Syarat dan Ketentuan

Mohon dibaca sampai selesai sebelum Anda menyetujui Syarat dan Ketentuan Virgo.

Layanan Virgo adalah layanan yang menyediakan layanan uang elektronik, transfer dana dan layanan-layanan yang terkait dengannya, yang diterbitkan oleh PT Capital Net Indonesia (“Virgo” atau “Kami”). Dengan mengakses atau menggunakan layanan Virgo (termasuk penggunaan Virgo pada aplikasi Virgo atau platform lain yang merupakan mitra Virgo yang bekerja sama dengan Virgo), anda (“Anda” atau “Pengguna”) mengakui dan menyetujui bahwa Anda telah membaca, memahami, serta menyetujui untuk mematuhi seluruh Syarat dan Ketentuan yang berlaku. Syarat dan Ketentuan ini merupakan perjanjian dalam bentuk elektronik antara Anda dengan Kami. Berikut adalah penjabaran mengenai Syarat dan Ketentuan layanan Virgo:


  1. Registrasi Akun
    1. Akun Virgo hanya diperuntukkan untuk orang-perorangan.
    2. Untuk menggunakan layanan Virgo, Anda harus melakukan registrasi Akun Virgo (“Akun Virgo”). Proses registrasi Akun Virgo antara lain dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi Virgo melalui platform distribusi aplikasi resmi yang sesuai dengan operating system pada ponsel pintar Anda.
    3. Dalam proses registrasi Akun Virgo, Anda wajib melakukan aktivasi Akun Virgo dengan mengisi informasi dan data yang disyaratkan dan memastikan bahwa nomor ponsel yang didaftarkan adalah nomor yang aktif.
    4. Mohon diperhatikan bahwa Anda tidak dapat menggunakan penyebutan suatu badan usaha atau organisasi atau entitas lainnya dalam pembuatan username Akun Virgo, seperti: PT, CV, Firma, UD, dan sebutan lainnya.
    5. Kode Sandi Sekali Pakai (“One Time Password/Kode OTP”) akan dikirimkan ke nomor ponsel terdaftar melalui Layanan Pesan Singkat (“Short Message Service/SMS”).
    6. Anda akan terdaftar sebagai pengguna yang sah apabila seluruh data dan informasi yang disyaratkan sudah akurat dan benar sesuai dengan ketentuan yang Kami tetapkan serta ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
    7. Kami berhak untuk menolak pengajuan pendaftaran Anda dengan atau tanpa memberitahukan alasannya dalam hal tidak sesuai dengan ketentuan yang Kami tetapkan serta ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
    8. Anda diwajibkan secara mandiri untuk membuat kata sandi Akun Virgo (“Passcode”) yang terdiri dari 6 (enam) digit angka yang tidak berulang dan tidak sekuensial.

  2. Jenis Akun Virgo
    1. Unregistered Account (“Unverified Account”)

      Unverified Account merupakan Akun Virgo unregistered sebagaimana diatur dalam Peraturan Bank Indonesia. Layanan yang ditawarkan adalah saldo maksimum sebesar Rp2.000.000 (dua juta Rupiah) dengan batas maksimum transaksi yang bersifat penerimaan (incoming) dalam 1 (satu) bulan sebesar Rp20.000.000 (dua puluh juta Rupiah). Pengguna dapat menikmati fitur terbatas yang disediakan oleh Virgo. Untuk dapat menikmati seluruh fitur layanan yang disediakan oleh Virgo, seperti melakukan transfer, Pengguna harus melakukan upgrade Akun Virgo dari Unverified menjadi Verified.

    2. Registered Account (“Verified Account”)

      Verified Account merupakan akun Virgo registered sebagaimana diatur dalam Peraturan Bank Indonesia. Layanan yang ditawarkan adalah saldo maksimum sebesar Rp20.000.000 (dua puluh juta Rupiah) dengan batas maksimum transaksi yang bersifat penerimaan (incoming) dalam 1 (satu) bulan sebesar Rp40.000.000 (empat puluh juta Rupiah). Pengguna dapat menikmati seluruh fitur yang disediakan oleh Virgo, termasuk fitur transfer dana.


