Jangan Khawatir! Inilah Cara Mengatasi Gagal Input Token Listrik

Masalah yang kerap dialami oleh pelanggan PLN Prabayar adalah gagal saat mengisi token listrik. Tentunya hal ini kerap membuat kesal karena listrik jadi tidak bisa digunakan yang menyebabkan banyaknya aktivitas terhambat. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena di artikel ini kamu akan menemukan cara mengatasi gagal input token listrik beserta penyebabnya. 

Penyebab Token Listrik Gagal Input 

Ini adalah beberapa penyebab Token Listrik gagal input;

Salah memasukkan ID meter saat membeli token listrik 

Hal ini seringkali terjadi Ini adalah yang sering terjadi dan menyebabkan token listrik gagal untuk diinput. Nomor ID meter memang tidak mudah untuk diingat karena jumlahnya yang banyak dan angkanya yang sulit untuk dihapal. tidak secantik kalau kita beli nomor handphone. Jadi pastikan kamu selalu catat nomor ID metermu ya. Bisa ditulis di kertas atau diketikkan di handphonemu. 

KwH Over Limit

KwH Over Limit adalah batas maksimal dalam pembelian token listrik sesuai dengan daya yang digunakan. Gagalnya tToken listrik gagal untuk diinput bisa terjadi karena KwH yang digunakan sudah melebihi batasnya sehingga tidak bisa ditambah lagi kuotanya.  

Server PLN sedang error

Errornya sebuah server adalah hal yang umum terjadi. Jika hal ini terjadi kamu cukup menunggu hingga perbaikan server dari PLN selesai. Kamu bisa mengakses informasi tentang hal tersebut di media sosial Twitter PLN @pln_id. 

Kesalahan saat pemasangan instalasi listrik

Bila terjadi kesalahan saat pemasangan instalasi listrik, maka yang terjadi bukan hanya kegagalan dalam input token tapi juga berisiko untuk terjadi korsleting listrik. Kebakaran dapat disebabkan karena adanya korsleting listrik ini. Jika kamu merasa bahwa kegagalan memasukkan token dikarenakan kesalahan dalam instalasi listrik, maka kamu harus segera hubungi PLN terdekat. 

Baca Juga: Langkah Mudah Cek Tagihan Listrik 3 Bulan Terakhir Agar Tidak Bengkak

Virgo

Cara Mengatasi Token Listrik yang Gagal

Mengetahui penyebabnya saja tidaklah cukup, kamu juga harus tahu cara mengatasi token lisrik gagal terus pada saat akan input. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi token listrik yang gagal input tersebut, diantaranya:

Hubungi PLN terdekat

Ini adalah cara paling cepat yang bisa kamu coba. Kamu bisa hubungi PLN melalui contact center 123 atau langsung datang ke PLN terdekat. 

Lakukan reset pada meteran listrik

Cara berikutnya bila terjadi error pada meteran listrik kamu bisa melakukan langkah untuk reset meteran listrik. Tahapan untuk melakukan reset meteran listrik adalah sebagai berikut: 

1. Matikan semua alat elektronik

2. Cabut semua kabel listrik 

3. Tunggu 15 menit lalu hidupkan kembali

4. Masukkan kode reset meteran yaitu “00”

Baca Juga: Cara Melihat Nomor Token Listrik, Awas Jangan Sampai Salah!

Cara Mencegah Kegagalan dalam Input Token Listrik

Agar kegagalan input token listrik tidak terjadi kembali, kamu bisa melakukan langkah antisipasi sebagai berikut: 

• Pastikan untuk mencatat ID meter terlebih dahulu dengan detail sebelum membeli token listrik. Kamu bisa mencatat di handphone ataupun di catatan lainnya. 

• Cek kembali Kwh Over Limit. Pastikan kamu membeli token yang tidak melebihi batas KwH yang tersedia. 

• Periksa pemasangan instalasi listrik. Bila didapati ada kejanggalan dalam instalasi listrik segera hubungi PLN agar bisa langsung diatasi.  

Baca Juga: Cara Memasukan Token Listrik dengan Mudah dan Tepat

Virgo

Cara Isi Token Listrik Anti Repot 

Tentunya akan membuat kesal bila kita sudah susah payah keluar rumah untuk membeli token listrik tapi pas sampai rumah ternyata tokennya gagal diinput. Alhasil kamu harus terus cari cara mengatasi token listrik yang gagal terus saat input. Nah, agar kamu tidak perlu repot keluar rumah beli token listrik, kamu bisa beli token listrik di aplikasi Virgo. 

Menariknya, kamu bisa memanfaatkan uang kembalian yang kamu kumpulkan di aplikasi Virgo untuk membeli token listrik. Uang kembalian tersebut bisa kamu kumpulkan usai belanja di Alfamart, Alfamidi, dan Dan+Dan. 

Bila saldo dari uang kembalian tidak cukup, kamu bisa langsung top up saldo Virgo di Alfamart hingga Rp99.999 per transaksi serta di Alfamidi dan Dan+Dan hingga Rp1.999 per transaksi. Selain digunakan untuk beli token listrik, saldo Virgo juga bisa digunakan untuk beli pulsa, paket data, dan juga bisa ditransfer ke rekening pribadi bagi pengguna yang sudah melakukan upgrade akun Virgo menjadi akun Verified

Jadi, jangan sampai masalah listrik ini terjadi di tempatmu ya, karena bagaimanapun listrik adalah kebutuhan utama. Beli token listrik dengan mudah dan hemat waktu di aplikasi Virgo aja! Kamu bisa pesan nominal token listrik sesuai kebutuhanmu, dan berkesempatan mendapat banyak promo lainnya. Yuk, download Virgo sekarang!

Leave a Reply