| |

Didambakan Banyak Orang, Ini Pengertian Passive Income dan Cara Mendapatkannya!

Sekarang kebebasan finansial menjadi dambaan semua orang. Khususnya anak muda seperti Teman Virgo yang ingin pensiun dini dan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang selama ini diimpikan. 

Salah satu cara agar teman Virgo bisa mendapatkan impian tersebut adalah dengan mendapatkan passive income rutin. Passive income inilah yang banyak didambakan orang-orang agar dapat uang tambahan.

Namun, masih ada orang yang tidak paham mengenai passive income dan bagaimana cara mendapatkannya. Sehingga banyak anggapan bahwa mendapat passive income dan mencapai kebebasan finansial hanyalah angan-angan saja.

Karena itulah Teman Virgo wajib ketahui apa itu passive income dan dari mana saja sumber pendapatannya agar Teman Virgo bisa mencapai kebebasan finansial di waktu yang telah ditentukan.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi untuk Kaum Milenial

Apa Itu Passive Income

Gampangnya begini, passive income adalah penghasilan yang didapatkan Teman Virgo dengan melakukan aktivitas yang minim.

Passive income bukan hanya sebatas mendapatkan penghasilan secara cuma-cuma dari aset yang sudah dimiliki sebelumnya. Walaupun sebetulnya pernyataan ini tidak sepenuhnya salah.

Salah satu cara mendapatkan passive income memang dilakukan dengan membeli aset dan mengelolanya hingga aset tersebut bisa menghasilkan sendiri dengan usaha pemilik yang minim, bahkan tidak ada.

Jenis-jenis passive income dan cara mendapatkannya juga beragam. Supaya Teman Virgo lebih paham, yuk kita simak contoh aset yang bisa menghasilkan passive income untuk membawa cuan di tahun 2023 ini, beserta cara kerjanya:

  1. Obligasi

Obligasi merupakan surat utang berjangka waktu tertentu yang diterbitkan oleh sebuah perusahaan ataupun pemerintah. Jika Teman Virgo memiliki obligasi, bisa mendapatkan passive income berupa bunga, yang sering disebut kupon.

Jika obligasi sudah jatuh tempo, penerbit obligasi wajib melunasi utang atau pokok pinjamannya kepada pemegang obligasi.

  1. Saham

Saham merupakan cara mendapatkan passive income yang tak kalah menjanjikan karena kita akan mendapatkan dividen setiap periode. Selain itu, Teman Virgo juga akan mendapatkan keuntungan tambahan dari penjualan jika harga saham yang dipegang terus naik.

Tips untuk teman Virgo yang baru pertama kali mencoba investasi saham, pilih saham perusahaan yang dinilai cukup menjanjikan. Perhatikanlah profil dan kinerja perusahaan tersebut untuk mengatasi risiko menurunnya harga saham di masa depan.

  1. Reksa Dana

Reksa dana adalah cara mendapatkan passive income dengan menaruh sejumlah dana untuk dikelola kepada manajer investasi. Dana dikelola ke berbagai instrumen investasi, baik ke pasar uang ataupun saham. Secara risiko, reksa dana tidak memiliki risiko sebesar saham karena investasi dilakukan oleh manajer investasi profesional dan danaya ditempatkan di berbagai instrumen investasi.

  1. Menyewakan Properti

Menyewakan properti dapat menghasilkan passive income. Walaupun membutuhkan modal yang cukup besar, karena harga properti sekarang sudah melambung tinggi.

Cara mendapatkan passive income yang satu ini memerlukan modal yang cukup besar di awal. Karena harga properti sudah sangat tinggi saat ini. Namun, jika kamu memiliki properti yang tidak terpakai, akan lebih mudah melakukan cara membuat passive income dari penggunaan properti itu kembali.

Kamu hanya perlu menyewakan propertimu dengan harga yang sudah disepakati. Nantinya, kamu bisa memperoleh pendapatan pasif dari hasil sewa properti tersebut.

Sebaiknya, kamu tidak membatasi pikiran bahwa cara mendapatkan passive income hanya bisa dengan menyewakan rumah. Properti ada banyak jenisnya, seperti membuat kos-kosan dari sebuah rumah juga bisa menjadi cara mendapatkan passive income yang menjanjikan. Kamu pun bisa menyewakan unit apartemen atau ruko, yang umumnya memiliki harga sewa lumayan tinggi.

Baca Juga: 6 Cara Mengelola Keuangan

Makin Cuan dengan Aplikasi Uang Elektronik Virgo

Setelah membaca pengertian dan cara mendapatkan passive income, Teman Virgo harus ingat kuncinya, yaitu: harus disiplin dan konsisten dalam urusan keuangan ini. Teman Virgo bisa memulainya dari menginvestasikan dana sedikit demi sedikit.

Cara menginvestasikan dana sedikit demi sedikit bisa juga dilakukan melalui aplikasi Virgo lho! Caranya dengan mengumpulkan uang kembalian hasil belanja tunai di Alfamart, Alfamidi, dan Dan+Dan ke akun Virgo milikmu! Sedikit demi sedikit, tidak terasa saldonya sudah banyak.

Kuncinya juga sama-sama konsisten dan disiplin dalam mengumpulkan uang kembalian. 

Jika Teman Virgo sudah memiliki akun yang terverifikasi, kamu bisa menyimpan saldo di aplikasi Virgo hingga Rp20.000.000! Saldo inilah yang nantinya bisa menjadi modal passive income kamu! Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera download Virgo di App Store atau Google Play Store untuk memulai langkah cuan dengan mengumpulkan modal passive income!

Leave a Reply