Cara Memasukan Token Listrik dengan Mudah dan Tepat

Bagi pengguna listrik prabayar, cara mengisi token listrik adalah hal yang penting untuk teman Virgo ketahui. Seperti diketahui, PLN mengeluarkan dua jenis layanan listrik yaitu prabayar yang menggunakan token dan pascabayar yang harus kamu bayar setiap awal bulan.

Layanan listrik prabayar ini memang terhitung baru dikeluarkan setelah layanan pascabayar. Jadi masih ada beberapa orang yang bingung bagaimana cara mengisi pulsa listrik.

Bila teman Virgo adalah salah satu yang masih bingung cara mengisi token listrik prabayar, artikel ini tepat untuk kamu. Simak ulasan berikut agar kamu bisa mengetahui cara mengisi token listrik saat dibutuhkan. 

Panduan Cara Mengisi Token Listrik

Ini yang harus kamu lakukan saat hendak mengisi token listrik:

  • Beli voucher token listrik sesuai kebutuhan 
  • Cek 20 digit angka meteran yang ada di voucher token listrikmu
  • Masukan kode tersebut di meteran listrik rumahmu
  • Tekan tombol “enter” setelah nomor dimasukkan
  • Tunggu sampai muncul notifikasi “benar/ accept” di layar meteranmu
  • Selamat token listrik telah terisi kembali

Lakukan cara tersebut dengan berurutan ya, jangan sampai ada yang terlewat.

Baca Juga: 8 Cara Hemat Listrik di Rumah

Solusi Bila Salah Memasukkan Nomor Token Listrik

Bila kamu tidak sengaja salah memasukan nomor token listrik maka kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa menekan tombol “backspace” untuk menghapus nomor yang salah lalu memasukkannya kembali. Tunggu sampai notifikasi di layar meteran menunjukkan “benar/ accept”. 

Bila masih tidak berhasil, ulangi kembali. Perhatikan detail setiap angka yang kamu lihat di voucher tersebut, karena bisa jadi ada nomor yang kamu salah memasukkannya.

Perlu kamu ketahui bahwa setiap angka di voucher tersebut tidak mungkin salah, sehingga bila terjadi kegagalan dalam menginput nomor artinya ada angka yang kamu salah masukkan.

virgo

Kapan Token Listrik Hangus?

Berdasarkan informasi dari PLN, nomor token listrik yang kamu beli tidak akan hangus selama belum digunakan. Artinya, nomor tersebut tidak memiliki masa aktif, kapanpun kamu butuh, nomor tersebut bisa digunakan. 

Bila kamu merasa bahwa kWh meteran listrikmu masih cukup, maka kamu bisa gunakan voucher tersebut saat kWh sudah mendekati ambang batas yang kamu atur.

Umumnya, alarm kWh meter akan berbunyi di angka 25 kWh. Alarm tersebut menandakan bahwa saldo token listrikmu menipis. Kamu harus segera mengisinya karena bila tidak, alarm tersebut akan terus berbunyi dan dalam waktu 2-3 hari listrik akan mati.

Baca Juga: 4 List Belanja Bulanan Hemat

Cara Cek Sisa Pulsa Listrik

Untuk memastikan apakah pulsa listrikmu masih ada, kamu bisa cek sisa token listrik di meteran PLN. Cara cek sisa token tersebut berbeda-beda, tergantung merek meteran yang digunakan. Berikut tutorial cara cek sisa token berdasarkan meterannya:

–   Merek Itron, tekan kode 09 lalu enter untuk melihat penggunaan daya listrik.  

–   Merek Glomet, tekan kode 37, lalu tekan enter.

–   Merek Star, tekan kode 07, lalu tekan enter.

–   Merek Hexing, tekan kode 801, lalu tekan enter.

Virgo

Isi Token Listrik dengan Virgo

Kerepotan beli token listrik di luar? Sekarang, kamu bisa beli token listrik langsung menggunakan aplikasi Virgo, loh. Aplikasi e-money ini memudahkanmu untuk beli token listrik tanpa harus repot-repot keluar rumah. 

Cukup dengan membuka aplikasi Virgo dan pilih “token listrik” pada bagian “Beli atau bayar sesuatu yuk”. Kemudian pilih nominal token yang kamu inginkan dan masukkan nomor meteran listrik kamu.

Baca Juga: Begini Cara Memanfaatkan Kembalian agar Tidak Mubazir

Kesimpulan

Sekian cara mengisi token listrik, mudah bukan? Jangan lupa untuk selalu hemat listrik dengan cara mematikan lampu saat tidur, mematikan perangkat elektronik yang tidak diperlukan, dan memanfaatkan cahaya dari ventilasi dan jendela di rumah, ya. Agar lebih hemat, kamu juga bisa memanfaatkan uang kembalian belanja yang sudah dikumpulkan untuk bayar listrik.

Apabila teman Virgo sudah upgrade akun menjadi Verified Account, kembalian yang teman Virgo dapat setelah belanja, bisa dikumpulkan di aplikasi Virgo hingga Rp20.000.000, loh . Nominal kembalian yang bisa dimasukan maksimal Rp99.999 per transaksi di outlet Alfamart dan Rp1.999 per transaksi di outlet Alfamidi serta Dan+Dan.

Selain untuk bayar listrik, kembalian yang dikumpulkan bisa juga digunakan untuk beli pulsa, paket data dan belanja di Alfagift. Saat tiba-tiba kamu membutuhkan uang tunai, kamu juga bisa transfer saldo di aplikasi Virgo ke rekening bank yang kamu miliki. Selamat mencoba.

Leave a Reply