  3. Upgrade Akun Virgo
    1. Proses upgrade Akun Virgo dilakukan dengan menggunakan prosedur KYC (Know Your Customer).
    2. Pengguna diwajibkan untuk mengunggah dokumen foto kartu identitas yaitu Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang masih berlaku. Satu kartu identitas hanya berlaku untuk satu Akun Virgo.
    3. Pengguna diwajibkan untuk melakukan dan mengunggah swafoto (selfie) dengan kartu identitas melalui media yang telah disediakan oleh Virgo.
    4. Pengguna diwajibkan untuk memastikan semua dokumen yang diunggah dapat terlihat dengan jelas.
    5. Kami akan melakukan verifikasi atas informasi dan dokumen yang Anda sampaikan dan menentukan apakah Anda telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Verified Account Virgo.
    6. Anda menyetujui jika seluruh informasi dan dokumen yang Anda sampaikan kepada Kami dapat Kami teruskan ke pihak ketiga sehubungan dengan proses upgrade Akun Virgo Anda.
    7. Persetujuan atau penolakan atas permohonan upgrade Akun Virgo Anda merupakan hak dan kewenangan Kami sepenuhnya. Kami dapat menolak permohonan Anda atau sewaktu-waktu, menarik persetujuan atas permohonan upgrade Akun Virgo dan mengembalikan status Akun Virgo Anda menjadi Unverified Account, dengan atau tanpa memberitahukan alasannya, apabila terdapat keraguan atas kebenaran dan/atau keaslian atas informasi dan/atau dokumen yang Anda sampaikan, tidak sesuai dengan ketentuan yang Kami tetapkan serta ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

  4. Penutupan Akun Virgo
    1. Penutupan Akun Virgo dapat terjadi apabila:
      1. Kami mendapat permintaan dari Anda selaku pemilik Akun Virgo dan/atau ahli waris sah Anda untuk menutup Akun Virgo Anda dengan ketentuan Anda atau ahli waris Anda telah menyelesaikan segala kewajiban kepada Kami.
      2. Akun atau transaksi dalam Akun Virgo Anda dinyatakan fraud atau terindikasi sebagai sarana atau digunakan untuk tindak pidana, berdasarkan surat dan/atau putusan pengadilan dan/atau permintaan penutupan dari otoritas, instansi pemerintahan atau kepolisian terkait yang mengikat secara hukum.
    2. Dalam hal penutupan Akun Virgo Anda terjadi sebagaimana diatur dalam 4. a. 1), Anda wajib mengosongkan saldo Akun Virgo Anda terlebih dahulu atau menghubungi Call Center melalui nomor 021-72-888-777 jika terdapat pertanyaan.
    3. Kami berhak untuk mengurangi biaya-biaya atau kewajiban Anda yang masih terutang, termasuk namun tidak terbatas pada pembayaran Akun Virgo dalam jumlah yang akan ditentukan oleh Kami dari waktu ke waktu dalam hal terjadi penutupan Akun Virgo.
    4. Anda dengan ini memberikan kuasa, hak dan wewenang penuh yang tidak dapat ditarik kembali dan tanpa syarat kepada Kami dengan hak substitusi, untuk sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda dan tanpa persetujuan Anda terlebih dahulu melakukan pemotongan dan/atau melakukan penahanan atas bagian tertentu dari saldo Virgo Anda sehubungan dengan proses penutupan Akun Virgo Anda.
    5. Untuk melakukan penutupan Akun Virgo, Pengguna dapat mengakses langsung menu penutupan akun di aplikasi Virgo atau menghubungi Call Center melalui nomor 021-72-888-777 atau Customer Service melalui email Virgo cs@virgoku.id untuk informasi lebih lanjut.

