a man and a woman sitting in front of a mixing desk
|

Cara Mencairkan Jaminan Pensiun

Apakah orang tua Teman Virgo sudah memasuki masa pensiun? Masa pensiun seorang karyawan biasanya dimulai ketika usianya mencapai 56 tahun. Ketika masa pensiun tiba, bagi karyawan yang punya BPJS jaminan pensiun, mereka berhak mencairkan dana jaminan pensiunnya.

Jika belum tahu apa itu jaminan pensiun dan bagaimana cara pencairannya, simak penjelasan lengkapnya di sini! 

Pengertian Jaminan Pensiun

Jaminan Pensiun BPJS adalah program perlindungan yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan keluarganya saat kehilangan atau berkurang penghasilannya karena memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia. 

Perbedaan Jaminan Pensiun (JP) dengan Jaminan Hari Tua (JHT)

Sekilas, Jaminan Pensiun (JP) dengan Jaminan Hari Tua (JHT) nampak sama. Namun, ternyata ada beberapa perbedaan yang banyak orang tidak tahu, mungkin termasuk Teman Virgo. Mudahnya, perbedaan keduanya bisa disimak pada tabel di bawah ini:

Jaminan Pensiun (JP)Jaminan Hari Tua (JHT)
Manfaat jaminan pensiun diberikan secara berkala  tiap bulannya  atau sekaligus ketika:Memasuki usia pensiunMeninggal duniaMengalami cacat total permanenManfaat JHT diberikan sekaligus secara tunai ketika:Memasuki usia pensiunMengalami cacat total permanenBerhenti bekerja dan waktu kepesertaan JHT telah berjalan 5 tahunMeninggal dunia
Iuran jaminan pensiun:2% ditanggung perusahaan1% ditanggung karyawanIuran JHT:3,7% ditanggung perusahaan2% ditanggung karyawan

Syarat Pencairan Dana Jaminan Pensiun

Untuk mencairkan dana jaminan pensiun pastikan peserta memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Peserta memasuki usia pensiun (minimal 56 tahun) dan sudah berhenti bekerja.
  2. Peserta mengalami cacat total tetap dan tidak dapat bekerja.
  3. Peserta meninggal dunia sebelum memasuki masa pensiun.

Untuk dapat mencairkan dana jaminan pensiun, peserta perlu menyiapkan beberapa dokumen berikut. 

  1. Formulir Pembayaran Jaminan Pensiun (F7) BPJS yang sudah diisi lengkap
  2. Kartu peserta program JP BP JAMSOSTEK
  3. KTP peserta asli
  4. Kartu Keluarga
  5. Rekening tabungan atas nama peserta

Cara mencairkan dana pensiun adalah mendatangi kantor BPJS di wilayah masing-masing. Siapkan dokumen persyaratan, lalu isi semua dokumen atau formulir yang diinstruksikan oleh petugas.

Saldo Virgo Juga Bisa Dicairkan untuk Kebutuhan Sehari-hari

Salah satu manfaat dari jaminan pensiun adalah agar kondisi keuangan tetap stabil dan tetap bisa memenuhi kebutuhan keluarganya, meskipun sudah tidak lagi bekerja.

Nah, walaupun Teman Virgo belum memasuki usia pensiun, bukan artinya keuangan tidak perlu stabil ya! Teman Virgo tetap perlu menjaga keuangan dengan baik, salah satunya dengan memanfaatkan fitur “Keuanganku” dari Virgo. Fitur ini dapat memudahkan kamu untuk melihat uang masuk dan keluar sehingga bisa bantu untuk mengontrol pengeluaran yang dirasa tidak perlu.

Tak hanya itu, salah satu fitur utama Virgo adalah top up kembalian! Fitur ini membantu Teman Virgo untuk mengumpulkan uang kembalian belanja dari Alfamart, Alfamidi, Dan+Dan, dan Lawson. Tidak terasa uang kembalian yang disimpan di Virgo jumlahnya semakin banyak.

Nah, saldo Virgo yang sudah terkumpul banyak inilah yang bisa Teman Virgo anggap sebagai jaminan untuk kebutuhan sehari-hari. Saat sedang perlu, seperti untuk membayar tagihan listrik, Teman Virgo dapat menggunakan saldo Virgo ini.

Ada berbagai cara juga untuk mencairkan saldo Virgo tersebut untuk hal yang berguna loh! Mulai dari beli pulsa atau paket data hingga membayarkan belanjaan di Alfagift. Selain itu, saldo Virgo-mu ditransfer ke sesama pengguna Virgo ataupun rekening bank milikmu agar selanjutnya bisa ditarik dalam bentuk uang. Pastikan juga akun Virgomu sudah terverifikasi ya untuk menikmati fitur transfer ini.

Jadi tunggu apa lagi? Segera download Virgo di App Store atau Google Play Store ya!

Leave a Reply