person holding paper near pen and calculator
|

6 Cara Kerja Perencana Keuangan, Aplikasi Virgo Juga Bisa Bantu Mengelola Uang Recehmu

Akun sosial media perencana keuangan belakangan ini sedang banyak diminati kaum milenial dan gen z lantaran informasinya dalam membantu menyusun, mengatur dan mengontrol keuangan. Banyak sekali akun-akun perencana keuangan yang membagikan cara merencanakan keuangan agar mencapai kebebasan finansial di masa depan. 

Para milenial dan gen z harus cermat dalam mengatur keuangan agar tidak kacau balau di masa depan. Hal itu berarti kondisi keuangan yang pas-pasan dan cenderung tidak ada cadangan/simpanan, tentu harus dialokasikan dengan bijaksana, efisien dan efektif.

Kenapa sih teman Virgo harus merencanakan keuangan? Teman Virgo harus punya perencanaan keuangan yang baik dengan mempertimbangkan 7 kondisi yang mempengaruhi keuangan seseorang, yaitu:

  1. Status pernikahan (lajang atau berkeluarga)
  2. Status pekerjaan (sudah bekerja stabil atau belum)
  3. Usia
  4. Kondisi keluarga (jumlah anggota keluarga yang ditanggung, apakah ada yang butuh bantuan khusus atau tidak)
  5. Kondisi ekonomi nasional (kemudahan dalam mencari kerja dan penghasilan)
  6. Tingkat pendidikan (ini mempengaruhi penghasilan)
  7. Kondisi kesehatan

Kehidupan ini bersifat dinamis artinya ke 7 kondisi di atas bisa berubah-ubah dan mempengaruhi perencanaan keuangan teman Virgo. Sudah direncanakan saja kadang masih memiliki risiko-risiko yang perlu diwaspadai, apalagi jika tidak direncanakan sama sekali. Karena sifatnya dinamis, merencanakan keuangan itu tidak kaku tapi mengikuti kondisi hidup yang sedang teman Virgo alami.

Teman Virgo bisa merekrut perencana keuangan atau Financial Planner jika ingin didampingi dalam merencanakan keuangan, karena mereka pasti memiliki knowledge lebih untuk membantu teman Virgo mencapai tujuan finansial. Tapi sebelum memutuskan menggunakan jasa financial planner, ada baiknya teman Virgo tahu bagaimana cara kerja perencana keuangan.

Baca juga: 8 Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan

Cara Kerja Perencana Keuangan

  1. Menetapkan Tujuan Keuangan

Jobdesk utama Financial Planner adalah membantu teman Virgo mengidentifikasi apa saja tujuan keuangan yang ingin teman Virgo capai di masa depan. Tujuan keuangan pun dibuat spesifik sehingga bisa dibuatkan strategi pencapaiannya dengan detail juga.

  1. Mengumpulkan Data yang Relevan

Financial Planner perlu mengumpulkan data dan informasi yang relevan dari teman Virgo. Mulai dari informasi arus kas bulanan dan tahunan, kepemilikan aset dan kewajiban, profil risiko nasabah, dan data relevan lain yang dibutuhkan agar perencana keuangan bisa mendefinisikan situasi teman Virgo dan strategi yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan keuangan.

Di tahap ini, teman Virgo tidak boleh menutup-nutupi sesuatu ya. Meskipun itu adalah hal yang cukup memalukan agar Financial Planner bisa mendapat gambaran besar dan membantu menyelesaikan masalah teman Virgo.

  1. Analisa Data

Financial Planner akan menganalisa data keuangan  teman Virgo yang sudah terkumpul sehingga bisa menemukan kaitan antara kondisi teman Virgo saat ini dengan target yang mau dicapai. Analisa data ini adalah tahap penting karena keputusan dan strategi dibuat berdasarkan hasil analisa data.

