silhouette photo of five person walking on seashore during golden hour
|

Mulai Rumah Tangga yang Harmonis dari Mengatur Keuangan yang Strategis

Pernah dengar bahwa rumah tangga bisa jadi tidak harmonis karena disebabkan masalah finansial? Bagi sebagian orang, keuangan bisa menjadi hal yang diperdebatkan oleh pasangan suami istri. Terutama jika cara mengatur keuangan rumah tangga tidak dilakukan dengan bijak sehingga menjadi sumber dari berbagai percekcokan di rumah tangga. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita semua untuk mengetahui cara strategis mengatur keuangan agar keuangan rumah tanggamu cukup hingga akhir bulan. Mau tahu caranya? Yuk, simak tips berikut ya!

Tentukan Kebutuhan dan Keinginan

Ketika sedang melihat e-commerce sering kali kita tertarik dengan barang-barang yang ada di dalamnya. Seketika, semua keinginan menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi saat itu juga. Padahal kita menyadari barang itu tidak terlalu kita butuhkan saat itu. Di sinilah pentingnya untuk kita menentukan mana yang disebut kebutuhan dan mana yang disebut keinginan. Apa akibatnya jika kita membeli barang tersebut dan apa efeknya jika kita tidak membeli barang tersebut.

Misalnya saja masalah makanan. Makanan adalah hal pokok yang harus teman Virgo beli. Bila tidak membelinya maka tentunya kamu tidak akan mampu bertahan hidup.

Setelah itu, tentukan makanan apa yang akan dibeli. Pada tahap memilih jenis makanan, disitu lah teman Virgo akan berhadapan dengan “keinginan”. Maka pastikan kamu membeli makanan yang cukup dan sesuai dengan budget yang dimiliki untuk membuat perutmu dan keluarga kenyang.

Sesekali boleh makan yang mewah bila kamu ingin “mengapresiasi” diri. Tetapi jangan jadikan itu kebiasaan ya. Pastikan kamu dan pasangan bisa memilah mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan. 

Baca juga: Cara Membuat Buku Keuangan Pribadi Anti Ribet

Virgo

Catat Setiap Uang Masuk dan Keluar

Mencatat setiap uang yang masuk ataupun keluar adalah hal yang wajib dilakukan. Uang sangat sensitif, ia bisa “tiba-tiba hilang” tanpa disadari kalau kita tidak mencatatnya. 

Setelah menikah, penghasilan yang awalnya untuk sendiri jadi harus dibagi dengan pasangan. Terutama buat kamu yang menjadi kepala keluarga.

Budi Raharjo, seorang Certified Financial Planner yaitu perencana keuangan yang telah tersertifikasi, bahkan menyarankan agar setiap pasangan melakukan pencatatan keuangan setiap harinya dan mereka harus terbuka masalah keuangan. Tujuannya untuk mencegah terjadinya pengeluaran pada barang yang tidak perlu.

Tentunya perlu ada pembagian tugas dalam hal pencatatan. Tugas ini bisa diserahkan kepada istri karena umumnya wanita lebih detail dalam hal pencatatan. Catat sedetail mungkin dari mana saja sumber pemasukan dan untuk apa saja pengeluaran yang dilakukan.

Atur Prioritas Pengeluaran 

Setiap keluarga pasti memiliki prioritas pengeluaran. Tentu hal ini harus teman Virgo komunikasikan dengan pasangan agar pengeluaran dapat disesuaikan secara efektif. 

Memilih yang paling prioritas akan membuat kehidupan keluargamu lebih tenang karena hal tersebut sudah kamu penuhi. Misalnya, jika saat ini kamu memiliki prioritas pengeluaran untuk biaya pendidikan anak tentunya kamu harus segera mempersiapkannya.

