person holding black android smartphone

4 Cara Mengatur Keuangan Terbukti Ampuh Anti Bokek

Seiring dengan bertambahnya umur, jumlah kebutuhan dan kewajiban untuk dipenuhi juga semakin bertambah. Sehingga teman Virgo sebaiknya mengetahui cara mengatur keuangan dengan bijak.

Jika kamu tidak pandai mengelola keuangan, bisa-bisa jumlah pengeluaran dan pemasukan tidak seimbang. Akibatnya, keuangan teman Virgo menjadi tidak sehat.

Di bawah ini terdapat 4 cara mengatur keuangan untuk generasi milenial yang bisa kamu praktikan. Kamu bisa pilih tips yang paling cocok dengan keadaan atau kebutuhanmu. 

Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Cara mengatur keuangan pribadi adalah salah satu hal dasar yang perlu teman Virgo ketahui dan terapkan. Apalagi ada banyak godaan di sekitar yang bisa membuatmu boros, sehingga saat akhir bulan dompet menjadi kosong.

Fokus utama dalam mengatur keuangan pribadi adalah mengatur jumlah pendapatan dan pengeluaran yang sesuai kebutuhan. Kamu harus bisa menyesuaikannya dengan tujuan keuangan yang ingin kamu capai.

Beberapa cara dalam mengatur keuangan pribadimu adalah sebagai berikut:

  • Menyusun Catatan Keuangan

Catatan keuangan adalah salah satu hal wajib jika kamu ingin mengatur keuangan pribadimu. Hal ini berguna untuk mengecek pola pengeluaran selama ini.

Selain itu, teman Virgo juga bisa menentukan nominal dari masing-masing pos pengeluaran yang ada. Kamu bisa menambah jumlah dana atau menguranginya sesuai dengan kebutuhan.

Catatan keuangan juga bisa membantumu dalam merancang tujuan keuangan. Teman Virgo bisa menentukan rentang waktu dan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan, dengan cara menabung atau berinvestasi. Semua ini bisa kamu kelola dengan baik jika kamu memiliki catatan keuangan.

  • Menyusun Anggaran Bulanan

Menyusun anggaran bulanan merupakan cara mengatur keuangan yang sehat. Ada banyak formula ketika membuat anggaran, salah satunya metode 40-30-20-10.

Pada metode ini, teman Virgo dapat mengalokasikan sekitar 40% pendapatan untuk biaya hidup selama satu bulan. Setelah itu, kamu bisa mengalokasikan sebanyak  30% dana untuk membayar tagihan atau cicilan.

Teman Virgo bisa mengalokasikan 20% dana ke dalam pos investasi, dan 10% bisa kamu alokasikan untuk berbagi seperti memberi hadiah untuk teman, dan berdonasi.

  • Membuat Anggaran Dana Darurat

Keadaan tidak terduga dapat terjadi kapanpun, sehingga teman Virgo harus menyediakan dana darurat. Kamu dapat mempersiapkan jumlah dana darurat  sesuai gaya hidup dan kebutuhanmu.

Idealnya dana darurat yang perlu kamu siapkan bisa memenuhi kebutuhanmu sekitar tiga sampai enam bulan.

Baca Juga: Catatan Keuangan Pribadi (Pengertian Hingga Tipsnya)

virgo

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Jika teman Virgo sudah menikah, cara mengatur keuangan rumah tangga perlu didiskusikan berdua dengan pasangan. Diskusi antara suami dan istri dapat mengurangi resiko adanya masalah karena keuangan.

Pada dasarnya, cara mengelola keuangan rumah tangga sama dengan keuangan pribadi dengan sedikit dimodifikasi. Berikut ini langkah yang bisa teman Virgo lakukan bersama pasangan: 

  • Jika sumber pendapatan rumah tangga berasal dari dua orang. Kamu dan pasangan bisa mulai menghitung seluruh pendapatan dalam sebulan, agar dapat dialokasikan ke dalam pos-pos kebutuhan dan kewajiban.
  • Setelah itu, bedakanlah mana kebutuhan dan sekedar keinginan. Sadari apa saja yang lebih penting dan mendesak, jika teman Virgo telah memiliki anak, maka pengeluaran akan lebih besar. Kemudian buatlah anggaran dana kebutuhan prioritas setiap bulan.
  • Jangan lupa untuk menyiapkan tabungan, asuransi kesehatan dan jiwa, serta dana darurat.
  • Terakhir, pastikan rasio hutang tidak sampai 30% dari total penghasilan bulanan, karena dapat mengganggu keadaan finansial rumah tangga.

Baca Juga: Cara Membuat Rencana Keuangan Pribadi yang Efektif

Cara Mengatur Keuangan Bisnis

Jika teman Virgo merupakan pengusaha, cara mengatur keuangan bisnis juga harus diperhatikan secara khusus. Beberapa cara mengaturnya yaitu:

  • Pisahkan rekening personal dan rekening usaha. Karena dalam berbisnis, cara mengatur keuangan yang utama perlu dilakukan adalah memisahkan kedua hal tersebut. Memisahkan keduanya dapat menghindari kamu merugi atau keliru dalam menghitung keuangan.
  • Membuat pembukuan, bermanfaat untuk mengetahui berapa laba dan rugi dalam usahamu.
  • Membayar tagihan tepat waktu dapat menghindari pengeluaran tambahan karena harus membayar denda.
  • Menyiapkan petty cash atau dana operasional bisnis dalam jangka waktu tertentu.
  • Terakhir, dana darurat juga selalu harus dipersiapkan ya, teman Virgo.

Baca Juga: 4 Cara Menyimpan Uang di Celengan Agar Tidak Hilang

Virgo

Cara Mengatur Keuangan dari Kembalian

Meskipun terlihat kecil, tapi uang kembalian dapat bermanfaat untuk kamu, loh. Apalagi jika kamu dapat mengelolanya dengan baik.

Sayangnya, mengelola uang kembalian secara manual akan terasa merepotkan. Tapi sekarang, kamu tidak perlu repot lagi, karena ada aplikasi uang elektronik Virgo yang bisa membantu kamu untuk mengumpulkan kembalian.

Setelah berbelanja di Alfamart, Alfamidi, atau Dan+Dan, aplikasi Virgo bisa kamu gunakan sebagai pengumpul kembalian yang ditop-up menjadi saldo e-money

Serunya, setiap satu kali transaksi di Alfamart kamu bisa mengumpulkan kembalian hingga Rp99.999, sedangkan di Alfamidi dan Dan+Dan maksimal kembalian yang bisa dikumpulkan mencapai Rp1.999. Cocok untuk teman Virgo yang senang berbelanja di ketiga tempat itu.

Itu dia empat cara mengatur keuangan di atas yang bisa teman Virgo terapkan sesuai dengan kondisimu saat ini, ya. Apalagi uang adalah salah satu hal sensitif, sehingga perlu cermat dalam mengelola uang yang masuk ataupun keluar. Selamat menerapkan tips di atas, ya teman Virgo. Yuk, download Virgo sekarang agar uang kembalian belanja bisa kamu atur dengan lebih baik!

Leave a Reply