6 Cara Mengelola Keuangan dengan Efektif

Cara mengelola keuangan secara bijak adalah hal yang teman Virgo harus mulai prioritaskan sejak sekarang. Semakin besar penghasilan yang didapatkan tidak menjadi jaminan kondisi keuangan akan selalu stabil.

Di usia produktif ini, ada baiknya teman Virgo mulai mencari cara untuk mengelola keuangan yang sesuai dengan kepribadian, kebutuhan dan gaya hidup. Berikut beberapa cara mengelola keuangan yang bisa dijadikan acuan untuk mengatur pendapatan bulananmu. 

Buat Catatan Keuangan

Agar dapat mengontrol penghasilan, buatlah sebuah catatan keuangan. Pada catatan tersebut rencanakan anggaran bulanan serta pengeluaran. 

Rencana anggaran bulanan dapat kamu buat di awal bulan pada buku catatan. Buatlah anggaran rutin yang kamu keluarkan seperti tagihan listrik, tagihan kredit dan biaya hidup dalam satu bulan. Jangan lupa untuk menyisihkan dana darurat untuk pegangan disaat tak terduga. 

Menuliskan pengeluaran harian pada catatan keuangan dapat teman Virgo jadikan bahan evaluasi untuk perencanaan anggaran di bulan selanjutnya. 

Baca Juga: Literasi Keuangan (Pengertian, Urgensi, dan Contoh)

virgo

Menabung

Dalam mengurus keuangan, tanamkanlah pemikiran bahwa menabung adalah prioritas utama. Mindset yang salah selama ini yaitu baru menabung dengan uang sisa. Kenapa salah? Karena yang akan terjadi nantinya, uang tersebut tidak akan pernah tersisa. Oleh sebab itu mindset tersebut harus diubah dengan “sisihkan uang terlebih dahulu di awal untuk ditabung”. 

Menyisihkan untuk tabungan di awal juga akan membantumu memiliki batasan dalam pengeluaran. Hal ini akan membuat keuanganmu lebih sehat. 

Selain itu, menabung bisa membantu teman Virgo untuk berhemat. Kalau kamu tidak mulai menabung, maka keinginan untuk membeli banyak barang tidak dapat dihindarkan. Alhasil, uang yang seharusnya bisa kamu tabung malah terpakai.

Hindari Berhutang

Hutang adalah salah satu kendala dalam mengelola keuangan dengan baik. Sebaiknya hindari  berhutang untuk keinginan konsumtif. Penggunaan kartu kredit yang kurang bijak juga akan berdampak buruk pada keuanganmu. Sebaiknya gunakan kartu kredit hanya pada saat mendesak saja ya.

Hutang hanyalah kondisi yang akan memudahkanmu sesaat tetapi sangat menyulitkan kamu di masa depan. Banyak orang yang akhirnya frustasi karena gagal membayar hutang karena bunga yang besar.

Kasus pinjaman online (pinjol) seringkali merugikan peminjamnya, karena bunga pinjaman yang besar dan menggulung. Ini menjadi cerminan tentang bahayanya berhutang.

Namun, apabila sudah terlanjur memiliki hutang, usahakan alokasi pendapatan untuk cicilan tidak melebihi 30% dari pemasukan rutin. Jangan lupa rencanakan dengan baik agar bisa melunasi hutang dan segera lunasi hutang saat kamu memiliki uang. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mengelola keuangan dengan baik sesuai dengan keadaanmu dan segera memiliki keuangan yang lebih sehat. 

Baca Juga: Uang Receh (Pengertian dan Penggunaannya)

Mulai Berinvestasi

Investasi adalah tahapan terakhir dalam mengelola keuangan. Setelah terbiasa dengan membangun kebiasaan mengumpulkan uang dan mengeliminasi hutang, berinvestasi dapat membantu menjaga kondisi keuangan dan membawa keuntungan. 

Investasi yang membawa keuntungan akan membantu kondisi keuangan teman Virgo menjadi lebih kuat. Ada banyak instrumen investasi yang dapat kamu gunakan seperti saham, obligasi, emas, reksadana dan lainnya. Teman Virgo dapat memilih instrumen investasi yang sesuai dengan jenis tingkat risiko yang ingin kamu pilih. 

Menyiapkan Dana Pensiun

Masa pensiun adalah saat di mana kamu tidak lagi produktif dalam mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan merencanakan usia pensiun sejak dini, kamu mulai bisa memperkirakan berapa banyak dana pensiun yang ingin kamu miliki dan seberapa banyak kamu harus menyimpan uang sejak dini. 

Kamu bisa merancang dana pensiun dengan cara melihat berapa idealnya dana yang kamu butuhkan dalam melewati masa pensiun tersebut.

Contohnya, kamu ingin pensiun di usia 55 tahun. Kamu memperkirakan akan hidup sampai usia 70 tahun, alhasil kamu harus mempersiapkan dana untuk jangka waktu 15 tahun.

Jika kamu biasanya mengeluarkan uang untuk kebutuhan sehari-hari sebesar lima juta per bulan, maka total dana pensiun yang harus kamu siapkan adalah sebesar Rp5  juta x 12 x 15 = Rp900 juta.

Baca Juga: 8 Cara Hemat Listrik di Rumah

Virgo

Mulai Mengelola Keuangan Menggunakan Virgo

Sekarang, kamu juga bisa, lho mulai mengelola keuangan dari kembalian belanja di Alfamart menggunakan aplikasi Virgo. apabila akun Virgo kamu sudah di upgrade menjadi Verified account, kamu bisa mengumpulkan uang di aplikasi Virgo hingga sebesar Rp20.000.000 (dua puluh juta rupiah). Kamu bisa top up uang kembalian belanja kamu di Alfamart hingga sebesar Rp99.999 per transaksi dan di Alfamidi dan Dan+Dan hingga sebesar Rp1.999 per transaksi.

Uang yang kamu kumpulkan, bisa dimanfaatkan kembali untuk beli pulsa dan paket data, beli token listrik atau membayar tagihan listrik, belanja online di Alfagift atau bahkan ditransfer ke rekening bank.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengelola keuangan dengan efektif. Agar menemukan cara mengelola keuangan yang cocok memang harus melalui trial and error. Namun, hal ini akan sejalan dengan tujuan akhirmu dalam mengatur keuangan yaitu memiliki keuangan yang sehat.

Kamu juga bisa memulai perjalanan mengelola keuanganmu dari hal sederhana, yaitu mengumpulkan uang kembalian hasil belanja dengan Virgo. Semakin banyak berbelanja, semakin banyak uang kembalian yang dapat kamu kumpulkan. Gimana, penasaran kan? Langsung cobain Virgo aja, yuk download sekarang!

Leave a Reply