black and silver laptop computer
|

Bikin Laporan Penjualan Harian Sama Pentingnya dengan Ngumpulin Recehan ?!

Laporan penjualan adalah alat ampuh yang bisa teman Virgo gunakan untuk mengambil keputusan bisnis di masa depan. Laporan penjualan ini bisa menjadi dasar interpretasi dari data penjualan. Laporan penjualan bisa dibuat secara harian, bulanan, dan tahunan. 

Nah, laporan penjualan harian adalah catatan informasi mengenai produk-produk yang telah terjual selama satu hari. Di dalam laporan ini tertera harga produk, periode penjualan, serta analisa penjualan. Teman Virgo harus bisa membuat laporan penjualan harian agar bisa tracking berapa banyak penjualan produk dan uang yang masuk ke kas.

Demikian, pembukuan dalam laporan penjualan harian ini dimaksudkan agar bisa dimasukkan ke dalam laporan penjualan akhir. Itulah kenapa membuat laporan ini mesti rinci, jelas dan informasinya lengkap. Keseluruhan isi catatan penjualan tersebut akan digunakan untuk mengambil keputusan terkait bisnis teman Virgo.

5 Manfaat Laporan Penjualan Harian 

Nah ini dia 5 manfaat laporan penjualan harian yang harus teman Virgo ketahui: 

  1. Menggambarkan Kondisi Bisnis

Tahukah teman Virgo? Laporan penjualan berisi riwayat transaksi dalam bisnis sehingga kondisi bisnis seperti untung dan rugi dapat terekam jelas. Laporan penjualan harian saja tidak cukup dijadikan sebagai informasi jika ingin tahu keuangan bisnis secara detail. Tetapi laporan ini cukup untuk memantau naik turun penjualan secara akurat.

  1. Sebagai Evaluasi 

Evaluasi bisnis dilihat dari laporan ini yang berisi informasi penting terkait operasional bisnis sehingga jika diperlukan pihak manajemen bisa menggunakan laporan ini untuk mencari solusi saat ada kendala. Memantau naik turunnya penjualan bisa menjadikan laporan ini sebagai evaluasi di masa depan secara tepat guna. 

  1. Meningkatkan Produktivitas

Setelah mengetahui kondisi, posisi bisnis dan melakukan evaluasi, pihak manajemen bisa melakukan langkah strategis untuk mengoptimalkan kinerja dan produktivitas bisnis berdasarkan analisa data laporan penjualan yang didapatkan.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi untuk Kaum Milenial

  1. Bentuk Pertanggungjawaban

Karyawan teman Virgo yang membuat laporan penjualana dalah bentuk pertanggungjawaban divisi sales atas tiap transaksi yang berlangsung. Itulah kenapa membuat laporan ini harus seakurat mungkin untuk menghindari kesalahan pencatatan.

  1. Menunjukkan Kredibilitas Perusahaan

Indikator profesionalitas sebuah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya terlihat dari laporan keuangan yang dibuatnya. Laporan penjualan juga sebagai bukti kredibilitas di mata stakeholder. 

Jika suatu hari perusahaan memutuskan untuk mencari pendanaan atau investasi dari luar, maka laporan ini bisa digunakan sebagai data pendukung yang akurat untuk memikat dan meyakinkan para investor atau kreditur untuk mendukung pengembangan bisnis.

Virgo

Langkah Membuat Laporan Penjualan

  1. Menetapkan Tujuan Pembuatan Laporan

Sebelum membuatnya, teman Virgo harus menentukan dahulu apa tujuannya. Kemudian tentukan beberapa hal meliputi penerima laporan dan rentang waktu yang akan dibahas. Tujuannya agar laporan ini tidak hanya sebagai pencatatan laba rugi saja tapi juga bahan analisa penjualan yang rinci dan akurat.

  1. Mengumpulkan Bukti Transaksi

Selanjutnya teman Virgo perlu mengumpulkan bukti-bukti transaksi penjualan sesuai rentang waktu yang disepakati. Jangan lupa untuk mengurutkan bukti transaksi sesuai dengan tanggal.

  1. Menyusun Laporan

Kemudian, penyusunan laporan penjualan dapat dimulai dengan merinci angka penjualan setelah itu bisa membuat rangkuman penjualannya. Jelaskan hasil penjualan yang berisi nilai dan data-data yang relevan. Teman Virgo juga perlu menyiapkan laporan lain seperti neraca keuangan, laporan arus kas dan laporan laba rugi sebagai data pendukung. 

Baca juga: Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel, Nggak Perlu Banyak Rumus

virgo

Bikin Laporan Penjualan Harian Sama Pentingnya dengan Ngumpulin Uang Receh

Saat ini banyak orang yang tidak sadar pentingnya membuat laporan penjualan harian. Sama seperti mengumpulkan uang receh dari kembalian belanja, membuat laporan penjualan harian membutuhkan konsistensi agar data yang sedikit bila dikumpulkan lama-lama akan menjadi data yang sangat berguna. Begitu juga dengan mengumpulkan uang receh, setelah jumlahnya menjadi banyak teman Virgo bisa menggunakannya kembali untuk belanja. 

Sekarang, sudah ada aplikasi Virgo yang bisa menjadikan uang receh jadi lebih bermakna. Teman Virgo bisa isi saldo Virgo dari hasil kembalian belanja di Alfamart, Alfamidi dan Dan+Dan. Di Alfamart , kembalian yang bisa dimasukkan mencapai Rp99.999 per transaksi. Sedangkan isi saldo Virgo dari kembalian belanja di Alfamidi dan Dan+Dan bisa mencapai Rp1.999 per transaksi.

Sama halnya dengan mengumpulkan data laporan penjualan harian, saldo yang terkumpul dari uang kembalian belanja bisa membawa manfaat yang lebih besar di kemudian hari. 

Laporan penjualan harian yang dikumpulkan, akan menjadi laporan bulanan hingga tahunan yang berguna untuk pengambilan keputusan bisnis. Sedangkan sisa kembalian di aplikasi Virgo, selain bisa dibelanjakan lagi di Alfagift, bisa juga untuk beli pulsa, token listrik atau ditransfer ke rekening bank pribadi, bahkan sekarang Virgo sudah dapat digunakan sebagai metode pembayaran di semua gerai yang menyediakan QRIS. Asik banget kan, yuk download aplikasi Virgo sekarang dan rasakan sendiri manfaatnya!

Leave a Reply