|

Pastikan Ini Jadi Prioritas Kebutuhan Rumah Tanggamu dengan Pasangan

Setelah menikah setiap pasangan akan dituntut untuk menyiapkan berbagai kebutuhan rumah tangga. Tujuannya agar kebutuhan rumah tercukupi. Bila kebutuhan rumah tangga tercukupi maka bisa terciptalah ketenangan dalam berumah tangga. Alhasil tidak ada hal lagi yang harus diributkan khususnya masalah ekonomi.

Banyak kasus pertengkaran rumah tangga diakibatkan karena ketidakmampuan memenuhi kebutuhan dasar rumah tangga. Oleh karena itu, pastikan daftar kebutuhan ini menjadi prioritasmu ya, teman Virgo.

Bahan Makanan

Bahan makanan adalah kebutuhan pokok setiap manusia. Tidak ada manusia yang bisa bertahan tanpa makan dan minum. Untuk itu item ini harus selalu tersedia di rumah dan tidak boleh kosong.

Menyiapkan bahan makanan sendiri, selain dapat memastikan keberlangsungan hidup juga dapat menghemat anggaran karena kamu tidak perlu beli makanan lagi di luar. 

Ada beragam bahan makanan yang bisa kamu beli. Sesuaikan pembelian dengan kebutuhanmu. Jumlah anggota keluarga yang ada di rumah akan menentukan berapa banyak bahan makanan yang akan kamu beli.

Meskipun harga bahan makanan mayoritas sama, tetapi ada beberapa jenis atau brand yang memiliki harga jual yang lebih mahal. Misalnya saja jenis beras Rojolele dan beras merah lebih mahal dibandingkan lainnya.

Tidak salah sebenarnya kalau kamu memutuskan untuk membeli jenis beras tersebut, tetapi bila saat ini keuanganmu terbatas maka kamu cukup membeli beras putih atau pulen yang umum ada di pasaran.

Ingat yang penting kebutuhan konsumsi dasarmu tercukupi.

Baca juga: 6 Tips Belanja Online yang Aman

Peralatan Kebersihan

Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Kondisi rumah yang bersih akan membuat suasana lebih segar dan tentunya lebih sehat. Beberapa peralatan kebersihan yang perlu teman Virgo siapkan dirumah adalah sapu, alat pel, tempat sampah, kantong sampah, sabun lantai, karbol, sikat kamar mandi, dan sebagainya.

Rutinitas bersih-bersih harus dilakukan secara rutin. Hal ini juga untuk menghindari diri dari penyakit karena lingkungan rumah yang kotor.

Teman Virgo bisa agendakan jadwal bersih-bersih rumah ketika weekend saat kamu sedang libur dan beristirahat di rumah. Kamu bisa ajak pasangan dan juga keluarga kecilmu untuk melakukan aktivitas bersih-bersih rumah agar kondisi rumah tetap terjaga bersih sehingga aman dari penyakit.

Rajin-rajin juga untuk melakukan pengecekan alat kebersihan yang masih layak maupun yang sudah tidak layak. Bila ada alat kebersihan yang sudah tidak layak maka alat tersebut perlu segera diganti.

Tidak masalah keluar uang lagi untuk beli alat kebersihan yang layak dibandingkan harus keluar uang lebih karena penyakit yang diderita akibat rumah yang tidak bersih.

Virgo

Perlengkapan Mandi

Selain kebersihan rumah, kebersihan tubuh juga harus dijaga. Pastikan di rumahmu telah tersedia perlengkapan mandi yang lengkap. Kamu bisa siapkan sabun, sampo sikat gigi, pasta gigi dan alat mandi lainnya yang dibutuhkan. 

Ada beragam merek dari perlengkapan mandi tersebut. Kamu bisa memilih perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Nah, agar kamu dapat promo yang menarik dari perlengkapan kebersihan kamu bisa memanfaatkan Alfagift untuk membeli perlengkapan mandi tersebut.

Saat teman Virgo ingin membeli berbagai kebutuhan, kamu bisa menggunakan saldo uang elektronik Virgo sebagai metode pembayaran.

Gas, Kompor, dan Galon

Perlengkapan lainnya seperti gas, kompor, dan galon untuk minum juga perlu kamu siapkan. Karena ketiga hal itu merupakan bagian dari kebutuhan pokok.

Pastikan teman Virgo tidak boros dalam penggunaannya ya. Untuk galon kamu bisa menghemat dengan cara melakukan refill di tempat pengisian air minum isi ulang terdekat. 

Baca juga: Catatan Keuangan Pribadi: Pengertian Hingga Tipsnya

virgo

Siapkan Anggaran Bayar Listrik

Listrik adalah kebutuhan utama demi menunjang aktivitasmu setiap hari. Pastikan kamu siapkan anggaran untuk membayar listrik setiap bulannya agar tidak terjadi mati listrik tiba-tiba sehingga kamu jadi kesulitan beraktivitas. 

Bila anggaran sudah disiapkan tapi malas untuk keluar rumah bayar listrik, kamu bisa manfaatkan aplikasi uang elektronik Virgo untuk membayar segala kebutuhanmu termasuk bayar tagihan listrik.

Selain digunakan untuk pembayaran, Virgo adalah aplikasi e-money yang bisa membantumu melakukan efisiensi anggaran belanja. Kamu juga bisa mengumpulkan kembalian belanja Alfamart, Alfamidi, dan Dan+Dan ke akun Virgo milikmu biar jadi saldo. Seusai belanja tunai di ketiga merchant tersebut, kamu bisa minta ke kasir agar uang kembaliannya dimasukkan ke Virgo. Di Alfamart, batas kembalian yang bisa kamu masukkan adalah Rp99.999 per transaksi. Sedangkan di Alfamidi atau Dan+Dan, batas kembalian yang bisa kamu masukkan adalah Rp1.999 per transaksi.

Nah, selain dapat digunakan sebagai alat pembayaran berbagai kebutuhan rumah, mulai dari listrik, pulsa, hingga belanjaan di Alfagift, kamu juga bisa transfer saldo Virgo ke rekening bank atau pengguna Virgo lainnya lho!. Gimana, menarik kan?

Nah, semoga setelah membaca artikel ini, kamu dan pasangan bisa menyiapkan kebutuhan rumah tangga dengan baik ya. Ingat juga untuk berkomunikasi dengan pasangan agar kebutuhan di rumah tersedia dengan baik dan tidak ada anggaran yang berlebih. Bantu juga hal itu terwujud dengan menggunakan Virgo ya! Selamat mencoba!

Leave a Reply