gunakan, namun metode paling populer adalah 50:30:20. Metode ini membagi pemasukanmu menjadi 3 kategori yaitu 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan atau investasi.

Bila kamu ingin menggunakan metode lain seperti 60:30:10 dengan pos pengeluaran yang sama maka itu sah-sah saja, karena pada dasarnya yang mengetahui berapa besar kebutuhan yang harus dipenuhi adalah dirimu sendiri.

Namun, yang harus diperhatikan selalu sisihkan uang untuk tabungan dan investasi di awal, karena bila menabung dan investasi diambil dari uang sisa maka umumnya tidak ada uang tersisa untuk itu. Mengapa demikian? Karena uang tersebut sudah habis duluan untuk keinginan yang tiba-tiba muncul. Jadi pastikan kamu sisihkan dulu ya uang untuk tabungan dan investasi di awal.

virgo

Buat Daftar Belanja

Sering kali kita tergiur dengan bermacam barang yang ditawarkan di etalase. Padahal kita tidak membutuhkan barang tersebut. Dengan membawa daftar belanja, kamu dipaksa untuk fokus hanya dengan barang yang ada di catatan. Jadi pengeluaranmu untuk hal yang tidak dibutuhkan bisa dikurangi.

Jangan lupa untuk membawa uang pas sesuai dengan daftar belanjaanmu. Sehingga kamu tidak tergiur untuk membeli barang lain karena kamu tidak memiliki uang sisa. Disarankan untuk membawa uang tunai, karena berdasarkan penelitian belanja dengan menggunakan uang tunai dapat membuat seseorang lebih hemat dibandingkan dengan debit ataupun kredit.

Hati-Hati dengan Promo

Apakah kamu tipikal orang yang tidak tahan melihat adanya diskon? Jika iya, kamu harus berhati-hati mulai saat ini. Terkadang kita terjebak dengan taktik marketing dimana barang diskon harganya sudah dinaikkan sebelum diberikan potongan. Sehingga akhirnya kamu hanya mendapatkan harga yang hanya berbeda sedikit dengan harga normal.

Promo yang bisa kamu manfaatkan adalah saat Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) atau pada waktu-waktu tertentu. Pada saat itu memang beberapa produk didiskon dari harga normalnya.

Tapi pastikan bahwa produk yang kamu beli memang produk yang kamu butuhkan bukan sekedar keinginan.

Baca Juga: 8 Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan

Mengutamakan Kebutuhan daripada Keinginan

Dalam cara ini, kontrol diri akan menahan banyaknya keinginan untuk memenuhi kebutuhan sangat penting. Kamu harus bisa memilih prioritas dalam mengeluarkan uang yang kamu miliki.

Adapun bila kamu memiliki keinginan yang ingin diwujudkan maka pastikan uang yang kamu gunakan adalah uang yang berlebih. Salah seorang advisor keuangan menyarankan saat kamu ingin membeli keinginan, pastikan uang yang kamu miliki saat ini bisa membeli 10 barang tersebut.

Misal, bila kamu ingin membeli mobil yang harganya Rp200 juta. Maka pastikan kamu memiliki uang Rp2 miliar.

Virgo

Pintar Menggunakan Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit bukan berarti kamu mendapat uang tambahan yang bisa dibelanjakan sesuka hati. Kartu kredit adalah alat pembayaran yang sistemnya dibayar terakhir dan jika kamu tidak dapat menggunakan dengan bijak kamu bisa terbelit oleh bunga kartu kredit itu sendiri.

Baca Juga: Uang Receh (Pengertian dan Penggunaannya)

Cara Mengatur Keuangan Pribadi dari Uang Kembalian

Uang kembalian ternyata bisa kamu manfaatkan, loh. Uang receh tersebut bila kamu kumpulkan maka ia bisa menjadi dana darurat yang sewaktu-waktu bisa kamu gunakan saat dibutuhkan. Nah, untuk bisa mengumpulkan uang kembalian tanpa repot kamu bisa menggunakan aplikasi Virgo.

Selain mengumpulkan kembalian, Virgo juga bisa digunakan untuk membayar berbagai kebutuhan seperti bayar listrik, beli token, pulsa, paket data, dan bisa juga ditransfer antar bank.

Kamu bisa isi saldo di aplikasi Virgo di Alfamart hingga Rp99.999 per transaksi dan di Alfamaidi dan Dan+Dan hingga Rp1.999 per transaksi. 

Kesimpulan

Itu dia beberapa cara mengatur keuangan yang pasti akan bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk mengoptimalkan keuanganmu dengan mengumpulkan kembalian menggunakan aplikasi Virgo. Dengan aplikasi Virgo uang receh bisa lebih bermakna. Selamat mencoba. 

Leave a Reply