Virgo
  1. Membuat Rencana Masa Depan

Financial Planner membuat rencana keuangan yang realistis berdasarkan kondisi keuangan teman Virgo secara objektif. Rencana keuangan yang dikembangkan harus spesifik seperti siapa yang melakukan, apa yang harus dilakukan, kapan dan dengan sumber mana itu akan dilakukan. 

Di sini, Financial Planner juga memberikan rekomendasi produk atau instrumen keuangan yang bisa membantu teman Virgo mencapai tujuan keuangan.

  1. Penerapan Rencana

Sebagus apapun perencanaan keuangan tapi jika tidak dijalankan, maka akan berakhir sia-sia. Financial Planner bertanggung jawab untuk melihat penerapan rencana keuangan tersebut oleh teman Virgo secara benar. 

Teman Virgo tenang saja, karena Financial Planner selalu mendampingi agar teman Virgo tidak keluar jalur dari rencana yang sudah dibuat dan disepakati bersama.

  1. Monitor dan Evaluasi Rencana

Financial Planner wajib memonitor rencana keuangan teman Virgo. Bisa dengan evaluasi rutin tiap enam bulan atau setahun sekali. Evaluasi tersebut penting untuk melihat apakah ada rencana atau strategi yang perlu diubah seiring perubahan kondisi teman Virgo atau sudah seberapa efektif rencana keuangan dijalankan.

Dengan begitu, perencanaan keuangan dapat berjalan dengan baik dan bisa mencapai tujuan utama yaitu membantu teman Virgo mewujudkan keuangan sesuai keinginan.

Baca juga: Inilah 5 Cara Belanja Online Anti Boncos

Merencanakan Keuangan Sendiri

  1. Catat Arus Kas 

Tidak masalah jika teman Virgo tidak mau pakai jasa Financial Planner. Teman Virgo tetap bisa melakukannya sendiri asal rutin dan disiplin. Merencanakan keuangan dimulai dari rutin mencatat keluar masuk uang setiap kali ada pemasukan atau pengeluaran. Mencatat arus kas ini penting untuk mengetahui seberapa sehat kondisi keuangan teman Virgo.

  1. Buat Metode 3 Pos
  • 50 persen digunakan untuk membayar kebutuhan pokok (utang, tagihan cicilan, listrik, bahan makanan bulanan, dan lainnya)
  • 30 persen untuk tabungan jangka panjang (investasi, asuransi, atau menabung)
  • 20 persen untuk gaya hidup (belanja, liburan, dan hiburan)
  1. Buat 2 rekening berbeda

Untuk memudahkan menabung, lebih baik untuk membuat dua akun rekening berbeda dan memisahkan antara rekening tabungan dan rekening kebutuhan. Untuk rekening menabung, usahakan kartu ATM disimpan untuk mencegah penarikan mendadak yang membuat tabungan terpakai.

virgo

Kelola Uang Receh dengan Virgo

Nah, jika teman Virgo memutuskan memakai jasa Financial Planner untuk membantu merencanakan keuangan. Maka teman Virgo juga bisa pakai aplikasi Virgo untuk mengelola uang receh agar bisa digunakan lagi. Maksudnya? Memang bisa uang receh dipakai belanja lagi?

Jawabannya bisa banget! Dengan menggunakan aplikasi Virgo, Teman Virgo bisa top up saldo Virgo menggunakan uang kembalian belanja di Alfamart hingga Rp99.999 per transaksi. Selain itu, bisa top up saldo Virgo dari uang kembalian belanja di Alfamidi dan Dan+Dan hingga Rp1.999 per transaksi. 

Kalau saldo Virgo sudah kekumpul banyak, selain bisa untuk beli pulsa, teman Virgo bisa  beli paket data, beli token listrik, bayar tagihan listrik, atau transfer uang ke rekening bank lain. Apalagi sekarang ada layanan QRIS yang bisa digunakan untuk pembayaran di semua merchant yang menyediakan kode pembayaran QR Code. Keuangan jadi lebih sehat, hidup teman Virgo dijamin lebih mudah deh. Yuk, download aplikasi Virgo sekarang juga!

Leave a Reply