Literasi Keuangan: Pengertian, Urgensi, dan Contoh

Teman Virgo pernah mendengar istilah literasi keuangan? Ini adalah istilah yang saat ini sedang digaungkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar masyarakat mampu mengenal dan mengelola keuangan dengan baik.  

Memang saat ini, banyak masyarakat yang belum baik dalam hal literasi keuangan. Kondisi ini dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang terjebak pinjaman online, investasi bodong, dan banyak hal lainnya. 

Oleh sebab itu, artikel ini dibuat untuk membantu teman Virgo memahami tentang literasi keuangan. Yuk, simak sampai habis.

Baca Juga: Begini Cara Memanfaatkan Kembalian agar Tidak Mubazir

Pengertian Literasi Keuangan 

Literasi keuangan menurut OJK adalah aktivitas untuk meningkatkan pengetahuan, keyakinan, serta keterampilan konsumen untuk mengelola keuangannya dengan baik. Secara singkat, literasi keuangan berkaitan dengan pengetahuan seseorang tentang bagaimana mengelola keuangan. 

Sebenarnya literasi ini erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa itu merupakan bagian dari literasi.

Misalnya ketika teman Virgo ingin menabung untuk membeli smartphone terbaru, lalu teman Virgo memilih untuk menabung di deposito/ reksadana, ini merupakan bagian dari literasi.

virgo

Urgensi Memahami Literasi Keuangan

Memahami literasi keuangan itu penting, loh teman Virgo. Berikut adalah urgensi untuk mengetahui dan memahami seluk beluk keuangan.  

  • Meningkatkan taraf hidup 

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika literasi keuangan teman Virgo meningkat, maka taraf hidup juga akan meningkat. Hal ini dikarenakan kamu sudah bisa mengelola uang dengan baik. Seringkali, akibat ketidaktahuan dan literasi yang rendah menyebabkan seseorang terlalu gegabah dalam mengelola uang.

Terkadang uang yang seharusnya bisa digunakan untuk kebutuhan pokok ternyata habis begitu saja tanpa diketahui sebabnya. Dengan meningkatnya literasi keuangan, kemampuan untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan juga akan meningkat sehingga dapat dengan mudah diketahui kemana saja uang digunakan.  

  • Memahami produk keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan

Ada banyak produk keuangan yang dapat kamu pilih. Memilih produk keuangan yang tepat bisa membantu meningkatkan kesejahteraan hidupmu, loh. Hal ini karena, kamu bisa dengan mudah memilih instrumen apa yang akan kamu pilih untuk mencapai tujuan keuanganmu. 

Contohnya kamu memiliki tujuan keuangan yaitu memiliki dana pensiun di usia 55 tahun. Artinya jarak usiamu saat ini dengan usia pensiun masih cukup panjang, maka kamu dapat memilih investasi jangka panjang seperti saham atau properti. Sesuaikan juga dengan profil risiko, ya. Bila kamu bukan tipe orang yang suka mengambil risiko maka kamu bisa pilih investasi seperti properti. Namun, bila kamu tipe orang yang suka mengambil risiko maka kamu bisa pilih investasi seperti saham. 

Sosok Lo Kheng Hong adalah salah satu investor saham yang paling sukses bahkan ia dijuluki sebagai Warren Buffet dari Indonesia. Kemampuannya memahami produk keuangan yang tepat membuatnya pensiun lebih cepat dan tetap mendapatkan penghasilan dari hasil investasi sahamnya.

  • Dapat terhindar dari penipuan

Saat ini sudah marak penipuan yang berkedok investasi. Kasus para affiliator yang memakan banyak korban menjadi bukti masih banyak masyarakat yang belum memahami bagaimana menganalisa apakah suatu investasi bagus atau malah bodong.

Dengan meningkatnya literasi keuangan, maka kamu bisa lebih mudah terhindar dari penipuan. Kamu bisa dengan mudah menentukan apakah investasi tersebut sah, aman, terdaftar dan diawasi oleh pihak yang berwenang. 

Baca Juga: Uang Receh (Pengertian dan Penggunaannya)

Indikator Literasi Keuangan

Ketika seseorang sudah memahami tentang literasi keuangan, maka ada indikator yang bisa dilihat dan diukur. Coba cek yuk apakah teman Virgo masuk ke dalam indikator tersebut? Berikut ini indikator literasi keuangan yang perlu teman Virgo ketahui:

  • Mampu memisahkan uang pribadi dan uang bisnis;
  • Dapat membuat catatan pemasukan dan pengeluaran;
  • Punya kesadaran untuk menabung;
  • Mulai masuk ke dunia investasi;
  • Punya kesadaran untuk berhemat;
  • Memanfaatkan uang untuk kegiatan produktif;
  • Tidak menggunakan hutang untuk hal yang konsumtif;
  • Dapat menentukan investasi yang layak dan tidak bodong;

Indikator tersebut bisa kamu lihat ke dalam dirimu. Bila kamu memiliki semua indikator ini, maka literasi keuanganmu sudah bagus.

Virgo

Memahami dan Mengelola Keuangan dengan Virgo

Teman Virgo bisa mulai memahami dan mengelola keuangan dengan menggunakan aplikasi Virgo, loh. Dengan Virgo, kamu bisa mulai mengelola uang kembalian usai belanja di Alfamart dan mengumpulkannya dalam bentuk saldo e-money. 

Nominal kembalian yang kecil, cenderung membuatmu meremehkannya hingga tercecer dan hilang begitu saja. Padahal, kamu bisa memanfaatkan uang kembalian setelah dikumpulkan di aplikasi Virgo untuk berbagai kebutuhan rumah tangga. Seperti membayar tagihan listrik, beli pulsa dan paket data, belanja produk di aplikasi Alfagift atau ditransfer ke rekening bank. 

Jumlah kembalian yang bisa kamu kumpulkan di Virgo setelah belanja di Alfamart adalah maksimal sebesar Rp99.999 per transaksi. Sedangkan di Alfamidi dan Dan+Dan, maksimal kembalian yang bisa kamu masukkan sebesar Rp1.999 per transaksi.

Baca Juga: 4 List Belanja Bulanan Hemat untuk Menekan Pengeluaran

Kesimpulan 

Meningkatkan literasi keuangan hingga bisa memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan dengan baik memang bukan proses yang instan. Namun, bersama Virgo kamu bisa mulai membangun kebiasaan baik dan meningkatkan literasi keuanganmu secara bertahap karena Virgo akan menghadirkan artikel-artikel seputar keuangan yang akan meningkatkan keterampilan keuanganmu menjadi lebih baik. Yuk, download aplikasi Virgo sekarang.

Leave a Reply