Manajemen Keuangan: Definisi, Tujuan, dan Tips Mengelolanya

Manajemen Keuangan: Definisi, Tujuan, dan Tips Mengelolanya

Keuangan adalah hal yang penting untuk diketahui oleh semua orang. Sebab, keuangan perlu dikelola dengan baik untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan. Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang manajemen keuangan.

Definisi Manajemen Keuangan 

Manajemen keuangan adalah aktivitas perencanaan, pengelolaan, penyimpanan, hingga pengendalian dana serta aset yang dimiliki. Pengelolaan uang yang baik akan memberikan dampak keuangan yang sehat. 

Manajemen keuangan dibutuhkan baik untuk perusahaan maupun individu. Bagi perusahaan, manajemen keuangan penting untuk bisa melihat apakah perusahaan bisa “hidup” dan bertahan lebih lama atau tidak. Adapun bagi individu, manajemen keuangan berfungsi agar setiap kebutuhan hidup bisa tercukupi dengan baik dan bisa terhindar dari perilaku berhutang.

Banyak fenomena di sekeliling kita yang terjadi akibat tidak memahami bagaimana cara mengelola keuangan, uang bisa habis begitu saja. Alhasil, saat ada kebutuhan mendesak, seolah tidak ada pilihan lain yang bisa diambil selain berhutang.

Bila kamu memiliki hutang, itu tanda bahwa keuanganmu sedang tidak dalam keadaan baik-baik saja.

Baca Juga: 8 Cara Hemat Listrik di Rumah

virgo

Tujuan Manajemen Keuangan 

Ada beberapa tujuan dalam mengelola keuangan. Dalam artikel ini akan dibahas tiga diantaranya. 

  • Menjaga cash flow

Cash is King, istilah ini biasanya digunakan dalam dunia bisnis untuk menyebutkan bahwa yang paling penting untuk menjaga keberlangsungan sebuah bisnis adalah kesediaan cash bukan omset. Selama bisnis memiliki cash maka bisnis tersebut masih bisa bertahan.

Sama halnya dengan individu, cash menjadi penting. Cash atau yang juga diartikan uang tunai tersebut harus dimiliki setiap individu dan harus dijaga alur keluar masuknya.

Salah satu hal yang harus dihindari adalah terjadinya negative cash flow. Ini adalah kondisi dimana pengeluaran lebih besar dibandingkan pendapatan. Jangan sampai hal ini teman Virgo alami, ya.

  • Mempersiapkan tabungan dan dana darurat 

Dalam piramida keuangan, level terpenting yang harus dipenuhi setelah kebutuhan sehari-hari adalah dana darurat. Dana ini harus kamu siapkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga.

Apabila teman Virgo mengalami kondisi mendesak dimana kamu tidak memiliki dana darurat, pastinya kebingungan bukan?

Saat teman Virgo mengetahui cara mengelola keuangan, maka kamu akan tahu cara untuk mempersiapkan tabungan dan dana darurat sehingga kondisi tak terduga tersebut dapat dengan mudah kamu antisipasi.

  • Meningkatkan pendapatan

Mengelola keuangan tidak selalu berbicara tentang bagaimana berhemat dan menekan pengeluaran. Sangat memungkinkan bagi teman Virgo mengelola keuangan dengan baik dengan cara menekan pengeluaran sekaligus meningkatkan pendapatan.

Ada banyak hal yang bisa teman Virgo lakukan untuk meningkatkan pendapatan, seperti mengambil side job, berinvestasi dari tabungan yang kamu miliki, hingga membuka usaha produk atau jasa dari keterampilan yang kamu kuasai.

Baca Juga: Begini Cara Memanfaatkan Kembalian Belanja Agar Tidak Mubazir

Tips Mengelola Keuangan

Agar kondisi keuangan teman Virgo selalu dalam keadaan sehat, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Yuk, disimak!

  • Pisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis

Salah satu masalah yang sering terjadi saat seseorang membangun bisnis adalah pengelolaan keuangan yang tidak baik. Sebab utamanya adalah karena pemilik bisnis tidak memisahkan antara keuangan pribadi dengan keuangan bisnis.

Sangat beresiko bila kondisi ini terjadi pada dirimu ya, teman Virgo. Uang yang seharusnya kamu putar kembali untuk bisnis malah terpakai untuk kebutuhan pribadi atau sebaliknya. Alhasil, keuangan menjadi berantakan. 

Teman Virgo harus bisa pisahkan keuangan pribadi dan bisnis dengan cara memisahkan rekening untuk kebutuhan masing-masing. Jadi, bila ada pemasukan yang didapatkan dari bisnis, maka harus ditransfer ke rekening bisnis. Adapun bila kamu membutuhkan uang untuk keperluan pribadi maka gunakanlah dari rekening pribadi, jangan campurkan urusan pribadi dengan bisnismu, ya.

  • Buat dan evaluasi laporan keuanganmu

Tips mengelola keuangan berikutnya adalah dengan membuat laporan keuangan dan melakukan evaluasi secara berkala. Kamu bisa mulai dengan mencatat arus pemasukan dan pengeluaran. Kamu bisa lakukan dengan cara menggunakan excel, atau menggunakan aplikasi catatan keuangan. Dengan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran, kamu akan mengetahui apakah keuanganmu dalam kondisi yang seimbang dan sehat atau justru sebaliknya. 

Pastikan kamu juga memiliki list belanja bulanan hemat agar kamu bisa menekan pengeluaranmu dari pembelian barang yang tidak diperlukan. Bawa list tersebut setiap kali kamu akan belanja.

  • Pastikan tidak berhutang

Semaksimal mungkin usahakan agar teman Virgo tidak sampai berhutang, karena hutang akan mengganggu kesehatan keuanganmu. Hutang hanya akan menambah beban di masa depan. Cara agar kamu tidak berhutang adalah dengan memastikan bahwa kamu mencatat apa saja kebutuhanmu dan sesuaikan dengan pendapatanmu. 

Baca Juga: 8 Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan

Virgo

Tips Mengelola Keuangan dengan Virgo

Virgo adalah aplikasi e-money yang salah satu fungsinya adalah untuk  membantu mengelola keuangan dari hasil kembalian. Uang kembalian yang kamu dapatkan usai belanja di Alfamart, sekarang bisa kamu masukan ke dalam aplikasi Virgo sehingga bisa kamu kelola dengan mudah. 

Kamu bisa mengumpulkan saldo Virgo hingga Rp20.000.000 (dua puluh juta rupiah) bila kamu sudah upgrade akun, lho. Top up kembalian di Virgo bisa kamu lakukan di Alfamart hingga maksimal Rp99.999 per transaksi dan di Alfamidi serta Dan+Dan hingga Rp1.999 per transaksi setiap usai belanja.

Saldo yang terkumpul nantinya, bisa kamu gunakan kembali untuk beli pulsa dan paket data, membeli token listrik atau bayar tagihan listrik, belanja online di Alfagift, atau ditransfer ke rekening bank.

Kesimpulan

Selalu perhatikan manajemen keuanganmu ya, teman Virgo. Jangan sampai kondisi keuanganmu memburuk karena tidak memahami bagaimana cara mengelola keuangan. Kamu bisa gunakan Virgo agar kembalianmu lebih bermanfaat dan sebagai dana darurat untuk menjaga keuanganmu di masa depan. Yuk, kelola uang dengan bijak mulai dari sekarang bersama Virgo. 

Leave a Reply