Image by tirachardz on Freepik
|

Teman Virgo Sudah Tahu Kepanjangan QRIS?

Pembayaran cashless yang semakin besar peminatnya, pasti membuat teman Virgo jadi lebih tertarik belanja di suatu tempat yang pembayarannya bisa menggunakan QRIS. Benar nggak sih? Alasan utamanya biasanya adalah karena pembayaran cashless dengan QRIS sangat mudah dan cepat daripada pembayaran dengan uang tunai.

Peningkatan minat pembayaran cashless ini juga makin tinggi karena selama 2 tahun Indonesia dilanda pandemi covid-19. Hal itu membuat masyarakat khawatir jika harus bertukar uang secara fisik. Di tahun 2020 pengguna QRIS sebanyak kurang lebih 3 juta merchant dan jumlahnya terus meningkat hingga saat ini.

Kepanjangan QRIS

Sekarang bayar apapun bisa pakai QRIS dan dipakai bayar belanja di toko, makan di cafe/restoran, kirim uang donasi, sedekah di rumah ibadah seperti masjid, gereja, vihara sekarang pun bisa pakai QRIS dan lainnya. Sistem pembayaran lebih terpercaya dan aman menggunakan QRIS. Tapi, tahukah teman Virgo apa kepanjangan QRIS?

Kepanjangan QRIS (dibaca Kris) atau Quick Response Code Indonesia Standard adalah upaya pemerintah untuk menstandarisasi semua perusahaan yang memanfaatkan teknologi finansial. QRIS menyatukan berbagai macam QR code dari beragam PJP (Penyedia Jasa Pembayaran). Tiap PJP berbasis QR code baik merchant lokal maupun asing harus menggunakan QRIS.

QRIS ini pertama kali disusun oleh BI (Bank Indonesia) dan ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia) sebagai layanan pembayaran nontunai yang efektif dan efisien. Sistem pembayaran nontunai (cashless) ini pertama kali diaplikasikan pada 17 Agustus 2019 dan BI mengharuskan semua merchant menggunakan sistem pembayaran cashless ini sejak Januari 2020. 

Tujuan pengimplementasian QRIS ini adalah untuk mempercepat proses transaksi yang cuma butuh satu QR code saja. Jika sebelumnya merchant harus menyediakan beberapa pilihan QR code dan teman Virgo perlu menyesuaikannya, sekarang dengan adanya QRIS, teman Virgo sudah bisa menggunakan berbagai jenis pembayaran hanya dengan satu QR code. Simple, kan!

Baca juga: Manfaatkan Kembalian Belanja Alfamart dengan Virgo

Karakter dan Batas Transaksi QRIS

QRIS memiliki slogan yaitu satu QRIS untuk semua pembayaran. QRIS memiliki karakter UNGGUL:

  • UNiversal

QRIS menerima pembayaran aplikasi pembayaran apapun yang menggunakan QR code, jadi teman Virgo tidak perlu memiliki berbagai macam aplikasi pembayaran lagi.

Virgo
  • GampanG

Masyarakat: mudah, tinggal scan barcode dan klik bayar deh.

Merchant: gampang, tidak perlu memajang banyak QR code counter kasir, cukup satu QRIS yang dapat di scan pakai aplikasi pembayaran QR apapun.

  • Untung

Masyarakat: bisa pakai akun pembayaran QR apapun untuk membayar.

Merchant: cukup punya minimal 1 akun untuk menerima semua pembayaran QR code.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

  • Langsung

Pembayaran dengan QRIS langsung diproses seketika. Pengguna dan merchant langsung menerima notifikasi transaksi.​​​ Riwayat jual beli pun langsung tercatat otomatis di aplikasi.

Bayar menggunakan QRIS juga ada batasan transaksinya. Batas transaksi dengan QRIS mencapai Rp2.000.000. Tapi ada batasan kumulatif harian dan/atau bulanan yang dilakukan user tergantung ketetapan dari PJP (Penyedia Jasa Pembayaran). Batas kumulatif ini dibuat berdasarkan manajemen risiko finansial tiap user.

virgo

Belanja Cepat dan Mudah Pakai QRIS di Virgo

Sebagai konsumen, sekarang teman Virgo bisa pakai QRIS di aplikasi uang elektronik Virgo untuk melakukan pembayaran belanja biar lebih cepat dan mudah. QRIS di Virgo bisa buat bayar apapun dan di mana saja termasuk belanja di Alfamart, Alfamidi, dan Dan+Dan. Teman Virgo pasti tahu kalau pakai aplikasi Virgo bisa kumpulin kembalian uang belanja untuk di top up ke saldo Virgo.

Teman Virgo bisa top up saldo Virgo pakai kembalian belanja di Alfamart hingga Rp99.999 dalam sekali transaksi. Selain itu, teman Virgo juga bisa top up saldo Virgo dari uang kembalian belanja di Alfamidi dan Dan+Dan hingga Rp1.999 per transaksinya. Kalau saldo Virgo sudah kekumpul banyak, bisa digunakan kembali untuk beli pulsa, beli paket data, beli token listrik, bayar tagihan listrik, atau transfer uang ke sesama pengguna Virgo ataupun rekening bank lain.

Gimana? Sekarang sudah makin tahu tentang QRIS dan Virgo kan? Yuk, pakai terus Virgo untuk kumpulin kembalian belanja di Alfamart, Alfamidi, atau Dan+Dan dan gunain lagi saldonya untuk bertransaksi menggunakan QRIS! Segera download dan daftar Virgo jika kamu belum melakukannya, ya! Ajak juga saudara dan teman yang lainnya!

Leave a Reply