person writing on brown wooden table near white ceramic mug
|

Contoh Buku Kas Harian yang Wajib Teman Virgo Pahami Cara Buatnya

Mencapai tujuan finansial perlu dimulai dari hal kecil seperti mencatat keuangan di buku kas. Buku kas harian penting sekali untuk membantu teman Virgo dalam mengatur keuangan. Ada beberapa contoh buku kas harian yang bisa teman Virgo gunakan dalam pencatatan keuangan pribadi atau rumah tangga. Memiliki buku kas juga membantu kontrol uang yang masuk dan keluar agar bisa merencanakan keuangan dengan baik.

Ketika mendapatkan ataupun mengeluarkan uang, jangan lupa pengeluarannya dicatat di buku kas harian ya. Nah, agar teman Virgo semakin yakin untuk mulai membuat buku kas harian. Yuk, simak dulu tujuan dan contoh buku kas harian yang bisa teman Virgo tiru di artikel ini.

Tujuan Membuat Buku Kas Harian

  1. Mengontrol Keuangan Teman Virgo

Tujuan pertama tentu sebagai alat pengontrol keuangan teman Virgo agar tidak tekor. Orang-orang yang tidak pernah membuat catatan keuangan pribadi seperti buku kas ini cenderung lebih konsumtif ketika berbelanja. Hal itu terjadi karena mereka belum memahami cara mengatur pengeluaran dan efeknya terhadap kehidupan finansial mereka di masa depan. 

Membuat buku kas harian membantu teman Virgo untuk menentukan pengeluaran mana yang menjadi prioritas dan lebih berkesadaran ketika mengeluarkan uang tersebut. Bahkan teman Virgo bisa mengatur pengeluaran mana yang sebetulnya bisa ditunda dulu demi mencapai tujuan finansial yang lebih besar.

  1. Mengamankan Finansial

Membuat buku kas juga bertujuan mengamankan uang teman Virgo. Merencanakan pengeluaran dan pemasukan yang dengan baik dan bijaksana maka teman Virgo bisa menghindari risiko-risiko seperti kehilangan sejumlah dana akibat kondisi darurat yang tiba-tiba terjadi.

Jika tidak dipersiapkan dengan baik dan terencana, maka bahaya finansial akan menimpa ketika kondisi gawat darurat terjadi. Teman Virgo tentu tidak mau mendadak miskin hanya karena tidak mempersiapkan finansial dengan baik, bukan?

Baca juga: Wajib! Tiga Hal ini Harus Ada di Catatan Keuangan

Virgo
  1. Alokasi Dana Darurat dan Investasi

Kemudian dari catatan keuangan di buku kas, teman Virgo jadi tahu bagaimana mengelola uang dengan efektif, efisien, bijaksana dan berkesadaran. Pengelolaan uang dengan mencatatnya berpengaruh pada rencana dana darurat dan investasi. 

Dengan berinvestasi seseorang berusaha mencapai kemandirian dan kebebasan finansial di masa depan. Sedangkan dana darurat, seperti namanya digunakan jika teman Virgo mengalami kondisi darurat misal ada PHK massal seperti saat pandemi Covid-19. Teman Virgo tentu tetap perlu uang untuk hidup tiap hari kan, itulah pentingnya memiliki dana darurat.

Demikian, mencatat uang di buku kas bisa membantu teman Virgo untuk menentukan besaran uang yang dialokasikan untuk dana darurat dan investasi. Untuk contoh buku kas harian, teman Virgo bisa simak caranya di bawah.

Contoh Buku Kas Harian

  1. Cara Folio Skontro Dua Halaman

Seperti namanya dua halaman, model ini ada 2 halaman terdiri dari debit dan kredit. Halaman debit digunakan untuk mencatat semua uang yang masuk dan kredit sebaliknya. Model skontro dwi halaman biasanya memiliki empat kolom. Berikut empat kolom halaman debit:

  • Kolom pertama berisi tanggal masuknya uang
  • Kolom kedua berisi keterangan uang masuk tersebut, tujuannya agar teman Virgo tahu darimana sumber uang masuk tersebut
  • Kolom ketiga berisi nomor urut bukti penerimaan uang tersebut
  • Kolom keempat berisi jumlah uang masuk

Sedangkan empat kolom untuk halaman kredit sebagai berikut:

  • Kolom pertama berisi tanggal keluarnya uang
  • Kolom kedua berisi keterangan uang keluar tersebut, tujuannya agar teman Virgo tahu untuk apa uang tersebut keluar
  • Kolom ketiga berisi nomor urut bukti pengeluaran uang tersebut
  • Kolom keempat berisi jumlah uang yang keluar

Baca juga: Analisis Rasio Keuangan agar Kondisi Keuanganmu Lebih Sehat

  1. Cara Folio Camera Satu Halaman

Uang yang masuk dan keluar dibukukan hanya pada satu halaman. Model satu halaman bisa digunakan untuk catatan keuangan pribadi teman Virgo atau bisnis teman Virgo yang relatif masih kecil ukurannya. Buku kas satu halaman ini biasanya memiliki 5 kolom.

