two square blue LED lights

Cara Beli Token Listrik di Virgo Terbukti Lebih Mudah dan Murah

Sebelumnya, penggunaan listrik di rumah menggunakan sistem meteran atau pascabayar dimana setiap pelanggan baru akan membayar tagihan satu bulan setelah pemakaian. Sistem ini menjadi bahan evaluasi pihak PLN karena banyaknya komplain dari masyarakat yang merasa tagihan perbulan listrik mereka tiba-tiba membengkak.  

Di tahun 2008, PLN mengaplikasikan sistem prabayar dengan token listrik sehingga masyarakat dapat menghitung sendiri pemakaian listrik mereka. Kita dapat menentukan nominal kebutuhan listrik per bulannya dan membeli token layaknya membeli pulsa handphone. Nantinya, token listrik dapat digunakan dan dipantau sendiri setiap harinya oleh pelanggan.

Sistem ini lebih memudahkan pengguna mengelola pemakaian listrik karena sistemnya “bayar dulu baru pakai”. Jika teman Virgo ingin membeli token listrik, salah satu caranya kamu bisa beli di aplikasi uang elektronik Virgo. Bagaimana cara beli token listrik di Virgo? Berikut caranya:

Baca Juga: 8 Cara Hemat Listrik di Rumah

Tutorial Beli Token Listrik di Virgo

Teman Virgo tidak perlu khawatir kesulitan, karena cara beli token listrik di Virgo sangatlah mudah. Tentunya, teman Virgo dengan gampang bisa mengikuti langkah-langkahnya karena tampilan aplikasi ini yang user friendly. Berikut adalah tahapannya: 

  • Download aplikasi Virgo di Google Play Store
  • Isi nama dan nomor handphone 
  • Tunggu beberapa saat hingga kamu dapatkan akses OTP
  • Buat passcode untuk mengamankan transaksi 
  • Di halaman utama pilih “Token Listrik” di bagian “Beli atau bayar sesuatu yuk”
  • Input nomor ID pelanggan listrikmu
  • Pilih nominal token yang kamu butuhkan 
  • Halaman tagihan muncul dan pilih  “Geser untuk konfirmasi” yang terdapat di bagian bawah. Ikuti instruksinya. 
  • Masukkan passcode yang sudah kamu buat
  • Selamat pembayaranmu berhasil. 

Gimana mudah kan langkah-langkahnya? Bila teman Virgo mengalami kesulitan dalam transaksi tidak perlu khawatir karena ada menu pusat bantuan di Virgo yang menjelaskan cara melakukan pembayaran yang terletak di bagian pojok kanan atas.

Baca Juga: Cara Melihat Nomor Token Listrik, Awas Jangan Sampai Salah

Virgo

Keunggulan Beli Token Listrik di Virgo

Inilah keunggulan yang bisa kamu rasakan saat membeli token listrik di Virgo:

  • Proses lebih cepat dan mudah.
  • Pilihan nominal yang beragam dan dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Variasi nominal token diantaranya:

–   20.000,

–   50.000,

–   100.000,

–   200.000,

–   500.000,

–   1.000.000

  • Transaksi pembayaran tercatat langsung di aplikasi secara detail.

Tentunya ini akan memudahkanmu untuk memantau penggunaan tokenmu dalam periode tertentu. Misal dalam 1 bulan jumlah penggunaan token listrikmu sebesar 200.000. Maka untuk bulan depan kamu bisa anggarkan untuk pengeluaran biaya listrik sebesar nominal tersebut. Bila dalam bulan depan terjadi kenaikan biaya listrik maka kamu perlu perhatikan kembali penggunaan listrikmu karena bisa jadi kamu melakukan pemborosan listrik. So, hati-hati ya.

  • Dapat memanfaatkan uang kembalian belanja dari Alfamart, Alfamidi, dan Dan+Dan. 

Inilah fitur yang unik di aplikasi Virgo dan tidak dimiliki oleh aplikasi sejenis lainnya. Kamu bisa memanfaatkan uang kembalian usai belanja di ketiga merchant tersebut. Kembalian tersebut akan terkonversi menjadi saldo Virgo.

  • Selain melalui kembalian, kamu juga bisa melakukan top up saldo Virgo di Alfamart dari nominal Rp10.000. kamu bisa memanfaatkan saldo Virgo milikmu  untuk membeli layanan lain selain membeli token listrik seperti beli pulsa, beli paket data, bayar tagihan listrik bulanan ataupun ditransfer langsung ke rekening pribadimu maupun ke sesama pengguna Virgo.

Baca Juga: Cara Menggunakan Aplikasi Virgo untuk Transaksi yang Menguntungkan

virgo

Tips Menghemat Penggunaan Listrik Versi Virgo

Meskipun menggunakan token listrik memudahkanmu dalam mengelola pengeluaran listrik, tetapi potensi untuk boros tetap mungkin terjadi. Oleh sebab itu, teman Virgo bisa ikuti beberapa tips berikut: 

  • Cabut charger device bila sudah tidak digunakan
  • Gunakan kipas angin atau air cooler seperlunya
  • Bila harus gunakan air conditioner, gunakan dalam kadar yang secukupnya
  • Gunakan lampu hemat energi
  • Matikan lampu saat hendak tidur.

Efisiensi Anggaran dengan Memanfaatkan Kembalian

Sebagai kebutuhan rumah tangga yang primer, pastinya kamu harus menyediakan pos pengeluaran untuk membayar listrik. Nah, kamu bisa melakukan efisiensi anggaranmu dengan memanfaatkan kembalian belanja yang kamu kumpulkan di aplikasi Virgo. 

Kembalian receh dengan nominal kecil tersebut bila kamu kumpulkan sedikit demi sedikit bisa kamu manfaatkan untuk banyak hal. Mungkin seringkali kamu lupa saat memiliki uang receh usai belanja karena nominalnya yang kecil akhirnya uang tersebut hilang entah kemana. Nah, kondisi tersebut bisa diatasi dengan Virgo. Kembalianmu tinggal dimasukkan ke dalam aplikasi sehingga recehan tersebut dapat terkumpul dengan mudah.

Alhasil saat dibutuhkan untuk membayar listrik, kamu bisa langsung gunakan saldo yang terkumpul dari kembalian tersebut. Mudah, kan? Yuk, download Virgo sekarang.

Leave a Reply