person walking holding brown leather bag

Tenor Pinjaman: Pengertian, Kategori, dan Tips Memilihnya

Kira-kira apa yang teman Virgo pikirkan ketika hendak meminjam uang? Hal pertama yang kamu pikirkan tentunya jumlah pinjaman sesuai keinginanmu. Selain itu kamu juga memikirkan berapa lama tenor pinjaman yang akan diambil. 

Sebab, tenor pinjaman berpengaruh dengan jumlah cicilan yang akan teman Virgo bayar setiap bulannya. Jika kamu mengambil tenor yang semakin lama, maka bunga yang akan didapatkan akan semakin tinggi 

Apa yang Dimaksud Tenor Pinjaman?

Tenor pinjaman adalah jangka waktu dari kredit atau angsuran yang telah disepakati untuk melakukan pelunasan kepada perusahaan pemberi pinjaman.

Setelah teman Virgo memilih tenor, maka kamu harus membayar selama jangka waktu yang sudah disetujui bersama.

Baca Juga: 6 Cara Mengelola Keuangan dengan Efektif

virgo

Kategori Tenor Pinjaman Berdasarkan Waktu

Tenor pinjaman pada umumnya dibagi menjadi dua kategori berdasarkan waktu peminjaman, yaitu tenor panjang dan tenor pendek.

Tenor Panjang

Sesuai dengan namanya, lama pengembalian pada tenor panjang berdurasi panjang sekitar 3 – 30 tahun.

Salah satu transaksi yang biasanya menggunakan tenor ini yakni pembelian kendaraan bermotor roda empat dan roda dua, atau ketika teman Virgo ingin mengambil KPR untuk membeli rumah.

Tenor Pendek

Kebalikan dari tenor panjang, jangka waktu pengembalian tenor pendek jauh lebih singkat, yaitu mulai dari 3 bulan sampai 3 tahun.

Untuk transaksi yang ditawarkan pada tenor ini tidak memerlukan uang yang terlalu banyak, seperti pembelian alat elektronik maupun keperluan mendadak lainnya.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi untuk Kaum Milenial

Jenis Tenor dalam Perkreditan

Ada 3 jenis tenor dalam perkreditan, yaitu KPR, KTA, dan Kredit dengan Agunan.

KPR 

Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) cocok buat kamu yang ingin beli rumah dengan cara kredit. 

Pada umumnya, bank menentukan dua buah suku bunga yang berbeda dalam KPR, yaitu:

  • fixed rate (suku bunga tetap) = jumlahnya tidak berubah selama cicilan berlangsung.
  • floating rate (suku bunga mengambang) = jumlahnya mengalami perubahan dan penyesuaian.

KPR menerapkan tenor jangka panjang mulai dari 5 – 20 tahun, bahkan bisa lebih.

KTA

Kredit Tanpa Agunan (KTA) sekarang cukup populer dan sudah digunakan oleh beberapa orang. Persyaratannya cukup mudah tanpa adanya tuntutan jaminan dari debitur.

Tetapi, bunga yang diberikan lebih tinggi. Tenor KTA adalah 1 – 5 tahun, bahkan bisa lebih dengan bunga yang ditetapkan oleh debitur.

Virgo

Kredit dengan Agunan

Jika kamu tidak tertarik dengan sistem KTA, kamu bisa memilih kredit dengan agunan yang membutuhkan jaminan seperti properti, rumah, atau tanah.

Tenor yang ditawarkan dari kreditur juga bermacam-macam, dari 3 – 5 tahun, atau bisa lebih.

Baca Juga: Cara Membuat Buku Keuangan Pribadi anti Ribet

Tips Memilih Tenor Pinjaman yang Tepat

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memastikan bahwa tenor yang kamu pilih sudah tepat.

  • Sesuaikan dengan kondisi keuanganmu. Lakukan perencanaan keuangan yang matang terlebih dahulu, pastikan pengeluaranmu tidak lebih dari 30% dari penghasilan per bulan.
  • Pilih pinjaman dengan suku bunga yang paling rendah. Lakukan riset terkait kelebihan dan kekurangan dari penawaran kreditnya. Namun, jangan terkecoh dengan suku bunga rendah. Tetap waspada terhadap segala bentuk pinjaman online atau konvensional ilegal.
  • Pilih lembaga keuangan yang sudah didaftarkan dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Utamakan yang legal dan memiliki track record yang baik.
  • Sesuaikan dengan pinjaman yang kamu butuhkan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, terdapat dua kategori tenor berdasarkan waktu yaitu panjang dan pendek. Jadi pilihlah tenor yang sesuai kebutuhanmu.

Buat Keuangan yang Lebih Sehat dengan Memanfaatkan Kembalian

Bagaimanapun juga, melakukan pinjaman alias berhutang adalah sesuatu yang sebaiknya dihindari.

Meskipun kamu sanggup membayarnya, tetapi hal tersebut tetap membuat perputaran keuangan menjadi tidak sehat.

Nah, cara agar kondisi keuanganmu tetap sehat, kamu bisa memanfaatkan uang kembalian. Setiap transaksi usai belanja di Alfamart, kamu bisa menyimpan uang kembaliannya di aplikasi uang elektronik Virgo hingga Rp99.999 per transaksi.

Sedangkan di Alfamidi dan Dan+Dan, kamu bisa menyimpan kembalian hingga Rp1.999. Jika saldonya sudah terkumpul bisa teman Virgo pakai untuk beli pulsa, belanja di Alfagift, atau ditransfer ke rekening bank.

Memang berhutang bukanlah suatu hal yang merugikan. Bila dikelola dengan baik hutang dapat membantu mewujudkan kebutuhanmu.

Sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya jika kamu mengecek beberapa penyedia layanan pinjaman untuk menentukan pinjaman yang sesuai dengan keuanganmu. Agar kamu bisa memastikan keuanganmu tetap sehat saat tenor pinjaman kamu sedang berjalan.

Leave a Reply