group of people standing in front of food stall counter
| |

4 Cara Mudah Analisis Kebutuhan Konsumen

Bisnis Teman Virgo belum kebanjiran pelanggan? Atau sejak awal membuka bisnis, konsumen yang datang memang sedikit? Hmm… hal itu bisa terjadi karena Teman Virgo belum tahu keinginan dan kebutuhan konsumen yang sebenarnya. Bisa jadi preferensi mereka sudah berubah dan Teman Virgo belum menyadari sehingga mengabaikannya.

Baca Juga : Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan: Masih Sering Salah Kaprah!

4 Cara Analisis Kebutuhan Konsumen

Berikut ini cara analisis kebutuhan konsumen yang wajib banget Teman Virgo ketahui:

  1. Lakukan riset konsumen
    Riset sangat dibutuhkan untuk mengetahui apakah produk tersebut masih dibutuhkan konsumen atau tidak. Melalui data yang didapatkan, Teman Virgo bisa menyimpulkan apakah produk Teman Virgo masih dibutuhkan konsumen dalam jumlah besar atau kecil, sehingga Teman Virgo bisa perkirakan apakah produk atau jasa yang teman Virgo tawarkan tersebut akan laku di pasaran atau tidak.
  2. Identifikasi konsumen yang dimiliki
    Setelah diketahui berapa banyak konsumen yang membutuhkan produk atau jasa yang Teman Virgo tawarkan, mulai identifikasi konsumen dengan melihat latar belakang mereka seperti jenis kelamin, usia, jenis pekerjaan, besaran pendapatan dan background unik lainnya yang dimiliki dari target konsumen yang Teman Virgo miliki.
  1. Tahu kebutuhan konsumen
    Setelah mengidentifikasi kelompok konsumen yang menjadi target pasar dari usaha Teman Virgo, Selanjutnya bisa lihat kebiasaan atau habit dari aktivitas masing-masing kelompok konsumen. Misalnya konsumen yang terdiri dari pekerja kantoran di Bandung, membeli produk saat jam istirahat atau di luar jam kerja, karena pada saat jam kerja mereka disibukkan dengan pekerjaan. Hal ini perlu diketahui, agar saat Teman Virgo akan melakukan promosi melalui iklan (Ads) bisa meminimalisasi kerugian.
  1. Menentukan urgensi kebutuhan
    Hal penting yang perlu diketahui yaitu apa yang konsumen butuhkan saat ini. Hal ini biasanya berkaitan dengan demand (permintaan) dari masyarakat sebagai target pasar kita. semakin tinggi demand (permintaan) maka akan semakin tinggi pula nilai dari produk yang Teman Virgo tawarkan nantinya.

Baca Juga : Pastikan Ini Jadi Prioritas Kebutuhan Rumah Tanggamu dengan Pasangan

Analisis Kebutuhanmu dengan Fitur “Keuanganku” Virgo

Begitulah cara menganalisis kebutuhan konsumen dengan tepat. Pastikan Teman Virgo tahu dengan jelas apa yang sebenarnya menjadi kebutuhan dan dapat memberikan solusi bagi konsumen. Ngomong-ngomong tentang kebutuhan dan solusi, ada loh aplikasi yang bisa membantu kamu untuk mengelola keuangan sehari-hari. Aplikasi ini juga bisa membantu kamu mengumpulkan uang kembalian belanja dan mengelolanya. 

Aplikasi uang elektronik Virgo adalah aplikasi e-money yang dilengkapi dengan fitur Keuanganku untuk membantu dalam menganalisis kebutuhan Teman Virgo berdasarkan data transaksi uang masuk dan uang keluar dari aplikasi Virgo kamu, karena fitur ini bisa mengalokasikan keuangan dan cash flow. Bisa memudahkan Teman Virgo dalam menganalisis apa saja yang menjadi kebutuhan Teman Virgo.

Baca Juga : Cara Bayar Pakai Saldo Virgo

Selain itu, aplikasi Virgo juga memiliki fitur top up kembalian. Setelah Teman Virgo berbelanja dan melakukan pembayaran secara tunai di Alfamart, Alfamidi, Dan+Dan dan Lawson, uang kembalian dengan nominal berapapun bisa di-top up ke akun virgo dalam bentuk saldo uang elektronik mulai dari Rp1 hingga Rp99.999 per transaksi. Menariknya lagi, saldo tersebut bisa Teman Virgo gunakan kembali untuk berbelanja dengan pembayaran menggunakan QRIS, membeli kebutuhan bulanan seperti token listrik, paket data maupun pulsa; serta bisa ditransfer ke rekening bank yang diinginkan.

Bayar apapun jadi lebih mudah dan cepat dengan saldo Virgomu. Ayo download sekarang aplikasinya di Google Play Store maupun App Store