  5. Pemblokiran Akun Virgo
    1. Kami memiliki kewenangan untuk melakukan pemblokiran Akun Virgo baik secara sementara ataupun permanen terhadap Akun Virgo Anda, termasuk semua fitur dan layanan Virgo. Pemblokiran Akun dapat terjadi apabila:
      1. Pengguna salah memasukkan Passcode ke aplikasi Virgo sesuai dengan batasan maksimal yang Kami berlakukan.
      2. Pengguna salah memasukkan OTP ke aplikasi Virgo sesuai dengan batasan maksimal yang Kami berlakukan.
      3. Pengguna atas Verified Account salah memasukkan nomor induk kependudukan yang tertera di dalam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (“e-KTP“) ketika proses lupa Passcode.
      4. Kami mendapat permintaan dari Anda selaku pemilik Akun untuk memblokir Akun Virgo Anda.
      5. Permintaan dari otoritas negara atau otoritas penegak hukum yang berwenang.
      6. Jika terjadi hal-hal yang merugikan Anda, Kami, atau pihak ketiga lainnya, termasuk tindakan penipuan, tindakan curang atau tindakan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah Kami tetapkan.
      7. Laporan Anda bahwa telepon seluler Anda telah dicuri atau hilang atau diretas.
      8. Sistem Kami membaca bahwa terdapat indikasi transaksi yang mencurigakan.
      9. Berdasarkan hasil investigasi Kami, Akun Virgo Pengguna terindikasi melakukan fraud atau terindikasi sebagai sarana atau digunakan untuk tindak pidana sampai dengan dikeluarkannya putusan pengadilan terkait yang mengikat secara hukum.
    2. Untuk melakukan pemblokiran Akun Virgo, Pengguna dapat menghubungi Call Center melalui nomor 021-72-888-777 atau Customer Service melalui email Virgo cs@virgoku.id untuk informasi lebih lanjut.
    3. Anda dapat mengajukan buka blokir apabila Anda memiliki bukti pendukung yang kuat yang dapat menunjukkan bahwa tindakan mencurigakan dan/atau merugikan tidak terjadi, yaitu dengan menyampaikannya kepada Call Center melalui nomor 021-72-888-777 atau Customer Service melalui email Virgo cs@virgoku.id. Kami akan melakukan analisa atas bukti pendukung yang diberikan untuk menentukan apakah buka blokir dapat dilakukan atau tidak.

