|

5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta

Dapat gaji 2 juta per bulan bukanlah hal yang mustahil dikelola. Teman Virgo tetap bisa kok mengoptimalkannya untuk membayar kebutuhan sehari-hari. Bahkan bisa ditabung untuk dana darurat dan investasi.

Teman Virgo pun juga perlu memikirkan bagaimana caranya untuk mendapat tambahan uang dari pekerjaan sampingan, disamping mengatur gaji 2 juta tersebut. Memiliki pekerjaan sampingan artinya teman Virgo mendapat uang tambahan selain dari pekerjaan utama. Untuk mendapat pekerjaan sampingan, bisa jadi teman Virgo perlu menabung untuk mendapat ilmu baru seperti ilmu-ilmu digital yang saat ini sedang naik daun. Itu lah pentingnya mengatur keuangan agar uangnya bisa dialokasikan untuk sesuatu yang produktif ketimbang konsumtif.

Terlepas dari berapa gaji yang didapatkan tiap bulan, setiap orang memang harus bisa mengatur keuangannya dengan efisien, efektif dan bijaksana. Berikut 5 cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta.

  1. Tentukan prioritas pengeluaran

Jika gaji teman Virgo masih pas-pasan, tentunya mesti cermat memilah dan memilih kebutuhan mana yang memiliki prioritas tertinggi dan mana yang bisa di-pending dulu bahkan dihilangkan saja.

Jika teman Virgo mengeluarkan uang tanpa pikir panjang dan dorongan nafsu, tentunya bisa membahayakan keuangan dan bisa-bisa teman Virgo berhutang disana sini. Jadi, hati-hati dalam pengeluaran uang.

  1. Gunakan metode 50/30/20
  • Lima puluh persen digunakan untuk membayar kebutuhan pokok (utang, tagihan cicilan, listrik, bahan makanan bulanan, dan lainnya)
  • Tiga puluh persen untuk tabungan jangka panjang (investasi, asuransi, atau menabung)
  • Dua puluh persen untuk gaya hidup (belanja, liburan, dan hiburan)

Metode di atas tidak saklek sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan teman Virgo sendiri. Akan tetapi perlu diingat bahwa persenan untuk kebutuhan pokok tidak boleh kurang dari persenan gaya hidup. Sedangkan bagian gaya hidup bisa lebih dikurangi menjadi 15% atau 10% saja.

Baca juga: 4 List Belanja Bulanan Hemat untuk Menekan Pengeluaran

  1. Bikin catatan arus kas

Cara mengatur keuangan rumah tangga teman Virgo dimulai dari rutin dan disiplin catat keluar masuk uang tiap ada pemasukan atau pengeluaran. Mencatat arus kas ini untuk mengetahui seberapa sehat kondisi keuangan rumah tangga teman Virgo.

Virgo
  1. Potong pengeluaran tidak penting

Teman Virgo harus tahu mana kebutuhan dan keinginan. Keinginan-keinginan tidak perlu sebaiknya dipotong agar tidak mengganggu keuangan teman Virgo.

  1. Buat Dana Darurat dan Investasi Risiko Rendah

Kata siapa gaji 2 juta tidak bisa menabung untuk dana darurat dan investasi risiko rendah? Pastinya bisa, dong. Saat ini banyak platform investasi yang bisa menabung Rp100.000 tiap bulan. Pilihlah jenis investasi Reksadana Pasar Uang karena memiliki resiko paling rendah diantara semuanya. 

Sedangkan untuk dana darurat sisihkan beberapa ratus ribu tiap bulan. Jika teman Virgo masih single, dana darurat dihitung dari kebutuhan per bulan x 6 bulan. Misalnya Rp5.000.000 x 6 bulan = Rp30.000.000. Artinya teman Virgo harus menabung sebesar Rp30.000.000 untuk dana darurat di masa depan.

Baca juga: 8 Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan

virgo

Mulai Atur Pengeluaran dengan Virgo, Yuk!

Jika teman Virgo mengikuti 5 cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta seperti di atas, maka teman Virgo bisa tetap hidup tenang karena semua penggunaan uang sudah dialokasikan dengan benar. Tapi harap diingat untuk bagian pengeluaran memang perlu pengendalian diri yang bagus agar tidak boros. 

Agar teman Virgo bisa tracking pengeluaran dan tidak berlebihan dalam penggunaan uang, teman Virgo bisa pakai aplikasi uang elektronik Virgo. Di Virgo ada fitur riwayat transaksi, jadi teman Virgo bisa tahu berapa banyak uang yang keluar dan masuk ke saldo Virgo. Menambah jumlah saldo di Virgo pun sangat mudah.

Teman Virgo bisa top up saldo Virgo pakai kembalian belanja di Alfamart hingga Rp99.999 per transaksi. Selain itu, juga bisa top up saldo Virgo dari uang kembalian belanja di Alfamidi dan Dan+Dan hingga Rp1.999 per transaksi. 

Kalau saldo Virgo sudah kekumpul banyak, selain bisa untuk beli pulsa, teman Virgo bisa beli pulsa, beli paket data, beli token listrik, bayar tagihan listrik, atau transfer uang ke rekening bank lain. Apalagi sekarang di Virgo, kamu bisa menggunakan QRIS yang bisa digunakan untuk pembayaran. Hidup teman Virgo dijamin lebih mudah. Yuk, download aplikasi Virgo sekarang juga!

Leave a Reply