|

Begini Cara Memanfaatkan Kembalian Belanja agar Tidak Mubazir

Apakah teman Virgo ketika belanja di Alfamart suka mendapat uang kembalian dalam bentuk recehan yang banyak? Apakah uang tersebut menumpuk di lemari lalu terlupakan? 

Padahal, sekecil apapun uang kembalian yang kita terima, masih bisa dipakai lagi untuk berbagai keperluan. Bila saat ini teman Virgo bingung cara memanfaatkan kembalian hasil belanja, di artikel ini kamu akan mendapatkan solusinya. Simak beberapa tips di bawah ini.

Dipakai Belanja Kebutuhan Lain

Uang kembalian yang kamu dapatkan sebenarnya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhanmu yang lain loh, asal kamu bisa mengelolanya dengan baik. 

Contohnya, teman Virgo beli minyak goreng dan gula total Rp45.000 namun uang yang dikasih ke petugas kasir sebesar Rp50.000. Kembalian yang kamu dapatkan Rp5.000. 

Nah, uang Rp5.000 tersebut bisa kamu belanjakan kembali, misalnya untuk membeli mie instan untuk kebutuhan akhir bulan. Selain itu, bisa juga kamu gunakan untuk membeli susu atau minuman lain yang memiliki gizi untuk investasi kesehatanmu.

Dikumpulkan untuk Masa Depan

Teman Virgo pasti pernah mendengar istilah, “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”. Memang pada mulanya kembalian yang dikumpulkan sedikit, namun seiring berjalannya waktu maka teman Virgo akan memetik hasilnya. Yuk, bisa yuk!

Contohnya, teman Virgo usai belanja dapat uang kembalian Rp1.000. Teman Virgo belanja di Alfamart seminggu sekali, maka dalam waktu satu tahun kamu bisa mengumpulkan hingga Rp52.000. 

Jumlah yang lumayan kan untuk belanja kebutuhan lainnya. 

Untuk Dana Darurat

Pengalaman selama pandemi Covid-19 mengajarkan kita betapa pentingnya dana darurat bagi semua orang. Kita tidak tahu dengan pasti apa yang terjadi beberapa bulan ke depan. Oleh karena itu, kita perlu mempersiapkan dana darurat dengan baik. 

Dalam ilmu perencanaan keuangan, dana darurat adalah instrumen yang penting untuk dimiliki terlebih dahulu sebelum investasi.

Besaran dana darurat yang kita butuhkan bervariasi, umumnya yang disarankan oleh para perencana keuangan adalah sekitar tiga hingga enam bulan. Jika berat, teman Virgo bisa menyisihkan dana darurat dari hasil kembalian di aplikasi Virgo. Yang penting disiplin, jangan sampai uangnya dipakai untuk yang lain.

Untuk Berdonasi. Dapat Pahala Juga, lho!

Dalam setiap ajaran agama diperintahkan untuk berbuat baik salah satunya adalah dengan memberikan donasi kepada orang yang membutuhkan.

Teman Virgo bisa memanfaatkan kembalian yang diterima dari hasil belanja dengan cara memberikan donasi kepada pihak yang tidak mampu.

Bisa untuk perorangan maupun disalurkan kepada lembaga yang memang fokus pada penanganan isu kemiskinan dan kebencanaan.

Umumnya ketika bayar di Alfamart dengan uang lebih, petugas kasir akan mengatakan, “Uang kembaliannya mau didonasikan, Pak/Bu?”. Nah, di situlah peluang kamu untuk bisa donasi dan meraih pahala.

Solusi Lain Memanfaatkan Kembalian Belanja

Solusi lain memanfaatkan kembalian belanja adalah dengan memasukkannya ke dalam sebuah aplikasi. 

Loh, emang ada aplikasi yang bisa memasukkan kembalian belanja? Yap ada dan aplikasi tersebut bernama Virgo

Virgo adalah aplikasi uang elektronik yang dapat digunakan untuk banyak hal salah satunya adalah untuk mengumpulkan atau top up uang kembalian di Alfamart. 

Jadi, bila kamu punya kembalian dan tidak ingin digunakan kamu bisa minta pihak Alfamart untuk top up atau masukkin kembaliannya ke aplikasi Virgomu. 

Sekali transaksi, kamu bisa memasukkan kembalian dengan nominal hingga Rp99.999 di Alfamart dan Rp1.999 di Alfamidi dan Dan+Dan.

Saldo yang terkumpul bisa kamu manfaatkan antara lain untuk membeli pulsa, belanja di Alfagift, atau bisa juga transfer ke rekening bank sehingga bisa fleksibel kamu gunakan. 

Baca Juga: Mengenal Fitur-Fitur dalam Aplikasi Virgo

Kesimpulan

Kita sering meremehkan uang kembalian belanja terlebih uang dalam bentuk koin. Tidak jarang uang yang nominalnya kecil hanya disimpan di lemari dan tidak pernah dipakai lagi. Meskipun memang terlihat kecil karena bentuknya yang recehan, tetapi bila disisihkan pasti akan ada kegunaannya. Beberapa cara untuk memanfaatkan uang kembalian ini yaitu untuk dikumpulkan, didonasikan, hingga menyimpannya di aplikasi Virgo

Leave a Reply