  6. Penggunaan Virgo
    1. Saldo Virgo yang tersimpan tidak akan memperoleh bunga.
    2. Transaksi dengan Virgo hanya dapat dilakukan apabila saldo Virgo Anda mencukupi. Pengguna Virgo dapat melakukan berbagai transaksi di antaranya sebagai berikut:
      1. Mengecek Saldo Virgo
        Saldo Virgo dapat dilihat di aplikasi Virgo.
      2. Pembayaran tagihan-tagihan
        Pembayaran tagihan pasca bayar.
      3. Pembelian atau isi ulang
        Pembelian atau isi ulang dapat menggunakan aplikasi Virgo dengan nominal yang tersedia sesuai petunjuk yang terdapat di aplikasi Virgo, seperti isi ulang pulsa atau data.
      4. Berbelanja di Merchant Virgo
        Pembayaran atas pembelian barang/jasa di merchant Virgo atau melakukan transaksi pembelanjaan di aplikasi milik merchant Virgo yang telah terhubung dengan layanan Virgo.
      5. Melihat riwayat transaksi keuangan
        Pengguna dapat melihat riwayat transaksi keuangan yang dipakai untuk menggunakan layanan Virgo sesuai dengan batasan yang Kami berlakukan.
    3. Pengisian saldo Virgo dapat dilakukan melalui kanal dan/atau mitra resmi yang telah Kami sediakan termasuk agen Bank. Pengguna dapat melakukan pengisian saldo sesuai dengan instruksi yang Kami sediakan di aplikasi Virgo. Setiap kendala dan/atau kerugian yang timbul terkait dengan proses pengisian ulang saldo karena kegagalan sistem mitra resmi, bukan merupakan tanggung jawab Kami.
    4. Kami berhak mengenakan biaya penggunaan seluruh layanan di aplikasi Virgo, biaya layanan ini tidak terbatas pada biaya transaksi, SMS, pengisian ulang (top-up), transfer dana, dan pembayaran yang dilakukan di mitra resmi Kami sebagaimana yang telah ditentukan. Jumlah pengenaan biaya layanan akan diinformasikan dari waktu ke waktu melalui media komunikasi, website, dan/atau media lain yang Kami tentukan.
    5. Pengguna mengetahui bahwa terdapat kemungkinan terjadi kondisi seperti: (i) terganggunya kestabilan sistem sehingga mengakibatkan sistem terhenti, tidak berjalan dengan baik, memiliki beberapa bug; dan (ii) layanan fitur berubah. Dalam hal ini, Anda setuju untuk tidak mengajukan klaim terkait dengan terjadinya hal tersebut kepada Kami.
    6. Kami berhak untuk menolak transaksi jika sewaktu-waktu sistem keamanan Kami menganggap bahwa transaksi yang dilakukan tidak wajar.
    7. Kami berhak untuk melakukan koreksi atas saldo Virgo (mendebit atau mengkredit) dan/atau transaksi pada Akun Virgo Anda apabila berdasarkan bukti dan/atau dasar yang kuat terdapat kesalahan dalam transaksi, sistem, jaringan, maupun kesalahan dalam bentuk lain. Anda dengan ini memberikan kuasa, hak dan wewenang penuh yang tidak dapat ditarik kembali dan tanpa syarat kepada Kami untuk melakukan koreksi sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda dan tanpa persetujuan Anda terlebih dahulu untuk melakukan koreksi.
    8. Pengguna dengan ini wajib melakukan pengecekan dan memastikan segala informasi data yang di input pada saat melakukan transaksi adalah benar. Oleh karenanya, Pengguna membebaskan dan melepaskan Kami dari segala tuntutan, gugatan dan/atau ganti kerugian dari Pengguna maupun pihak mana pun dan dalam bentuk apa pun sehubungan dengan kelalaian Pengguna memenuhi ketentuan ayat ini.
    9. Apabila transaksi telah selesai dan/atau berhasil, Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui bahwa transaksi TIDAK DAPAT dibatalkan dengan alasan apa pun dan transaksi akan tetap diproses sesuai dengan informasi data yang telah di input oleh Pengguna.
    10. Pengguna setuju bahwa setiap perintah transaksi yang dibuat melalui Akun Virgo Pengguna akan dianggap telah diotorisasi oleh Pengguna (baik dengan Kode OTP, Passcode dan/atau biometric recognition) dan oleh karenanya merupakan perintah transaksi yang valid dari Pengguna. Segala tuntutan, gugatan dan/atau kerugian dari Pengguna maupun pihak mana pun bukan menjadi tanggung jawab Kami.
    11. Pengguna memahami bahwa Kami merupakan penyedia jasa pembayaran. Kami tidak memiliki tanggung jawab atas barang dan/atau jasa yang dibayar dengan layanan Kami. Setiap keluhan dan/atau klaim terkait barang dan/atau jasa yang disediakan oleh mitra Kami wajib Pengguna sampaikan kepada pihak tersebut.
    12. Klaim pengembalian uang dapat disampaikan langsung kepada mitra Kami sesuai dengan kebijakan yang berlaku pada mitra tersebut atau Anda dapat menghubungi Call Center melalui nomor 021-72-888-777 atau Customer Service melalui email cs@virgoku.id.
    13. Penggunaan layanan aplikasi Virgo menggunakan fasilitas layanan data, oleh karenanya Pengguna akan dikenakan tarif akses data yang difasilitasi, biaya dan ketentuan penggunaannya diatur oleh operator seluler yang digunakan Pengguna.
    14. Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui penggunaan layanan Virgo, tunduk pada (i) Syarat dan Ketentuan Virgo, (ii) syarat dan ketentuan yang diatur oleh mitra atau pihak ketiga yang bekerja sama dengan Kami, (iii) syarat dan ketentuan khusus yang berlaku untuk masing-masing fitur layanan yang disediakan oleh Virgo, (iv) syarat dan ketentuan khusus terkait promo, dan (v) ketentuan peraturan terkait yang berlaku di Indonesia.

  7. Penautan Akun Virgo
    1. Pengguna dapat melakukan penautan Akun Virgo dengan aplikasi atau platform milik mitra/pihak ketiga lainnya yang bekerja sama dengan Virgo dengan antara lain memilih pilihan penautan atau pilihan lain sebagaimana ditentukan oleh aplikasi atau platform mitra/pihak ketiga tersebut.
    2. Pengguna dapat menghentikan penautan setiap saat dengan melakukan pengakhiran penautan akun atau pilihan pengakhiran lain sebagaimana ditentukan oleh aplikasi atau platform mitra/pihak ketiga tersebut.
    3. Dengan melakukan penautan, Anda dapat menggunakan fitur-fitur atau layanan-layanan Virgo pada aplikasi atau platform milik mitra/pihak ketiga lainnya yang bekerja sama dengan Virgo tanpa membuka aplikasi Virgo, seperti melihat saldo Virgo dan melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan Virgo. Perlu diketahui, fitur-fitur atau layanan-layanan tersebut dapat berbeda antara mitra yang satu dengan lainnya sesuai dengan kerja sama antara Virgo dengan mitra atau pihak ketiga tersebut.
    4. Pengguna mengerti dan memahami untuk tunduk pada syarat dan ketentuan yang lebih khusus yang diatur oleh mitra/pihak ketiga tersebut dan/atau syarat dan ketentuan khusus yang ditetapkan lebih lanjut oleh Kami pada aplikasi atau platform milik mitra/pihak ketiga tersebut (sebagaimana relevan). Kami tidak bertanggung jawab atas kelalaian/kesalahan Pengguna yang melakukan transaksi di aplikasi atau platform milik mitra/pihak ketiga tersebut.

