man sitting on chair beside laptop computer and teacup
|

Tugas Manajer Keuangan: Kualifikasi, Syarat, dan Skill

Tugas manajer keuangan dalam bisnis sangat esensial. Teman Virgo tentu tahu bahwa sebuah bisnis biasanya tidak akan mampu bertahan lama tanpa adanya 4 bidang utama dalam organisasi bisnis yaitu manajemen keuangan, HCM (Human Capital Management), manajemen pemasaran, dan manajemen produksi. Tanpa adanya salah satu dari 4 bidang utama tersebut maka bisnis bisa-bisa berjalan timpang dan tidak sehat. 

Salah satu yang paling penting adalah manajemen keuangan yang dikepalai oleh manajer keuangan.

Tanggung Jawab dan Tugas Manajer Keuangan

  1. Peramalan dan Perencanaan

Peramalan di sini tentunya bukan ramalan zodiak ya, teman Virgo. Peramalan di sini artinya harus mampu membuat ramalan keuangan di masa depan berdasarkan data-data yang ada di laporan keuangan sebagai acuan pengambilan keputusan manajemen. 

Perencanaan keuangan juga dibuat berdasarkan laporan keuangan untuk membuat anggaran keuangan masa depan sekaligus mengendalikan biaya-biaya yang muncul tidak terduga.

  1. Mengambil Keputusan Investasi dan Pendanaan

Disamping meramalkan dan merencanakan, manajer harus bisa membuat keputusan investasi mana yang sebaiknya dipilih di antara yang lain. Fungsinya untuk membantu tingkat penjualan produk perusahaan seoptimal mungkin. Keputusan investasi dipengaruhi oleh tingkat penjualan, tingkat hutang, ukuran perusahaan dan arus kas perusahaan.

Beda keputusan investasi dan keputusan pendanaan. Jika keputusan investasi dilihat dari unsur-unsur neraca keuangan dari sisi aktiva, maka keputusan pendanaan berkenaan dengan sumber dana dari sisi pasiva. Keputusan pendanaan akan terlihat pada neraca sisi pasiva yaitu hutang lancar, hutang jangka panjang dan jumlah modal perusahaan.

Baca juga: Cara Membuat Laporan Keuangan Simple

Virgo
  1. Koordinasi dan Kontrol

Seorang manajer keuangan harus bisa memastikan bahwa semua bagian manajemen harus bisa berkoordinasi lintas manajemen, dan dapat  mengontrol keuangan perusahaan. Ia harus memastikan bahwa operasional perusahaan menggunakan uang secara efisien dan efektif.

  1. Interaksi dengan Pasar Keuangan

Tugas manajer keuangan yang lain adalah berinteraksi di pasar keuangan karena pasar keuangan adalah tempat bertemunya penawaran dan permintaan sumber dana. Perusahaan sendiri pun perlu dana untuk operasional perusahaannya. 

Akan tetapi interaksi ini tidak dilakukan oleh semua perusahaan karena tergantung dari besar atau kecilnya ukuran perusahaan. Jika usahamu adalah UMKM dan mungkin memang memiliki manajer finansial sendiri, tapi tidak perlu sampai masuk ke pasar keuangan. Interaksi ini dilakukan oleh skala perusahaan besar hingga global.

  1. Manajemen Risiko

Pada basic nya manajemen risiko adalah tindakan yang dilakukan oleh bagian keuangan perusahaan untuk mengendalikan berbagai risiko yang bisa terjadi di masa depan. Jika perusahaan sudah skala besar hingga global, biasanya manajemen risiko ada di bawah direktur keuangan. 

Tapi ada juga tugas manajer keuangan yang mengurus manajemen risiko ini untuk perusahaan skala kecil sampai medium. Risiko keuangan dikontrol dan dikelola secara efisien agar tidak tiba-tiba menimbulkan risiko tinggi di masa depan yang membuat perusahaan rugi.

Baca juga: Tenor Pinjaman: Pengertian, Kategori, dan Tips Memilihnya

Kualifikasi Manajer Keuangan

Sebelum memasuki dunia keuangan dan bermimpi menjadi manajer yang handal, simak kualifikasi apa yang teman Virgo harus miliki.

  1. Gelar Pendidikan

Untuk bisa mencapai posisi manajer, maka teman Virgo minimal harus lulus akuntansi atau manajemen bisnis dengan minat manajemen keuangan. Gelar ini sangat penting untuk dimiliki teman Virgo sebagai kualifikasi pertama yang akan dilihat ketika mendaftar di bagian keuangan suatu perusahaan.

  1. Pengalaman Kerja

Kemudian pengalaman kerja juga tak kalah penting dari gelar sarjana. Untuk menjadi manajer keuangan, teman Virgo harus berpengalaman dalam akuntansi atau bidang-bidang terkait analisa keuangan. 

Selain untuk membuktikan diri ke recruiter dan rekan kerja, teman Virgo perlu membuktikan ke diri sendiri terlebih dahulu bahwa teman Virgo mampu mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai manajer. Minimal pengalaman kerja yang diminta antara 5-8 tahun. 

  1. Kompetensi/Sertifikasi

Memiliki sertifikat/kompetensi di bidang keuangan adalah nilai tambahan, artinya ilmu yang dimiliki cukup banyak dan mendalam. Bukti sertifikasi yang dimiliki adalah pembuktian bahwa teman Virgo layak dan mumpuni untuk mengemban tugas di posisi yang cukup tinggi.

virgo

Syarat dan Skill Agar Menjalankan Tugas dengan Baik

Teman Virgo sebaiknya simak beberapa persyaratan dan skill di bawah ini untuk menjadi manajer yang amanah dan baik.

  1. Emotional intelligent
  2. Keterampilan komunikasi dan kemampuan mendengar lawan bicara
  3. Hardskill seperti accounting
  4. Problem solver
  5. Logis, rasional dan mempunyai pemikiran analitik
  6. Manajemen waktu
  7. Perhatian terhadap detail
  8. Bisa bekerjasama dalam tim

Manajemen Keuangan Pribadimu, Mulai dengan Virgo

Teman Virgo bisa lho punya manajer keuangan pribadi yang mengatur keuangan teman Virgo dengan setia. Mengatur keuangan bisa dimulai dari kumpulin uang receh dari kembalian belanja di Alfamart hingga Rp99.999 per transaksi untuk di top up ke saldo Virgo. Kembalian belanja dari Alfamidi dan Dan+Dan juga bisa di top up ke saldo Virgo hingga Rp1.999 per transaksi.

Serunya kalau saldo Virgo sudah terkumpul banyak, bisa dipakai belanja online di Alfagift, beli pulsa, bayar listrik atau transfer ke rekening bank. Teman Virgo yang cermat, cerdas dan tidak mau lagi buang-buang uang receh pasti ketagihan pakai aplikasi Virgo. Makanya, yuk cepetan download aplikasi Virgo sekarang!

Leave a Reply