Sehingga bila waktunya tiba, teman Virgo tinggal membayarkan dari uang yang kamu sudah siapkan. Kebayang kan kalau hal yang seharusnya jadi prioritas tidak kamu siapkan, dampaknya bisa membuat kamu dan pasangan jadi stress dan bisa bisa membuat kamu dan pasangan akhirnya berhutang. Hmm jangan sampai deh.

Baca juga: Cara Membuat Rencana Keuangan Pribadi yang Mudah dan Efektif

Miliki Dana Darurat

Hidup selalu akan berhadapan dengan ketidakpastian. Untuk itu kamu dan pasangan harus mulai mempersiapkan dana darurat. Minimal dana darurat yang harus dimiliki 3 bulan anggaran pengeluaran bulanan.

Tentunya angka ini tidak mutlak sama untuk semua pasangan. Kamu harus sesuaikan dengan kondisi keluargamu. Bila kamu memiliki penghasilan yang tidak tetap, kamu harus memiliki minimal dana darurat untuk 6-12 bulan anggaran pengeluaran bulanan.

Selain dilihat dari kepastian penghasilan, kamu juga perlu lihat kondisi keluargamu. Apakah saat ini kamu punya tanggungan selain istrimu atau tidak. Ini akan berpengaruh pada jumlah dana darurat yang harus kamu simpan.

virgo

Jaga Rasio Hutang

Hindari berhutang saat ingin membeli atau membayar sesuatu. Bila teman Virgo sudah terlanjur memiliki hutang, pastikan utang tersebut tidak kamu tambah lagi. Kamu bisa mulai sisihkan pendapatan yang ada dengan prioritas membayar hutang terlebih dahulu agar rasio hutang terhadap pendapatanmu semakin kecil. 

Berhutang sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan. Ia hanya diperbolehkan dalam keadaan yang memang mendesak. Tapi kamu bisa jaga kondisimu untuk tidak berhutang dengan membiasakan gaya hidup hemat.

Selain itu, teman Virgo juga bisa coba untuk meningkatkan penghasilan dengan mencoba pekerjaan freelance atau berjualan.

Baca juga: 6 Cara Mengelola Keuangan dengan Efektif

Efisiensikan Pengeluaran dengan Memanfaatkan Kembalian Belanja

Kamu juga bisa loh memanfaatkan kembalian belanja untuk membeli kebutuhanmu. Caranya? Kamu bisa menggunakan aplikasi uang elektronik Virgo untuk mengumpulkan uang kembalian usai belanja di Alfamart, Alfamidi, dan Dan+Dan. 

Uang yang terkumpul di aplikasi Virgo bisa kamu manfaatkan kembali untuk berbagai kebutuhan seperti beli pulsa, paket data, token listrik, dan juga bayar tagihan listrik. Selain itu, kamu juga bisa langsung transfer saldo Virgo ke rekening bank mu.

Untuk bisa menambahkan saldo di Virgo kamu bisa langsung Top Up kembalian yaitu mengumpulkan uang kembalian belanja di Alfamart, Alfamidi dan Dan+Dan ke dalam aplikasi Virgo. Jumlah kembalian yang bisa dimasukkan ke Virgo adalah hingga Rp99.999 per transaksi di Alfamart, dan hingga Rp1.999 per transaksi di Alfamidi atau Dan+Dan. Selain itu, kamu juga bisa top up reguler saldo Virgo via kasir Alfamart, Alfamidi, atau Dan+Dan. Untuk top up reguler via kasir ini, dikenakan biaya administrasi sebesar Rp1.000 ya.

Cara mengatur keuangan rumah tangga ini bisa teman Virgo terapkan dalam keseharian. Jangan lupa untuk selalu mencatat setiap transaksimu, pastikan belanja sesuai kebutuhan agar pengeluaran tidak membengkak, dan jangan lupa juga untuk efisiensikan pengeluaran dengan memanfaatkan uang kembalian menggunakan Virgo. Yuk, buruan download Virgo sekarang!

Leave a Reply