  8. Batasan Tanggung Jawab Kami
    1. Uang elektronik bukan merupakan simpanan sebagaimana diatur dalam peraturan perundangan-undangan yang berlaku, khususnya di bidang perbankan, sehingga tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan.
    2. Untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan data Pengguna, Pengguna wajib mengingat dan menjaga kerahasian informasi data Pengguna yang dimilikinya (antara lain tidak terbatas pada nomor ponsel yang digunakan, Kode OTP, Passcode, serta data lainnya yang diberikan oleh Pengguna/diterima oleh Pengguna terkait untuk pelaksanaan registrasi atau transaksi) maupun segala aktivitas lainnya yang dilakukan oleh Pengguna dan tidak memberitahukannya kepada pihak mana pun. KAMI TIDAK AKAN PERNAH MEMINTA PENGGUNA MEMBERITAHUKAN KODE OTP DAN/ATAU PASSCODE KEPADA KAMI. Kelalaian Pengguna dalam memenuhi ketentuan ini menjadi risiko dan tanggung jawab Pengguna sepenuhnya dan Pengguna membebaskan Kami dari tanggung jawab apa pun.
    3. Kami tidak bertanggung jawab atas hal-hal berikut:
      1. Segala kerugian sebagai akibat dari penggunaan Virgo yang terindikasi melanggar hukum dan/atau penyalahgunaan oleh pihak yang tidak berwenang.
      2. Segala kerugian dan/atau kerusakan karena terjadinya Keadaan Kahar (Force Majeure) seperti yang tertera pada ketentuan Keadaan Kahar (Force Majeure).
    4. Apabila pengguna mengalami kerusakan atau kehilangan ponsel/smartphone/perangkat telekomunikasi, maupun nomor ponsel yang didaftarkan untuk Virgo, baik karena dicuri, hilang, atau sebab apa pun, pengguna wajib menghubungi Call Center melalui nomor 021-72-888-777 atau Customer Service melalui email Virgo cs@virgoku.id untuk segera melakukan pemblokiran Akun Virgo. Segala transaksi yang terjadi sebelum laporan kerusakan atau kehilangan secara sah diterima Kami, sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna. Pengguna dengan ini membebaskan dan melepaskan Kami dari segala risiko dan akibat yang dialami oleh Pengguna sehubungan dengan kehilangan nomor ponsel maupun kelalaian Pengguna dalam memenuhi ketentuan ayat ini dan karenanya hal tersebut menjadi risiko dan tanggung jawab sepenuhnya Pengguna.
    5. Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui layanan Virgo merupakan milik Kami, PT Capital Net Indonesia, sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku di Indonesia, dan penggunaan layanan Virgo (termasuk penggunaan melalui aplikasi Virgo) ini tidak dapat dianggap sebagai pengalihan hak kepemilikan kepada Pengguna.
    6. Segala kerugian, biaya, atau tuntutan yang timbul yang diakibatkan oleh kelalaian, kecerobohan atau pelanggaran Pengguna bukan menjadi tanggung jawab Kami.
    7. Segala kerugian, biaya, atau tuntutan yang timbul yang diakibatkan oleh kelalaian, kecerobohan atau pelanggaran yang disebabkan oleh mitra/pihak ketiga yang bekerja sama dengan Kami bukan menjadi tanggung jawab Kami.
    8. Kami hanya bertanggung jawab atas kerugian yang Anda alami secara langsung yang senyatanya dibayar, yaitu yang dapat dibuktikan terjadi akibat kesalahan Kami atau pelanggaran Kami atas Syarat dan Ketentuan ini. Jumlah maksimum yang dapat Kami tanggung dalam kondisi apa pun maksimum senilai Rp 10.000.000 (sepuluh juta Rupiah).

