8 Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan

Untuk sebagian orang, ketika mendapatkan uang jajan seringkali dihabiskan tanpa sisa.  Padahal uang tersebut bisa dihemat untuk keperluan lainnya. Berikut 8 cara hemat dalam membelanjakan uang jajan yang perlu teman Virgo ketahui. 

Membuat Daftar Belanja

Membuat daftar belanja dilakukan dengan cara membuat skala prioritas. Daftar belanjaan berguna untuk menghindari pembelian yang kurang penting. 

Daftar belanja juga dapat menjadi patokan supaya tidak lapar mata saat melihat promo atau diskon. Barang promo atau diskon memang sangat menggoda untuk dibeli terlepas dari sedang butuh atau tidak. Sebaiknya teman Virgo bisa menahan godaan dan konsisten dengan daftar belanjaan, ya. 

Membeli Barang Terjangkau dengan Kualitas Baik

Ada orang yang membeli barang karena merek. Namun, ada juga yang membeli karena fungsinya. Padahal banyak barang non-branded yang juga memiliki kualitas baik. 

Kita sering mendengar istilah ‘ada harga, ada barang’. Namun, hal itu tidak selalu berarti bahwa harga yang murah tidak mungkin memiliki kualitas yang cukup baik. 

Kalau kamu pandai dalam memilih barang, maka bukan tidak mungkin akan mendapat kualitas yang sama baiknya dengan barang mahal sehingga kamu dapat berhemat.

Gunakan Fasilitas Gratis

Ada beragam fasilitas gratis yang ada di tempat publik seperti WiFi gratis. Teman Virgo dapat memanfaatkan fasilitas ini sehingga dapat menghemat uang jajan. 

Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan perpustakaan umum sebagai tempat belajar dibandingkan dengan duduk di cafe. Saat ini sudah banyak perpustakaan umum yang meningkatkan kenyamanan ruang belajarnya. 

Akan ada perbedaan yang cukup besar saat memakai ruang belajar di perpustakaan dibandingkan cafe, lho. Karena otomatis kamu akan mengeluarkan uang jajan lebih untuk memesan minuman dan makanan di cafe

Baca Juga: Begini Cara Memanfaatkan Kembalian Agar Tidak Mubazir

Membawa Bekal dan Minum dari Rumah

Membawa bekal dan minum dari rumah dapat menghemat uang. Apalagi, banyak warung makan yang menyediakan air minum gratis. 

Selain hemat uang jajan, kamu juga dapat berpartisipasi dalam aksi ramah lingkungan. Sekaligus menjamin kebersihan makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Keren banget, kan? Kamu bisa melakukan banyak hal positif sekaligus hanya dengan membawa bekal dan botol minum dari rumah.

Tidak Mengikuti Tren

Mengikuti tren menyebabkan orang menjadi boros. Selain itu, jika teman Virgo tidak mengikuti tren, maka teman Virgo akan membeli sesuai apa yang dibutuhkan bukan karena keinginan.

Saat kamu tidak mengikuti tren dan lebih fokus pada kebutuhan maka kamu akan menghemat lebih banyak uang jajanmu. 

Salah satu contoh adalah penggunaan handphone, jika kamu memaksakan diri mengikuti tren. Maka kamu akan terus-menerus mengganti handphone keluaran terbaru yang pasti lebih mahal. Padahal kamu tidak terlalu butuh.

Kurangi Nongkrong

Satu kali nongkrong bisa menghabiskan uang Rp50.000 sampai Rp100.000. Padahal, uang tersebut masih bisa ditabung untuk hal lain. Dalam menghadapi hal tersebut, kamu perlu berani berkata tidak jika sering diajak nongkrong oleh teman. 

Hal ini bukan berarti kamu dianjurkan untuk tidak berkumpul dengan dengan temanmu. Sesekali kamu masih bisa ikut nongkrong. Tapi kamu tetap harus ingat untuk membatasi pengeluaran. 

Baca Juga: Apa itu Aplikasi Virgo (Cara Mudah Mengumpulkan Uang Receh)

Tidak Anggap Remeh Uang Receh

Jika teman Virgo menerima kembalian berupa uang receh, sebaiknya teman Virgo kumpulkan saja. Tanpa kamu sadari, uang receh yang dikumpulkan terus-menerus nantinya bisa dipakai untuk berbagai keperluan. 

Kabar baiknya, kamu bisa kumpulkan uang receh tersebut dengan mudah menggunakan aplikasi uang elektronik Virgo. Usai belanja, kamu bisa request ke kasir Alfamart untuk top up saldo Virgo kamu dari kembalian yang kamu dapatkan ke aplikasi Virgo

Kembalian dengan receh yang kamu kumpulkan di aplikasi Virgo, dapat digunakan kembali untuk membayar berbagai kebutuhan sehari-hari.

Membuat Catatan Pengeluaran

Catatan pengeluaran berguna untuk mengevaluasi setiap pengeluaran yang telah dilakukan. Dari sini dapat dilihat sudah berapa banyak uang yang teman Virgo keluarkan. 

Catatan pengeluaran bisa menjadi patokan pengeluaran di bulan selanjutnya sehingga kamu dapat menghemat uang lebih banyak. Semakin detail catatan pengeluaran yang teman Virgo buat, semakin mudah untukmu membagi uang sesuai dengan kebutuhan. Oh ya teman Virgo juga bisa memanfaatkan aplikasi Virgo loh untuk membantu catatan pengeluarannya. Usai belanja di Alfamart kamu bisa melakukan top up dari kembalian.

Kesimpulan

Jadi, jangan habiskan uang jajanmu ya, teman Virgo! Kamu bisa ikuti 8 cara hemat dalam membelanjakan uang di atas, karena uang tersebut masih bisa kamu kumpulkan untuk digunakan belanja kebutuhan lainnya. 

Jangan lupa juga untuk selalu gunakan aplikasi Virgo agar kamu bisa hemat. Virgo bisa digunakan untuk kumpulin kembalian dari Alfamart. Jumlah kembalian yang bisa di top up di Alfamart bisa sampai Rp99.999. Bisa juga top up di Alfamidi serta Dan+Dan hinggal Rp1.999. 

Saldo yang sudah kekumpul nantinya bisa kamu gunakan untuk beli pulsa, belanja di Alfagift ataupun ditransfer ke rekening bank. 

Leave a Reply