  • Kolom pertama berisi tanggal. Urutkan keluar masuk uang sesuai tanggalnya dan sebaiknya jangan loncat-loncat tanggalnya agar teman Virgo tidak bingung membacanya
  • Kolom kedua berisi pemasukan atau pengeluaran kas. Teman Virgo bisa catat uang yang masuk sebagai penerimaan, sedangkan jika pengeluaran sebaiknya ditulis juga keterangannya digunakan untuk kebutuhan apa.
  • Kolom ketiga diisi dengan nomor urut dari bukti kas. Hal ini berlaku baik pemasukan atau pengeluaran.
  • Kolom keempat berisi jumlah uang yang diterima. 
  • Kolom kelima berisi jumlah uang yang keluar.

Model ini cukup praktis diaplikasikan oleh teman Virgo. Cara membacanya pun tidak rumit sehingga cocok untuk teman Virgo yang baru ingin memulai rutin mencatat keuangan pribadi/rumah tangganya.

Apalagi jika teman Virgo memiliki bisnis, buku kas ini wajib dibuat ya untuk mengontrol keluar masuk uang.

virgo
  1. Cara Tabelaris

Cara membuat buku kas model tabelaris dilakukan dengan menulis berbagai kebutuhan teman Virgo dalam bentuk lajur-lajur. Bisa dikatakan jika model tabelaris ini digunakan untuk merekam transaksi-transaksi kecil dalam akun terpisah. 

Metode ini biasanya dipilih teman Virgo yang memiliki bisnis dan ingin mengkategorikan transaksi berdasarkan jenisnya. Teman Virgo dapat menyesuaikan kategorisasi ini berdasarkan kebutuhan bisnis, artinya kategorinya tidak saklek. 

Pada model ini, teman Virgo menuliskan debit pada sisi kiri halaman dan menuliskan kredit pada sisi kanan halaman. Berikut contohnya, teman Virgo bisa menyesuaikan dengan keperluan bisnis masing-masing.

Baca juga: 4 Cara Menyimpan Uang di Celengan agar Tidak Hilang

Transaksi Uang Otomatis Tercatat dengan Virgo

Buku kas harian penting dimiliki agar keuangan bisnis teman Virgo tetap sehat dan bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Untuk bisa mencapai hal itu, memang dibutuhkan konsistensi untuk mencatat semua pengeluaran setiap hari. 

Sama halnya dengan mencatat keuangan pribadi, agar tidak impulsif ketika belanja online di Alfagift saking mudahnya. Teman Virgo juga perlu mencatat setiap pengeluaran  di buku kas harianmu, ya. Apalagi sekarang ada fitur QRIS di Virgo sehingga teman Virgo bisa bayar belanjaan lebih mudah, cepat, dan transaksinya otomatis tercatat. 

Oh iya, teman Virgo pasti tahu jika menggunakan aplikasi Virgo teman Virgo bisa kumpulin kembalian uang belanja untuk di top up menjadi saldo Virgo, kan. Teman Virgo bisa top up saldo Virgo dari sisa kembalian belanja di Alfamart hingga Rp99.999 per transaksi. Selain itu, juga bisa top up saldo Virgo dari uang kembalian belanja di Alfamidi dan Dan+Dan hingga Rp1.999 per transaksi. Kalau saldo Virgo sudah terkumpul banyak, bisa dimanfaatkan lagi untuk beli pulsa, beli paket data, beli token listrik, bayar tagihan listrik, atau ditransfer dari akun Virgo ke rekening bank lain.

Kalau sudah coba sekali, pastinya teman Virgo dijamin ketagihan kumpulin kembalian belanja. Sama seperti menulis buku kas harian, bila konsisten melakukannya setiap hari akan membawa keuntungan di masa depan. Jadi, teman Virgo masih mau tunggu apalagi? Download aplikasi Virgo sekarang juga yuk!

Leave a Reply