Uang Receh: Pengertian dan Penggunaannya

Teman Virgo pasti pernah mendengar istilah uang receh. Biasanya, istilah ini digunakan saat kamu ingin beli barang, tapi gak ada uang kecil. Sejak dahulu uang ini memang digunakan untuk belanja sesuatu yang harganya murah sehingga kita bisa membayarnya dengan uang pas.

Sayangnya uang receh saat ini lebih banyak berbentuk logam, sehingga ketika uang tersebut terkumpul akan merepotkan untuk dibawa kemana-mana. 

Tapi ada hal lain yang menarik loh terkait dengan uang ini.  Yuk intip beberapa hal yang bisa teman Virgo ketahui tentang uang receh. 

Baca Juga: 8 Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang jajan

Apa itu Uang Receh?

Teman Virgo pasti tidak asing lagi dengan uang receh dan sudah sering menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, kan

Bila merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), uang receh adalah uang kecil. Jenis uang yang satu ini identik dengan uang logam. Bahan dasar uang logam yang biasa digunakan adalah aluminium, nikel sampai kuningan. Bahkan untuk keadaan khusus, bisa memakai bahan emas dan perak. 

Di Indonesia, uang logam memiliki nominal mulai dari Rp100 sampai dengan Rp1.000. Nominal yang cukup kecil ini memudahkan transaksi bernilai kecil di segala tempat.

Virgo

Apa Saja Kegunaannya

Apa saja sih kegunaan uang tersebut yang bisa kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari? Berikut adalah contoh-contohnya.

  1. Untuk kembalian pedagang

Uang receh punya peran penting bagi seorang pedagang, karena dipakai untuk memberi kembalian dari jumlah belanja pelanggan. Pedagang yang sering tidak punya kembalian akan berpengaruh pada kenyamanan konsumen. 

Bukan tidak mungkin akan mengurangi kepercayaan konsumen untuk berbelanja kembali. Sebab konsumen akan merasa bahwa mereka telah rugi karena setiap berbelanja tidak mendapat kembalian uang receh terus menerus.

  1. Untuk belanja dengan uang yang pas

Pernahkah teman Virgo mendapatkan permen atau barang kecil lain sebagai kembalian karena pedagang tidak memiliki kembalian? 

Seringkali saat berbelanja, apalagi di tempat yang tidak begitu besar, teman Virgo diminta untuk membayar dengan uang pas karena pedagang tidak memiliki kembalian. 

Dengan menggunakan uang pas, maka kamu akan mudah melakukan pembayaran tanpa harus memusingkan uang kembalian yang berubah menjadi permen lagi, nih

  1. Untuk bayar parkir

Walaupun sudah banyak parkir yang menggunakan sistem pembayaran non-tunai, teman Virgo masih bisa menemukan beberapa lokasi parkir yang masih menggunakan uang tunai. 

Biasanya tukang parkir selalu meminta agar membayar dengan uang pas agar tidak susah mencari kembalian. Kamu dapat menggunakan uang receh untuk pembayaran parkir dengan nominal kecil.

Dari uang yang sudah dikumpulkan, bisa kamu simpan di kendaraan atau di dompetmu untuk sewaktu-waktu bayar parkir. Jangan sampai karena tidak ada uang kecil malah melarikan diri dari tukang parkir ya, teman Virgo!

Baca Juga: 4 List Belanja Bulanan Hemat untuk Menekan Pengeluaran

Uang Receh yang Disimpan di Aplikasi

Biasanya uang receh didapatkan dari kembalian belanja. Kehadiran uang receh memang memudahkan orang dalam bertransaksi. Tapi di sisi lain, bila uang tersebut berjumlah banyak tentu akan menyusahkan. Uang inicenderung lebih berat sehingga jika membawa dalam jumlah banyak akan membuat tas atau dompetmu menjadi penuh dan berat. 

Bayangkan kalau kita punya uang Rp100 dengan jumlah 10, itu saja sudah memenuhi isi dompet. Belum lagi jika recehannya terjatuh, bisa ramai sekali bunyinya ya. 

Nah, kondisi tersebut tidak perlu teman Virgo khawatirkan lagi. Karena sekarang ada aplikasi uang elektronik yang salah satu fungsinya adalah untuk mengumpulkan uang receh yang kamu dapatkan dari kembalian belanja di Alfamart, yaitu Virgo. 

Virgo adalah aplikasi e-money yang praktis dan memudahkan kamu mengumpulkan uang receh. Selain simple, recehan yang kamu kumpulkan bisa digunakan untuk kebutuhan lain seperti membeli pulsa, paket data, tagihan listrik, dan token listrik. 

Virgo

Bahaya Menyimpannya

Ternyata menyimpan uang receh bisa berbahaya, lho. Dampak dari kurang hati-hati dan waspada bisa membahayakan anak-anak. Loh, kok bisa?

Begini teman Virgo, uang receh yang diletakkan sembarangan bisa dimainkan oleh anak dan berpotensi untuk tertelan. Selain itu, uang logam yang terlihat bersih pun masih memiliki banyak bakteri di permukaannya dan berpotensi mendatangkan penyakit. 

Dengan keadaan ini, maka sangat tidak disarankan untuk menyimpannya sembarangan apalagi jika memiliki anak kecil.

Baca Juga: Begini Cara Memanfaatkan Kembalian Agar Tidak Mubazir

Kesimpulan

Jadi, jangan pernah remehkan uang receh ya karena bila ia dikumpulkan pasti tetap akan menghasilkan jumlah yang besar. Ingatlah dengan istilah, “sedikit-sedikit lamalama menjadi bukit“.

Kalau uang tersebut bisa dengan konsisten kita kumpulkan pasti akan banyak manfaat yang bisa diberikan.

Pernah ingat kisah orang yang beli mobil dengan uang koin sebanyak 9 galon? Itulah bukti orang yang tidak meremehkan uang sekecil apapun. Kabar baiknya, uang tersebut tidak perlu kamu simpan di dompet lagi karena bisa kamu kumpulin di aplikasi Virgo hingga Rp20.000.000 jika akun kamu sudah menjadi verified account.

Kamu bisa mengumpulkan kembalian hasil berbelanja di Alfamart hingga Rp99.999 dan Rp1.999 di Alfamidi dan Dan+Dan. Saldo dari kumpulan kembalian bisa dipakai untuk beli pulsa dan paket data, belanja di Alfagift atau transfer langsung ke rekening bank. Selamat mencoba!

Leave a Reply