green plant in clear glass cup
| |

Stop Abaikan Dana Darurat! Begini Cara Hitung Dana Darurat yang Tepat

Dana darurat adalah dana pertama yang harus dipersiapkan jika Teman Virgo sudah mulai bekerja. Hal ini dikarenakan dana darurat akan sangat dibutuhkan jika di masa depan Teman Virgo mengalami suatu kejadian darurat. Contohnya seperti di-PHK, biaya berobat jika sakit keras atau kecelakaan dan keadaan darurat lainnya. 

Apakah Teman Virgo masih bingung bagaimana cara menghitung dana darurat? Tenang, Teman Virgo nggak perlu bingung lagi karena di artikel ini akan dibahas tuntas mengenai cara hitung dana darurat yang tepat. Yuk, simak artikelnya!

Baca Juga: Apa itu Dana Darurat

Cara Hitung Dana Darurat untuk Kamu yang Belum Menikah

Bagi teman Virgo yang belum menikah, disarankan untuk memiliki dana darurat setidaknya 3 hingga 6 kali pengeluaran bulanan. Maka dari itu, langkah pertama untuk menghitung dana darurat adalah dengan menghitung pengeluaran bulanan. Pertama, hitung semua pengeluaran bulanan termasuk biaya sewa atau cicilan rumah, listrik, air, internet, makanan, dan keperluan lainnya. Pastikan untuk mencatat semua pengeluaran bulanan yang terjadi secara rutin.

Setelah mengetahui jumlah pengeluaran bulanan, kalikan dengan 3 hingga 6 kali. Contoh, jika pengeluaran bulanan teman Virgo sebesar Rp5.000.000, maka dana darurat yang diperlukan antara Rp15.000.000 hingga Rp30.000.000. Jumlah ini mungkin terlihat besar, namun memiliki dana darurat yang cukup menjadi hal penting dalam menghadapi situasi darurat. 

Cara Hitung Dana Darurat untuk Pasangan Menikah

Bagi Teman Virgo yang sudah menikah, menghitung dana darurat agak sedikit lebih kompleks. Ada beberapa faktor tambahan yang perlu dipertimbangkan, seperti penghasilan pasangan dan tanggungan tambahan yang dimiliki. Berikut adalah langkah-langkah dalam menghitung dana darurat untuk pasangan menikah.

Pertama, hitung semua pengeluaran bulanan rumah tangga. Sama seperti dalam menghitung dana darurat untuk yang belum menikah, pertama-tama hitung semua pengeluaran bulanan pasangan termasuk cicilan rumah, biaya listrik, air, internet, makanan, dan keperluan lainnya.

Pertimbangkan juga tanggungan finansial. Pasangan yang sudah menikah mungkin memiliki tanggungan finansial lainnya seperti cicilan kendaraan atau biaya sekolah anak. Pertimbangkan juga faktor-faktor ini dalam menghitung dana darurat.

Lalu kalikan pengeluaran bulanan dengan jumlah bulan yang diinginkan. Disarankan untuk memiliki dana darurat minimal 6 hingga 12 kali pengeluaran bulanan. Contoh, jika pengeluaran bulanan sebesar Rp10.000.000, maka dana darurat yang diperlukan antara Rp60.000.000 hingga Rp120.000.000.

Dikarenakan sudah menikah, dana darurat yang harus dicadangkan memang lebih banyak, melihat adanya tanggungan selain diri sendiri. Namun, Teman Virgo juga harus memperhitungkan penghasilan pasangan. Jika Teman Virgo dan pasangan memiliki penghasilan, sebaiknya pengumpulan dana darurat pun dilakukan bersama. Sehingga kedua pihak bisa berkontribusi dalam mempersiapkan keluarga untuk menghadapi situasi darurat.

Persiapan Hadapi Situasi Darurat

Menghitung dana darurat yang tepat adalah penting untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi situasi darurat di masa depan. Jika dana darurat sudah terkumpul, sangat ditekankan agar Teman Virgo tidak memakai dana tersebut untuk kebutuhan atau kepentingan lain.

Cara mempermudah mengumpulkan dana darurat, Teman Virgo bisa memulai dengan mengatur anggaran bulanan. Usahakan untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan memperbanyak tabungan. Selain itu, berinvestasi pada produk keuangan yang memberikan keuntungan lebih tinggi seperti deposito atau reksadana bisa menjadi pilihan untuk mempercepat pengumpulan dana darurat. Dikarenakan akan ada keuntungan tambahan di masa depan.

Dalam menghitung dana darurat, Teman Virgo juga perlu ingat bahwa setiap orang memiliki kebutuhan dan situasi keuangan yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk melakukan evaluasi ulang secara berkala dan menyesuaikan jumlah dana darurat yang dicadangkan. Sesuai dengan pengeluaran pribadi dan perubahan situasi keuangan.

Baca Juga: Ingin Punya Dana Darurat Ideal? Segini yang Harus Ditabung!

Stop Abaikan Dana Darurat, Mulai Atur Keuangan Bersama Virgo

Meskipun cara-cara untuk menghitung dana darurat kedengarannya mudah, pada kenyataannya dana darurat ini sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal menghitung dana darurat sangat berguna untuk kehidupan Teman Virgo.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mengatur pengeluaran sangat penting agar mengumpulkan dana darurat bisa lebih mudah. Termasuk pengeluaran yang sering tidak kita sadari. Salah satunya adalah uang kembalian belanja.

Seringkali kita mengabaikan uang kembalian belanja karena jumlahnya yang banyak, namun nilainya kecil. Sehingga tercecer dan hilang begitu saja. Padahal jika uang belanja dikumpulkan dan dibelanjakan kembali, akan sangat menghemat pengeluaran. 

Sekarang untuk mengumpulkan kembalian belanja dengan lebih mudah, ada aplikasi uang elektronik Virgo. Dengan aplikasi Virgo, kamu bisa mengumpulkan kembalian belanja di Alfamart, Alfamidi, DAN+DAN, atau Lawson untuk di-top up menjadi saldo Virgo. Maksimal Rp99.999 per transaksi.
Jika sudah terkumpul, saldo Virgo bisa kamu belanjakan untuk berbagai kebutuhan. Kamu bisa belanja berbagai produk digital langsung dari aplikasi Virgo. Kamu juga bisa belanja di merchant partner dengan menghubungkan saldo Virgo-mu. Selain itu, sekarang aplikasi Virgo sudah mendukung pembayaran QRIS, jadi belanja di berbagai merchant yang menyediakan metode pembayaran dengan QRIS lebih mudah. Ayo download sekarang aplikasi Virgo melalui Google Play Store atau App Store!

Leave a Reply