8 Cara Hemat Listrik di Rumah

Hemat listrik penting loh dilakukan teman Virgo semua. Ini adalah langkah untuk menghemat pengeluaran kebutuhan rumah. Namun, masih banyak yang belum tahu bagaimana caranya? Berikut 8 cara menghemat listrik di rumah.

Cabut Kabel dari Stop Kontak Jika Tidak Digunakan

Ketika telah selesai mengisi daya baterai laptop atau HP, kabel charger sering lupa dicabut. Alhasil listrik mengalir terus dan membuat biaya listrik membengkak.

Ingat-ingatlah jam berapa kamu charge gadget milikmu, sehingga kamu bisa mengestimasi kapan waktunya gadget kamu dicabut. Bila kamu butuh pengingat, kamu bisa menggunakan aplikasi battery alarm dan sejenisnya. Kamu bisa download aplikasi tersebut di playstore Android ataupun iOS.

Mencabut kabel gadget saat sudah penuh juga membuat gadget lebih awet. Alhasil kamu tidak perlu khawatir gadget akan cepat diservice.

Pasang Lampu Hemat Energi

Lampu energi dapat membantu kamu menghemat penggunaan listrik di rumahmu. Kamu bisa menggunakan lampu LED sebagai pengganti bohlam yang kamu gunakan sekarang. Terlebih lampu LED memiliki masa pakai yang panjang, sehingga jika digunakan dalam jangka panjang tentu dapat menghemat penggunaan listrik di rumahmu.

Kamu bisa menemukan lampu tersebut di toko-toko elektronik terdekat ataupun melalui marketplace.

Baca Juga: Beginilah Cara Memanfaatkan Kembalian Agar Tidak Mubazir

Pasang Kipas Angin

Kipas angin lebih hemat listrik daripada AC. Kipas angin bisa menjadi alternatif penyejuk ruangan di negara tropis.

Tidak dapat dipungkiri cuaca di Indonesia seringkali menuntut kita untuk mencari tempat yang sejuk. Setidaknya ada dua pilihan alat untuk bisa menyejukkan ruangan yaitu kipas angin dan AC.

Bila kamu adalah orang yang ingin menghemat listrik agar biaya tidak membengkak, maka direkomendasikan menggunakan kipas angin. Karena dalam hal penggunaan daya listrik, AC menghabiskan daya jauh lebih tinggi daripada kipas angin.

Itulah sebabnya tempat yang didalamnya dihidupkan AC biaya listriknya bisa lebih tinggi daripada tempat yang hanya menggunakan kipas angin.

Jemur Baju di Bawah Sinar Matahari

Menjemur pakaian paling hemat dapat dilakukan di bawah sinar matahari. Hal ini bisa memangkas pengeluaran listrikmu daripada menggunakan mesin cuci.

Disarankan menjemur pakaian di antara jam 10 pagi hingga 2 siang, karena disitulah waktu matahari sedang berada pada tingkat panas tertinggi.

Alhasil bajumu bisa kering lebih cepat dan kamu bisa lanjut ke aktivitas berikutnya yaitu menggosok baju.

Memasak Air Panas di Kompor

Memasak air panas di kompor dapat mengurangi pemakaian listrik. Tidak ada perbedaan antara air yang dipanaskan dengan kompor maupun dispenser.

Dengan demikian, bila kamu ingin fokus pada penghematan daya listrik kamu bisa mencoba alternatif dengan menggunakan kompor untuk membuat air panas.

Memasak Nasi dengan Air Panas

Memasak nasi dengan air panas membuat nasi cepat matang. Dengan demikian listrik yang dikuras juga tidak banyak. Beda halnya jika kamu masak nasi dengan air biasa. Penggunaan listriknya akan lebih banyak.

Cara menyiapkan air panas agar tetap hemat listrik adalah dengan memanfaatkan kompor dan rebus air hingga panas.

Baca Juga: Apa itu Aplikasi Virgo (Cara Mudah Kumpulin Kembalian dari Uang Receh)

Mematikan Lampu Saat Tidur

Lampu tidak terlalu dibutuhkan saat tidur. Oleh sebab itu, sebaiknya lampu dimatikan ketika akan tidur. Selain hemat listrik, mematikan lampu saat tidur juga terbukti lebih menyehatkan.

Berdasarkan info dari Kementerian Kesehatan, mematikan lampu saat tidur akan membuat kualitas tidurmu menjadi lebih baik.

Selain itu, tidur dalam kondisi gelap (lampu mati) juga cara untuk bisa menghemat listrik. Bayangkan kalau lampu terus hidup sepanjang waktu tidur yang umumnya berdurasi 6-8 jam.

Tentu itu sudah memakan biaya listrik yang cukup banyak.

Tidak Keseringan Cuci Baju

Keseringan mencuci baju dengan mesin cuci dapat meningkatkan pemakaian listrik. Ketika menggunakan mesin cuci, penggunaan listrik berlebih terutama saat mengeringkan pakaian.

Alternatif yang bisa digunakan adalah mencuci baju dengan cara manual. Ini bisa dilakukan untuk beberapa jenis baju yang lebih mudah dicuci.

Kesimpulan

Cara hemat listrik ini penting diketahui oleh semua teman Virgo. Ingat uang itu bisa cepat habis bila kita tidak kelola dengan baik.

Seperti uang kembalian yang kamu dapatkan usai belanja di Alfamart. Tapi tidak perlu khawatir, kan ada aplikasi uang elektronik Virgo yang bisa mengelola uang kembalian menjadi lebih bermanfaat kedepannya

Kamu bisa top up uang kembalian di Alfamart hingga Rp99.999 dan juga di tempat lain seperti Alfamidi dan Dan+Dan hingga Rp1.,999.

Oh ya selain itu, kamu bisa menggunakan aplikasi Virgo untuk membeli token dan membayar listrik, lho. Wah makin mudah saja ya.

Belanja di Alfagift ataupun transfer saldo Virgo ke rekening bank yang kamu miliki juga bisa. 

So, tetap bijak dalam menghemat  listrik ya agar pengeluaranmu bisa ditekan.

Leave a Reply