brown Henry paper bag

Cara Memilih Aplikasi Belanja Online Agar Tidak Kena Tipu

Aktivitas berbelanja adalah aktivitas yang rutin dilakukan oleh semua orang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, cara berbelanja telah berubah mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Belanja yang dilakukan saat ini berbeda dengan zaman dulu, bila dulu belanja harus keluar rumah sekarang cukup melalui aplikasi belanja online.

Sebagai konsumen kita tetap harus waspada agar tidak tertipu oleh aplikasi belanja online atau penjual abal-abal.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan untuk memilih aplikasi berbelanja yang tepat? 

Baca Juga: Inilah 5 Cara Belanja Online Anti Boncos

Pastikan Sudah Berizin

Hal pertama yang harus diperhatikan agar kamu tidak kena tipu saat belanja online adalah memastikan bahwa aplikasi tersebut sudah berizin. Kamu bisa lihat dari legalitas yang dimiliki. Umumnya informasi tersebut bisa terlihat di halaman “tentang kami” pada situs resmi aplikasi tersebut. 

Kamu bisa memastikannya dari sisi nama perusahaan aplikasi tersebut, apakah ia sudah memiliki PT atau belum.  Misalnya, aplikasi uang elektronik Virgo yang sudah berizin dan memiliki legalitas dengan nama perusahaan PT Capital Net Indonesia.

Virgo

Cek Review

Setiap aplikasi belanja online selalu ada rating dan review yang diberikan oleh penggunanya. Kamu bisa cek di Google Play Store sebelum mendownload aplikasi tersebut.

Rating yang diberikan oleh pengguna akan diskalakan dari bintang 1-5. Bila skalanya mayoritas 4 maka dapat dipastikan aplikasi tersebut terpercaya.

Untuk memastikan kamu juga bisa lihat review yang diberikan oleh penggunanya. Bila ada kendala-kendala tertentu yang dirasakan oleh pengguna dalam review-nya maka itu bisa jadi acuanmu untuk memutuskan apakah tetap akan menggunakan aplikasi tersebut atau tidak.

Baca Juga: 6 Tips Belanja Online yang Aman

Cek Popularitas

Sebuah aplikasi belanja online yang bagus umumnya memiliki popularitas yang baik. Kamu bisa cek dengan mengetikkan nama brand toko online tersebut di Google. Cek di bagian paling kanan dalam halaman situs pencarian tersebut.

Di situ akan terlihat Google My Business yang dimiliki oleh si brand yang mencakup galeri, alamat, nomor hp dan rating/ulasan dari konsumennya.

Sama halnya dengan rating di Google Play Store, di Google My Business reputasi sebuah brand juga diukur dalam skala bintang 1-5. Bila mayoritas penilaian pelanggan ada di 4 maka menandakan bahwa brand toko online tersebut dipercaya oleh pelanggannya.

Selain melalui Google My Business, Kamu juga bisa lihat website mana saja yang memberitakan tentang aplikasi tersebut. Bila aplikasi tersebut dipercaya dan sudah banyak penggunanya maka website media mainstream ataupun blogger pasti akan mengunggah review tentangnya. Kamu bisa cek beberapa website yang mereview aplikasi belanja online tersebut.

Memiliki Kantor Pusat

Pastikan aplikasi yang kamu download diketahui lokasi kantor pusatnya. Hal ini agar bila terjadi sesuatu, ada tempat untukmu menuntut. Bila ada aplikasi yang tidak memiliki kantor pusat maka aplikasi tersebut harus dihindari. Hal ini dapat kamu cek di Google pada saat mengetikkan nama brand toko online tersebut.

virgo

Dimiliki Perusahaan Terpercaya 

Jangan lupa untuk cek terlebih dahulu siapa perusahaan pemilik aplikasi tersebut. Pastikan perusahaan pemilik aplikasi adalah perusahan yang dapat dipercaya. Salah satu aplikasi belanja online yang dimiliki perusahaan terpercaya adalah Alfagift. Aplikasi ini merupakan aplikasi belanja online resmi milik Alfamart yang dinaungi oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya,Tbk. Salah satu perusahaan yang memiliki jaringan retail minimarket terbesar di Indonesia.

Perlu teman Virgo ketahui, salah satu keunggulan Alfagift adalah bermitra dengan aplikasi Virgo. Kamu bisa memanfaatkan uang kembalian usai belanja di Alfamart, Alfamidi, dan Dan+Dan untuk berbelanja di aplikasi Alfagift.

Caranya? Gampang banget, kamu tinggal koneksikan aplikasi Alfagift dengan akun Virgo. Nah, Virgo ini adalah aplikasi e-money yang salah satu fungsinya dapat  mengumpulkan uang kembalian usai berbelanja di Alfamart, Alfamidi, dan Dan+Dan. Jumlah uang yang bisa ditop up ke aplikasi juga beragam. Di Alfamart maksimal top up mencapai Rp99.999 per transaksi sedangkan di Alfamidi dan Dan+Dan maksimal top up adalah Rp1.999 per transaksi.

Baca Juga: Cara Menggunakan Aplikasi Virgo untuk Transaksi yang Menguntungkan

Selain bisa kamu manfaatkan untuk belanja di Alfagift, saldo Virgo yang terkumpul di dalam aplikasi bisa kamu manfaatkan juga untuk beli pulsa, paket data, bayar listrik, beli token listrik dan bisa ditransfer ke rekeningmu maupun ke sesama pengguna Virgo. Berguna banget, kan?

Itu dia tips cara memilih aplikasi belanja online yang terpercaya agar tidak kena tipu. Pastikan lima poin di atas teman Virgo perhatikan sebelum menggunakan aplikasi belanja online, ya. Agar lebih menghemat pengeluaran, kamu bisa memilih aplikasi belanja online yang bisa menawarkan berbagai fitur pembayaran dengan berbagai promo yaitu Alfagift. Jika teman Virgo berbelanja di aplikasi Alfagift, maka kamu bisa gunakan aplikasi Virgo untuk mendapatkan berbagai promo menariknya. Selamat mencoba!

Leave a Reply