  9. Kewajiban Pengguna
    Sebagai tambahan dari kewajiban Anda yang diatur dalam bagian lain dari Syarat dan Ketentuan ini, Anda memiliki kewajiban sebagai berikut:
    1. Pengguna wajib menggunakan data diri dan nomor ponsel yang valid saat melakukan registrasi Akun Virgo. Pengguna bertanggung jawab secara penuh apabila muncul klaim yang berasal dari data diri ataupun nomor ponsel yang didaftarkan oleh Pengguna, sehingga Akun Virgo dikuasai pihak lain dan menjadi tidak aktif atau diblokir berdasarkan kebijakan perusahaan telekomunikasi.
    2. Pengguna memiliki tanggung jawab terhadap kepemilikan ponsel atau perangkat lainnya yang Pengguna gunakan untuk mengakses layanan Virgo.
    3. Pengguna wajib menjaga nomor ponsel dari antara lain kehilangan/kerusakan dan Pengguna wajib mencegah agar nomor ponsel miliknya tidak disalahgunakan oleh pihak lain/dipalsukan.
    4. Pengguna wajib menjaga dan menyediakan memori penyimpanan yang cukup untuk mencegah setiap kegagalan atau gangguan atas setiap proses layanan Virgo yang disebabkan oleh kegagalan fungsi ponsel Pengguna.
    5. Pengguna memiliki kewajiban untuk selalu berhati-hati saat melakukan transaksi dengan menggunakan seluruh layanan fitur Virgo termasuk namun tidak terbatas pada transaksi pembayaran tagihan, transfer dana, dan transaksi lainnya.
    6. Pengguna dilarang untuk melakukan tindakan yang dapat mengganggu atau merusak reputasi Kami melalui aplikasi Virgo.
    7. Segala kerugian, biaya, atau tuntutan yang timbul yang diakibatkan oleh kelalaian, kecerobohan atau pelanggaran Pengguna bukan menjadi tanggung jawab Kami.

  10. Pernyataan dan Jaminan
    1. Anda merupakan individu yang sah secara hukum untuk memiliki e-KTP berdasarkan hukum Republik Indonesia. Apabila Anda ternyata tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah memperoleh persetujuan dari orang tua/wali yang sah untuk melakukan pendaftaran dan/atau menggunakan Virgo. Segala risiko dan kerugian yang timbul akibat tidak dipenuhinya persyaratan ini menjadi risiko Anda dan Anda tidak berhak untuk membatalkan atau mengesampingkan persetujuan yang telah Anda berikan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini atau kewajiban yang mungkin timbul atas penggunaan Virgo yang telah Anda lakukan.
    2. Anda menyatakan dan menjamin bahwa (i) dana yang terdapat di aplikasi Virgo dan dana yang digunakan dalam rangka layanan transaksi bukanlah dana yang berasal dari tindak pidana atau dari aktivitas yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, (ii) aplikasi Virgo tidak digunakan untuk tujuan kriminal, penipuan, pelanggaran hukum atau aktivitas lain yang bertentangan dengan hukum, Syarat dan Ketentuan, dan dapat merugikan pihak mana pun, (iii) pembukaan Akun Virgo ini tidak dimaksudkan dan/atau ditujukan dalam rangka upaya untuk melakukan tindak pidana pencucian uang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, (iv) transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia. Anda sepenuhnya bertanggung jawab serta melepaskan Virgo dari tuntutan, klaim, atau ganti rugi dalam bentuk apa pun apabila Anda dinyatakan melakukan tindakan pidana pencucian uang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
    3. Anda menyatakan dan menjamin kebenaran dan keakuratan data dan informasi yang Anda berikan atau sampaikan kepada Kami.
    4. Anda menyatakan dan menjamin bahwa informasi data diri yang Anda gunakan untuk melakukan proses registrasi merupakan data Anda sendiri yang benar, akurat, dan tidak melanggar hak (termasuk namun tidak tidak terbatas pada Hak Kekayaan Intelektual) atau kepentingan mana pun.
    5. Anda tidak akan memberikan hak, wewenang, dan/atau kuasa untuk menggunakan data, Kode OTP, Passcode, akun Virgo Anda dalam kondisi apa pun dan karena alasan apa pun kepada pihak lain.
    6. Anda menyatakan dan menjamin akan memperbaharui dan memberitahukan kepada Kami apabila ada perubahan data terkait dengan Anda yang telah didaftarkan dan/atau disampaikan kepada Kami.
    7. Dengan menggunakan layanan Virgo maka Anda telah memahami dan menerima seluruh instruksi dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Kami.

