man in blue crew neck shirt covering his face

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan: Masih Sering Salah Kaprah!

Seringkali saat kita membeli sesuatu kita tidak bisa membedakan mana yang termasuk kebutuhan dan mana yang hanya sebatas keinginan. Alih-alih membeli sesuatu yang dikira kebutuhan, ternyata hal tersebut hanyalah sebuah keinginan. Padahal kebutuhan dan keinginan bisa dibedakan dengan jelas. Inilah perbedaan kebutuhan dan keinginan untuk teman Virgo ketahui.

Kebutuhan itu Objektif, Keinginan itu Subjektif

Kebutuhan memiliki sifat objektif sedangkan keinginan sifatnya subjektif. Pada prinsipnya setiap manusia memiliki kebutuhan yang sama. Misalkan saja kebutuhan untuk makan, minum, bertempat tinggal dan sebagainya.

Setiap orang butuh makan dan minum. Begitupun dalam hal tempat tinggal. Masalah pilihan makan ataupun pilihan lokasi tempat tinggal, itu pilihan subjektif masing-masing. Itulah alasan mengapa keinginan memiliki sifat subjektif yang artinya setiap orang memiliki keinginan yang berbeda. 

Baca juga: Cara Beli Pulsa di Aplikasi Virgo Cepat, Mudah, dan Hemat

Kebutuhan Mengutamakan Fungsi, Keinginan Mengutamakan Kepuasan

Kebutuhan dan keinginan juga bisa dilihat perbedaannya dari tujuan dimilikinya. Sesuatu yang dibutuhkan dibeli untuk bisa diandalkan fungsinya. Adapun sesuatu yang dibeli berdasarkan keinginan biasanya didasarkan pada kepuasan. Itulah sebabnya banyak barang branded dibeli karena bagi orang yang membeli akan ada kepuasan yang dia rasakan. 

Pernah dengar kaos dengan brand bernama “supreme”? Secara fungsi, kaos ini memiliki fungsi yang sama sebagaimana kaos pada umumnya sebagai pakaian yang dikenakan sehari-hari.

Tetapi mengapa brand ini lebih mahal? Karena brand ini memiliki sisi prestige bagi mereka yang menggunakannya. Ada kepuasan tersendiri. Begitupun dengan Ferrari. Salah satu brand sport car ini memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan mobil pada umumnya. Namun, Ferrari memiliki prestige sendiri bagi yang memilikinya, terlebih Ferrari memiliki jejaring yang akan sangat menguntungkan secara bisnis bagi para pemiliknya.

Lalu, bagaimana sikap yang bijak dalam menyikapinya? Sebenarnya tidak ada yang salah ketika kita ingin membeli sesuatu untuk memuaskan diri tetapi hal tersebut tentunya harus dibatasi dengan melihat kembali kondisi keuangan.

Menurut Timothy Ronald yang merupakan seorang financial advisor jumlah yang wajar untuk pembelian sesuatu yang menjadi keinginan adalah dengan melihat apakah uang yang saat ini kamu miliki sudah sepuluh kali lipat dari harga barang tersebut.

Baca juga: Begini Cara Memanfaatkan Kembalian Belanja Agar Tidak Mubazir

Virgo

Keinginan Bermula dari Kebutuhan

Merujuk pada Encyclopedia Britanica, dijelaskan bahwa dalam proses mencari informasi untuk memenuhi kebutuhan maka disitulah akan timbul keinginan. Misalnya saja ketika teman Virgo ingin makan. Makan sendiri adalah kebutuhan dengan tujuan untuk menghilangkan rasa lapar. Namun, pada saat teman Virgo membeli makan disitulah muncul keinginan untuk membeli makanan yang teman Virgo sukai.  

Termasuk ketika teman Virgo membutuhkan tempat tinggal. Ada banyak opsi untuk memilih tempat tinggal. Bisa dengan ngontrak, ngekos, atau langsung membeli rumah. Pilihan atas opsi tersebut akan sangat bergantung pada keinginan teman Virgo. Disitulah faktor subjektif yang akan menentukan.

Tentunya sikap yang bijak dalam hal ini adalah dengan melihat kembali rencana keuangan teman Virgo. Bila teman Virgo memiliki rencana keuangan lain yang lebih penting misalkan untuk persiapan pendidikan pascasarjana maka opsi untuk langsung membeli rumah bisa kamu ganti sementara dengan ngontrak atau ngekos.

Atau bila teman Virgo sudah berkeluarga dan memiliki anak yang akan masuk ke sekolah, teman Virgo juga harus pertimbangkan hal tersebut. Akan lebih baik bila teman Virgo juga diskusikan ini dengan pasangan agar keputusan pengeluaran bisa dilaksanakan dengan tepat dan tentunya tidak mengganggu keuangan dalam jangka panjang.  

Baca juga: Cara Beli Token listrik di Virgo Terbukti Lebih Mudah dan Murah

virgo

Atur Keuangan untuk Membagi Kebutuhan dan Keinginan

Dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan maka teman Virgo harus dengan detail mengatur keuanganmu. Pastinya teman Virgo harus anggarkan untuk kebutuhan terlebih dahulu. 

Memahami perbedaan kebutuhan dan keinginan akan membuat kita bijak dalam mengelola uang. Pastikan teman Virgo memanfaatkan uang seefisien mungkin agar anggaran tidak membengkak dan kamu tidak perlu berhutang. Salah satu cara mengefisiensikan anggaran adalah dengan memanfaatkan uang kembalian belanja di aplikasi Virgo. 

Sebagai informasi, Virgo adalah aplikasi e-money yang memiliki fitur unggulan Top Up Kembalian untuk mengumpulkan kembalian usai belanja di Alfamart, Alfamidi, dan Dan+Dan.

Aplikasi ini juga bisa teman Virgo gunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan teman Virgo seperti beli pulsa, paket data, token listrik, dan bayar tagihan listrik. Saldo yang ada di aplikasi Virgo juga bisa langsung kamu transfer ke rekening bank milik teman Virgo ataupun ke sesama pengguna Virgo.

Untuk top up saldo Virgo bisa teman Virgo lakukan dari kembalian usai belanja atau langsung melalui kasir di Alfamart. Untuk melakukan top up kembalian, teman Virgo dapat melakukan top up dengan nominal hingga Rp99.999 per transaksi di Alfamart. Juga di Alfamidi dan Dan+Dan dengan nominal hingga Rp1.999 per transaksi.

Dengan mengatur kebutuhan dan keinginan serta memanfaatkan uang yang masih ada, keuangan teman Virgo akan menjadi lebih sehat dan dalam jangka panjang teman Virgo tidak akan lagi mengalami masalah keuangan. Yuk, mulai atur keuanganmu secara sehat bersama Virgo dan download Virgo sekarang juga!

Leave a Reply