photo of woman holding white and black paper bags

6 Tips Belanja Online yang Aman

Sekarang belanja online sangat mudah dilakukan, karena banyak platform yang menyediakan transaksi jual beli.  Untuk menghindari berbagai resiko, teman Virgo harus mengetahui tips belanja online yang aman.

Mengetahui langkah belanja online yang tepat bisa membuat teman Virgo terhindar dari resiko tertipu. Agar tidak rugi, kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Mengecek Review Pembeli

Jika kamu sudah tertarik dengan satu produk, maka kamu bisa melakukan pengecekan lebih detail terhadap barang incaranmu itu. Jangan sampai kamu tertipu dengan gambar produk yang terlihat sangat bagus.

Teman Virgo harus membuktikan kebenaran klaim tersebut dengan mengecek review dari pembeli-pembeli sebelumnya. Pastikan ulasan positifnya lebih banyak daripada ulasan negatif, ya!.

Teman Virgo juga harus lebih kritis terhadap review atau ulasan yang ada pada toko tersebut. Saat  ini masih ada toko yang menggunakan review palsu untuk menarik calon pembeli.

Cara mengecek keaslian ulasan agar tidak tertipu saat belanja online adalah sebagai berikut:

  • Pastikan akun yang memberikan ulasan secara wajar. Kamu jangan langsung mempercayai ulasan dari satu akun dalam waktu yang berdekatan, entah positif atau negatif. Karena bisa jadi ini akal-akalan toko ataupun perbuatan kompetitor.
  • Melihat profil pengguna yang memberikan review. Jika akun tersebut memberikan pujian berlebihan untuk satu toko dan menghina toko lainnya, akun tersebut kemungkinan palsu dengan tujuan tidak baik.
  • Melihat gaya bahasa. Pastikan jika gaya bahasa dari ulasan tidak mirip, ya teman Virgo. Jika terlalu mirip, sudah pasti merupakan review bodong.

Baca Juga: 8 Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan

virgo

2. Mengecek Deskripsi Barang

Selanjutnya, teman Virgo juga harus mengecek deskripsi barang yang disediakan oleh toko. Langkah ini merupakan cara cerdas belanja online agar teman Virgo tidak merasa tertipu dengan gambar yang ada.

Jangan sampai kamu mempermalukan diri saat melakukan komplain atau protes kepada toko atas kesalahanmu sendiri. Selain itu, mengecek deskripsi barang juga memudahkanmu untuk memastikan detail produk. 

Pada kolom deskripsi tersebut penjual biasanya akan menjelaskan secara detail mengenai kondisi dan spesifikasi produk, jadi kamu dapat menentukan apakah barang ini sudah sesuai kebutuhanmu.

3. Mengecek Reputasi Penjual

Setelah kamu melihat produk dan yakin ingin membelinya, coba cek profil toko yang menjual produk tersebut. Toko yang memiliki rating bagus berarti sudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan-pelanggan sebelumnya. Setelah itu, teman Virgo bisa melanjutkan proses belanja di sana.

Untuk menentukan apakah belanja online aman melalui media sosial, kamu juga harus melihat rekening dari toko tersebut. Jangan pernah deal dalam bertransaksi dengan penjual yang nama dalam rekeningnya berbeda dengan nama toko atau pemiliknya.

Apalagi jika alasannya menggunakan rekening milik saudara atau orang tua. Kemungkinan besar barangmu nanti tidak dikirim.

Baca Juga: 4 List Belanja Bulanan Hemat untuk menekan pengeluaran

Virgo

4. Mengecek Harga Barang/Produk

Ketika berbelanja, ada istilah “harga sesuai kualitas”. Artinya, semakin besar harganya maka kualitas barang akan semakin bagus. Namun, tidak semua barang yang harganya murah memiliki kualitas rendah juga.

Ada banyak faktor yang menyebabkan harga setiap toko berbeda, meskipun barang yang mereka jual serupa bahkan sama. 

Teman Virgo jangan langsung mempercayai toko yang membanderol harga terlalu tinggi, apalagi saat terjadi kelangkaan. Bisa saja mereka tengah mengambil untung secara berlebihan, lebih baik teman Virgo memilih toko dengan harga wajar.

Begitu juga dengan barang yang dijual jauh di bawah harga pasar, maka kamu harus curiga. Karena pasti ada hal yang salah, entah dari keaslian ataupun kualitas barang.

5. Selalu Merekam Proses Unboxing

Cara bijak belanja online ini sebaiknya kamu terapkan, teman Virgo. Setiap kamu menerima produk yang dibeli secara online, pastikan rekam video unboxing-nya. Video unboxing ini berperan sebagai bukti dan jaminan untuk melakukan klaim.

Video unboxing tersebut berguna jika barang yang kamu terima tidak sesuai deskripsi produk atau mengalami kecacatan. Video tersebut bisa kamu perlihatkan ke penjual dan meminta penggantian produk ataupun refund.

Baca Juga: 8 Cara Hemat Listrik di Runah

6. Jangan Langsung Transfer Uang

Ketika sudah memutuskan untuk membeli produk tertentu, kamu akan diarahkan untuk melakukan pembayaran. Sekali lagi lakukanlah pengecekan mengenai reputasi dari toko tersebut melalui Google ataupun media sosial.

Kamu juga harus memilih metode pembayaran yang jelas atau sesuai dengan ketentuan marketplace. Sehingga uang yang kamu kirimkan terjamin keamanannya.

Dengan mengikuti semua tips di atas, kamu bisa merasakan pengalaman belanja yang menyenangkan. Apalagi jika menggunakan aplikasi uang elektronik Virgo, kamu bisa lebih hemat loh. Uang kembalianmu saat berbelanja di Alfamart, Alfamidi, serta Dan+Dan bisa kamu gunakan kembali untuk berbelanja online.

Di Alfamart kamu bisa mengumpulkan kembalian dengan nominal hingga Rp99.999 per transaksi, sedangkan di Alfamidi dan Dan+Dan maksimal kembalian yang bisa dikumpulkan mencapai Rp1.999 per transaksi.

Saldo Virgo milikmu bisa kamu gunakan untuk membeli pulsa, paket data, membayar tagihan listrik, membeli token listrik juga bisa ditransfer ke rekening bank, dan bisa langsung teman Virgo gunakan kembali untuk berbelanja di Alfagift, karena sekarang kamu sudah mengetahui tips belanja online yang aman dan hemat.

Leave a Reply