  11. Perlindungan dan Keamanan Informasi Pribadi

    Kami sangat mengutamakan keamanan dan kenyamanan Anda dalam menggunakan layanan Virgo. Dengan mengakses atau menggunakan layanan Virgo (termasuk penggunaan Virgo pada aplikasi Virgo atau platform lain yang merupakan mitra Virgo yang bekerja sama dengan Virgo), maka Anda telah setuju bahwa pengumpulan, pemanfaatan, dan penggunaan data yang Anda sampaikan kepada Kami telah tunduk kepada Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi yang telah Kami tetapkan dan merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan.


  12. Perangkat Pengguna dilarang untuk:
    1. menggunakan perangkat yang tidak resmi, yang telah dimodifikasi dan/atau tidak sesuai dengan peruntukan dan fungsi sistem operasi aslinya, termasuk namun tidak terbatas pada perangkat yang telah di rooting atau jail-broken;
    2. menggunakan software/hardware yang tidak resmi untuk dapat menampilkan, mendapatkan kontrol, meniru, memanipulasi dan/atau memindahkan aplikasi Virgo ke perangkat lain yang tidak resmi, mengumpulkan dan/atau mencuri data Virgo dan Pengguna, melakukan aktivitas crawling/scraping, dan/atau aktivitas lainnya yang dapat merugikan Virgo dan/atau Pengguna dan/atau bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan emulator dan software/hardware sejenis; dan
    3. mengunduh aplikasi Virgo selain dari Google Play Store.

    Kami berhak untuk memblokir Akun Virgo dan/atau perangkat yang Anda gunakan atas pelanggaran ketentuan ini dan tidak bertanggung jawab atas pelanggaran, penyalahgunaan, kerusakan dan/atau kerugian yang ditimbulkan. Selain itu, Kami berhak untuk mengajukan tuntutan, gugatan dan/atau meminta ganti kerugian kepada Anda sehubungan dengan pelanggaran atas ketentuan ini.


  13. Hak Kekayaan Intelektual
    1. Aplikasi Virgo termasuk nama, logo, kode, merek, desain, tampilan aplikasi, teknologi, dan model bisnis sepenuhnya dilindungi oleh hak cipta, merek dan hak kekayaan intelektual lainnya berdasarkan peraturan yang berlaku di Republik Indonesia. Kami (dan pihak yang memperoleh lisensi dari Kami, jika berlaku) memiliki seluruh hak dan kepentingan atas Virgo, termasuk seluruh hak kekayaan intelektual yang berhubungan dengannya. Syarat dan Ketentuan ini tidak dan dengan cara apa pun tidak akan dianggap sebagai pemberian izin kepada Anda untuk menggunakan setiap hak kekayaan intelektual Kami sebagaimana disebutkan di atas.
    2. Anda tidak diperkenankan untuk:
      1. menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, memberikan lisensi, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum, membuat ulang, mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian mana pun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi sistem aplikasi Virgo (termasuk seluruh fitur Virgo dan sistem pendukung di dalamnya);
      2. menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apa pun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi yang Kami miliki lainnya tanpa memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari Kami;
      3. menghapus setiap hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam Virgo, merekayasa ulang atau mengakses perangkat lunak Kami untuk:
        1. membangun produk atau layanan tandingan;
        2. membangun produk dengan menggunakan ide, fitur, fungsi, atau grafis yang sejenis; dan/atau
        3. menyalin ide, fitur, fungsi atau grafis.
      4. meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada web crawlers, web robots, web indexers, bots, virus, worm, atau aplikasi lain yang sejenis dan segala program apa pun yang memungkinkan untuk membuat beberapa permintaan server per detik, menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja aplikasi Virgo;
      5. menggunakan robot, spider, pencarian situs/aplikasi pengambilan kembali, atau perangkat manual atau otomatis lainnya atau proses untuk mengambil, indeks, “tambang data” (data mine), atau dengan cara apa pun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari aplikasi atau isinya;
      6. menghapus setiap hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terdapat di dalam aplikasi atau sistem Virgo.

