black remote control on yellow surface
|

2 Cara Menghitung Modal Akhir: Teman Virgo Wajib Tahu!

Sebagai pebisnis atau calon pebisnis, teman Virgo wajib mengetahui cara menghitung modal akhir. Jangan sampai bisnis sudah berjalan tapi teman Virgo tidak memiliki catatan atau laporan keuangannya. Tidak perlu pusing membayangkan laporan keuangan seperti dari perusahaan-perusahaan besar yang sudah established. Laporan keuangan sederhana saja sudah cukup, yang penting tahu cara menghitung modal akhir dan modal awal, berapa aset yang dimiliki, untung atau ruginya berapa dan lainnya. 

Pentingnya apa sih menghitung modal akhir? Menghitung modal akhir ini penting untuk tujuan memulai produksi baru. Jika bisnis untung maka modal untuk produksi baru meningkat, sebaliknya jika rugi maka modal untuk produksi selanjutnya pun lebih sedikit. Untuk kepentingan tersebut, teman Virgo tentunya harus tahu berapa jumlah modal akhir.

Yuk, teman Virgo simak apa saja yang perlu diperhatikan mengenai cara menghitung modal akhir dan modal awal.

3 Komponen dalam Menghitung Modal Akhir

Sebelum tahu cara menghitung modal akhir, teman Virgo perlu tahu komponen penting apa saja yang harus ada di catatan atau laporan keuangan bisnis teman Virgo. Berikut adalah 3 komponen pentingnya:

  1. Modal Awal

Modal awal ini adalah sejumlah uang yang diperlukan untuk membangun suatu bisnis. Modal awal ini merupakan investasi usaha yang harus dikeluarkan di awal dan dipakai untuk mengembangkan usaha bisnis secara jangka panjang. Menghitung modal awal ini dengan cara menjumlahkan modal investasi, modal kerja, dan modal operasional.

  1. Untung/Rugi

Untuk bisa menghitung modal akhir, maka komponen untung atau rugi harus diketahui oleh teman Virgo sebagai pemilik bisnis. Cara menghitung untung/laba adalah dengan menghitung selisih dari pendapatan dengan biaya. Jika selisihnya diatas nol rupiah maka itulah keuntungan yang teman Virgo dapatkan.

Sebaliknya, jika rugi adalah saat pengeluaran biaya lebih tinggi daripada pendapat maka dipastikan bisnis tersebut sedang merugi.

Baca juga: Inklusi Keuangan (Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Cara Menerapkannya)

  1. Prive

Arti prive adalah penarikan sejumlah uang oleh pemilik bisnis, baik untuk keperluan bisnis ataupun kebutuhan pribadi. Penarikan uang ini dikategorikan sebagai bagian dari modal yang dimiliki oleh pemilik bisnis. Karena bagian dari modal maka untuk mengetahui modal akhir, jumlah prive ini perlu diketahui.

Virgo

Cara Menghitung Modal Awal

Mengetahui modal awal usaha akan memudahkan teman Virgo untuk menentukan dan mengatur pembagian keperluan usaha. Rumus yang digunakan untuk menghitungnya adalah:

Modal awal = Modal kerja + Modal investasi + Modal operasional

Contoh:

a. Modal kerja membuat roti dalam satu kali produksi

  • 10 kg tepung terigu x Rp10.000 = Rp100.000
  • 5 kg mentega x Rp25.000 = Rp125.000
  • 5 kg gula x Rp10.000 = Rp50.000
  • keperluan lain = Rp300.000

Total modal kerja = Rp575.000

b. Modal investasi

  • 2 Rak roti = Rp4.000.000
  • 1 Ac toko = Rp2.000.000
  • 1 Mesin baking oven besar = Rp18.000.000 
  • 1 Mesin kasir = Rp3.000.000

Total modal investasi = Rp27.000.000

c. Modal operasional

  • Sewa toko sebulan = Rp1.800.000
  • Biaya air sebulan = Rp150.000
  • Biaya listrik 900 VA sebulan = Rp500.000
  • Gaji 1 Karyawan sebulan = Rp2.000.000

Total modal operasional = Rp4.450.000

Jadi modal awal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha toko roti adalah

Modal awal = Modal kerja + Modal investasi + Modal operasional

Modal awal = Rp575.000 + Rp27.000.000 + Rp4.450.000

Modal awal = Rp32.025.000

Baca juga: 5 Jenis Rasio Keuangan, Wajib Diketahui Sebelum Investasi

Cara Menghitung Modal Akhir

Setelah teman Virgo memahami cara hitung modal awal, saatnya mengetahui cara hitung modal akhirnya. Rumus hitungnya tergantung dari jumlah untung atau rugi yang didapatkan oleh teman Virgo. 

Jika teman Virgo untung, rumusnya:

Modal akhir = Modal awal + (laba bersih – prive)

Sedangkan jika teman Virgo rugi, rumusnya: 

Modal akhir = Modal awal + (rugi bersih + prive)

virgo

Pisahkan Uang Operasional Bisnis dengan Uang Pribadi

Jika memiliki bisnis atau akan memiliki bisnis, teman Virgo perlu ingat bahwa uang bisnis dan uang pribadi tidak boleh bercampur, ya. Teman Virgo harus memisahkan mana rekening khusus operasional bisnis dan mana rekening pribadi di luar urusan bisnis. Jangan sampai nih rekening bisnis malah dipakai jajan di Alfagift, kalau mau belanja di Alfagift ya pakai aplikasi Virgo, dong. 

Teman Virgo pasti tahu jika belanja di Alfagift bisa dari uang receh kembalian belanja. Teman Virgo bisa isi saldo Virgo pakai kembalian belanja di Alfamart hingga Rp99.999 per transaksi. Selain itu, juga bisa isi saldo Virgo dari uang kembalian belanja di Alfamidi dan Dan+Dan hingga Rp1.999 per transaksi. 

Gimana, keren kan! Hasil top up kembalian belanja bisa dijadikan saldo Virgo. Masih banyak lagi benefit menggunakan Virgo, lho. Saldo yang sudah terkumpul, bisa dipakai untuk beli pulsa, beli paket data, beli token listrik, bayar tagihan listrik bahkan belanja lagi di Alfagift atau transfer ke rekening bank

Yuk download aplikasi Virgo sekarang, biar teman Virgo bisa jadi Sultan dari mengumpulkan uang receh dan membuat uang receh lebih bermakna. 

Leave a Reply