|

3 Manfaat Hidup Hemat untuk Masa Depan yang Cerah

Berhemat adalah salah satu cara untuk mencapai kemerdekaan keuangan di masa depan. Dengan berhemat kamu dapat menentukan tujuanmu dalam mengelola uang. Berhemat bukan berarti kamu tidak boleh mengeluarkan uang sama sekali ya. Tetapi, pengeluaran di kontrol sesuai dengan kebutuhan, agar uang yang kamu miliki dapat didistribusikan lebih maksimal.

Gaya hidup tentu menjadi tantangan utama ketika berhemat, jika kamu terbiasa untuk mengeluarkan uang untuk hal-hal konsumtif, kebiasaan ini akan kamu sesali di masa depan. Banyak sekali manfaat hidup hemat yang dapat kamu rasakan, untuk mencapainya, yuk kita cari tahu sedikitnya ada 3 manfaat hidup hemat yang bermanfaat untukmu. 

Baca Juga: 8 Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan

Paham Skala Prioritas 

Memulai gaya hidup hemat akan membantumu memahami skala prioritas. Kamu akan bisa memilah dan memilih apa yang harus kamu belanjakan terlebih dahulu dibandingkan kebutuhan lainnya. Ingat, tidak semua item yang kamu tulis adalah prioritas. Pasti ada diantara item tersebut yang menjadi prioritas.

Saat menentukan prioritas, kamu perlu melihat beberapa aspek seperti:

1) Seberapa penting item itu untuk dibeli

2) Apa dampaknya bila item itu tidak segera dibeli

3) Apakah ada alternatif dari item tersebut.

Bila item tersebut sangat penting, sehingga berakibat fatal bila kamu tidak segera membeli dan tidak ada lagi alternatifnya, maka item tersebut harus menjadi yang paling prioritas.

Misalnya saja pendidikan anak. Tentunya pendidikan adalah bagian terpenting untuk anak. Bila ia tidak segera disiapkan maka dampaknya akan berbahaya pada kecerdasan anak, dan hal ini juga tidak ada alternatifnya. Maka bisa disimpulkan bahwa pendidikan anak adalah item yang harus kamu jadikan paling prioritas.

Virgo

Masa Depan Lebih Aman

Masa depan tidak ada yang bisa menebak. Apalagi kondisi keuangan. Tetapi bisa kita antisipasi dengan cara memulai menerapkan gaya hidup hemat. Miliki minimal tabungan dengan minimal 3 bulan pengeluaran agar masa depan lebih aman.

3 bulan ini bukan angka yang mutlak, bisa disesuaikan dengan kondisimu. Bila kamu adalah orang dengan gaji tetap maka 3 bulan bisa jadi acuan. Tetapi bila kamu memiliki penghasilan yang tidak tetap seperti seorang freelancer ataupun pengusaha maka kamu bisa pakai acuan dana darurat dengan minimal 6-12 bulan pengeluaran.

Tentunya itu semua bisa teman Virgo capai bila kamu mulai hidup hemat. Bila kamu tidak membiasakan diri untuk berhemat maka uang yang harusnya bisa kamu simpan akan habis begitu saja.

Baca Juga: 4 List Belanja Bulanan Hemat untuk Menekan Pengeluaran

Terhindar dari Stress

Ada banyak penyebab stress, salah satunya masalah keuangan. Saat teman Virgo ingin membeli sesuatu yang kamu butuhkan tapi saat itu kamu sedang tidak punya uang, pasti terasa banget stressnya. Sebuah penelitian di Northwestern Mutual ditemukan bahwa uang merupakan penyebab stress paling utama, sisanya adalah masalah asmara dan kerja.

Akibat dari stress juga bisa berdampak pada fisik, loh. Brad Klontz seorang psikolog menyebutkan bahwa konsekuensi dari orang yang stress salah satunya dapat mengganggu kesehatan. Oleh karena itu, kamu harus hindari kondisi yang membuatmu stress ini. Tentunya dengan memastikan bahwa kamu memiliki keuangan yang sehat karena sudah menjalankan gaya hidup hemat.

Perlu diingat, bahwa uang yang teman Virgo miliki saat ini bukan untuk langsung dihabiskan hari itu juga. Keluarkan secukupnya dan simpan yang masih ada. Akan lebih efektif bila kamu langsung menyisihkan uangmu sekian persen di awal agar yang tersisa bisa kamu atur pengeluarannya.

Baca Juga: 4 Cara Mengatur Keuangan Terbukti Ampuh Anti Bokek

virgo

Gaya Hidup Hemat dan Efisien ala Virgo

Kamu dapat mulai membiasakan hidup berhemat dan efisien dengan menggunakan aplikasi Virgo. Aplikasi ini memiliki fitur unggulan yaitu top up kembalian usai belanja di Alfamart, Alfamidi, dan Dan+Dan. Di Alfamart, kamu bisa top up kembalian belanjamu hingga Rp99.999 per transaksi sedangkan di Alfamidi dan Dan+Dan kamu bisa top up kembalian hingga Rp1.999 per transaksi.

Uang kembalian yang seringkali terabaikan bahkan hilang karena tak langsung dimanfaatkan, sekarang bisa kamu gunakan untuk belanja kembali. Di aplikasi Virgo, saldo yang ada sudah teman Virgo kumpulkan, bisa digunakan kembali untuk beli paket data, pulsa, token listrik, bayar tagihan listrik dan kamu transfer ke rekening bank milikmu bagi pengguna yang sudah melakukan upgrade akun Virgo menjadi akun Verified.  

Bila tidak kamu gunakan, maka uang tersebut juga bisa menjadi bagian dari pos dana daruratmu. Bukankah jadi lebih mudah bila kita mengumpulkan uang dari hasil kembalian belanja?

Hidup hemat memang tidak mudah, terutama bagi mereka yang memang tidak terbiasa mengelola uangnya dengan teratur. Penjelasan 3 manfaat hidup hemat di atas sudah sepatutnya mengubah pandangan kita tentang hidup hemat yang banyak manfaatnya. Kita bisa membentuk kebiasaan untuk mengelola keuangan mulai dari hal kecil seperti mengumpulkan kembalian belanja. Download Virgo segera untuk mulai mengelola uang kembalianmu dari sekarang!  

Leave a Reply