  14. Keadaan Kahar (Force Majeure)

    Layanan Virgo dapat terhenti baik sebagian maupun seluruhnya yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau hal tertentu yang disebabkan oleh atau timbul karena suatu kejadian Keadaan Kahar (Force Majeure) yang meliputi peristiwa-peristiwa di luar kekuasaan Kami, termasuk namun tidak terbatas pada kebakaran, ledakan atau bencana lain, angin topan, blokade, perang, huru-hara, pemogokan atau gangguan perburuhan lain, kerusuhan/kegaduhan masyarakat, bencana alam, kebijakan pemerintah (“Keadaan Kahar (Force Majeure)“). Pengguna oleh karenanya telah setuju untuk melepaskan Kami dari setiap tuntutan dan klaim, jika Kami tidak dapat memenuhi instruksi Pengguna melalui aplikasi Virgo baik sebagian maupun seluruhnya yang disebabkan karena Keadaan Kahar (Force Majeure).


  15. Hukum Yang Berlaku dan Penyelesaian Sengketa
    1. Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia.
    2. Segala perselisihan atau pertentangan yang timbul sehubungan dengan atau terkait dengan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan (maupun bagian daripadanya) termasuk perbedaan penafsiran atas ketentuan Syarat dan Ketentuan ini (“Perselisihan”) wajib diselesaikan dengan cara sebagai berikut:
      1. Para pihak setuju untuk menggunakan usaha yang terbaik untuk menyelesaikan Perselisihan yang timbul berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini secara musyawarah untuk mencapai mufakat dalam jangka waktu 60 (enam puluh) hari kalender.
      2. Apabila dalam jangka waktu 60 (enam puluh) hari kalender sejak disampaikannya maksud untuk menyelesaikan masalah secara musyawarah oleh salah satu pihak kepada pihak lainnya, melalui surat tertulis, para pihak tidak dapat menyelesaikan Perselisihan secara musyawarah, maka para pihak akan menyelesaikan permasalahannya melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (“BANI”), yang beralamat di gedung Wahana Graha Lantai 2, Jl. Mampang Prapatan Nomor 2 Jakarta Selatan 12760, Republik Indonesia, yang dipimpin oleh arbiter tunggal, dan dengan menggunakan tata cara yang berlaku pada BANI. Keputusan BANI akan merupakan keputusan final dan mengikat bagi para pihak.
      3. Ketentuan mengenai seluruh biaya, ongkos dan pengeluaran dalam rangka penyelesaian Perselisihan diputuskan berdasarkan putusan arbitrase yang final dan mengikat.

  16. Perubahan

    Kami memiliki hak untuk mengubah Syarat dan Ketentuan dari waktu ke waktu dengan mengumumkannya kepada Anda, misalnya melalui banner dalam aplikasi Virgo atau kanal lainnya. Kami mendorong Pengguna untuk sering memeriksa halaman ini untuk mengetahui setiap perubahan pada Syarat dan Ketentuan. Jika Anda terus menggunakan layanan Virgo setelah adanya perubahan, penambahan dan/atau variasi apa pun dalam Syarat dan Ketentuan, Anda dianggap mengetahui dan menerima perubahan tersebut. Jika Anda tidak setuju atas perubahan, penambahan dan/atau variasi yang Kami cantumkan, maka Anda harus berhenti menggunakan layanan Virgo.


  17. Keberlakuan

    Jika terdapat suatu ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan yang ternyata diketahui melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku, baik sebagian maupun seluruhnya, maka ketentuan yang dianggap melanggar tersebut dikesampingkan dari Syarat dan Ketentuan dan atas ketentuan lain dalam Syarat dan Ketentuan tetap berlaku dan mengikat.


  18. Hubungi Kami

    Jika Anda memiliki pertanyaan, permintaan, keluhan, atau kepentingan penyampaian informasi apa pun terkait Syarat dan Ketentuan layanan Virgo atau Anda ingin mendapatkan akses pada layanan Virgo dan/atau melakukan koreksi terhadap data Anda, Anda dapat menghubungi Call Center melalui nomor 021-72-888-777 atau Customer Service melalui email cs@virgoku.id.


  19. Ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini merupakan versi yang Kami tetapkan dan berlakukan per tanggal 1 Juli 2022.