|

6 Manfaat QRIS Bagi Bisnis: Transaksi Otomatis dan Bisa Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Ceritanya gini, QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) pertama kali disusun oleh BI (Bank Indonesia) dan ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia). QRIS dibentuk sebagai layanan pembayaran cashless yang efektif dan efisien. Sistem pembayaran cashless ini pertama kali diaplikasikan pada 17 Agustus 2019 dan BI mulai mewajibkan semua merchant menggunakan sistem pembayaran cashless ini sejak Januari 2020.

Pemerintah fokus mendorong penggunaan QRIS di seluruh Indonesia untuk memudahkan dan mempercepat proses transaksi. Hanya dengan satu QR code saja. Kalau sebelumnya merchant memiliki beberapa pilihan QR code dan teman Virgo perlu menyesuaikannya, sekarang dengan adanya QRIS dari pemerintah, teman Virgo sudah bisa menggunakan berbagai jenis aplikasi pembayaran hanya dengan satu QR code. Simple banget kan!

QRIS menjadi sistem pembayaran yang sangat mudah dan cepat. Teman Virgo pasti sudah tahu enaknya bayar pakai QRIS. Hal itu menyebabkan banyak teman Virgo jadi malas belanja jika tokonya belum menyediakan QRIS. Nah, ini bisa menjadi insight untuk teman Virgo yang punya bisnis, nih.

Jika teman Virgo punya bisnis, 6 manfaat QRIS bagi pebisnis di bawah wajib disimak. Kalau belum menyediakan layanan QRIS, yuk segera daftar QRIS agar pelanggan makin loyal.

6 Manfaat QRIS Bagi Merchant/Pebisnis

  1. Mempermudah transaksi dan Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Kenyamanan dan kemudahan pelanggan ketika berbelanja adalah kepentingan bagi pemilik bisnis. Dengan menyediakan pembayaran QRIS, tentu pelanggan lebih cepat dan mudah saat melakukan pembayaran. Sedikit banyak, kemudahan pembayaran ini menjadi faktor loyalitas pelanggan.

  1. Mencegah Penipuan

Metode cashless ini memungkinkan teman Virgo sebagai pemilik bisnis terhindar dari tindak kecurangan dan penipuan dengan uang palsu. Sebelumnya, pembayaran dengan uang palsu banyak terjadi dan membuat pebisnis rugi. Adanya sistem pembayaran QRIS, tidak memungkinkan terjadinya penipuan uang palsu ini karena tidak ada pertukaran uang secara fisik.

Baca juga: Contoh Buku Kas Harian yang Wajib Teman Virgo Pahami Cara Buatnya

  1. Keamanan Transaksi Terjamin

Berkaitan dengan manfaat sebelumnya, pembayaran metode cashless dinilai jauh lebih aman bagi pebisnis. Prinsip pembayarannya mirip dengan transfer uang antar rekening/antar bank. Setiap transaksi menggunakan QRIS juga perlu kode atau pin dulu sebelum konfirmasi pembayaran. Jika ada transaksi tidak wajar, teman Virgo bisa langsung melaporkan ke customer service terkait karena semua layanan QRIS bersifat online dan tercatat otomatis di riwayat keluar masuk uang.

Virgo
  1. Menghemat Biaya Operasional

QRIS membantu meringankan beban biaya operasional bisnis teman Virgo. Walaupun tetap ada biaya yang dikenakan kepada merchant, tapi lebih ringan daripada tanpa QRIS. Istilah biaya yang ditanggung merchant adalah Merchant Discount Rate (MDR). Misalnya, untuk transaksi regular dikenakan biaya sebesar 0,7%, transaksi pendidikan sebesar 0,6%, transaksi di SPBU 0,4%, dan transaksi bantuan sosial untuk yayasan/organisasi 0%.

Sedangkan dari sisi customer tidak akan ditagih biaya seper pun di luar nominal belanja mereka alias gratis biaya admin. Inilah kenapa sekarang banyak pelanggan yang lebih pilih belanja di tempat yang menyediakan QRIS daripada yang belum menyediakan.

Biaya MDR tersebut jauh lebih kecil dibanding dengan biaya switching di Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang mencapai 1%. Jadi, sudah pasti lebih murah dan lebih menguntungkan dari sisi pemilik bisnis.

Baca juga: 2 Cara Menghitung Modal Akhir: Teman Virgo Wajib Tahu!

  1. Membantu Bisnis Mencatat Transaksi

Penggunaan QRIS terbukti lebih mudah bagi pebisnis terutama di bagian pencatatan transaksi jual beli karena semua sudah tercatat otomatis di sistem. Metode ini membuat bisnis teman Virgo memiliki data lengkap soal transaksi keuangan. Pencatatan keluar masuknya uang pun secara real time sehingga pengelolaan keuangan lebih efisien.

  1. Meningkatkan Branding dan Kekinian

Bisnis yang menerapkan metode QRIS dinilai lebih modern dan kekinian daripada sebelumnya. Pelanggan pun lebih memilih belanja di tempat yang menyediakan layanan ini daripada yang belum. Bagi pelanggan, pemilik bisnis yang memakai metode cashless pun dianggap lebih berilmu terkait literasi keuangan dan open-mind dibandingkan pebisnis yang belum menggunakan. Hal tersebut tentunya berpengaruh pada brand bisnis.

virgo

Pakai QRIS di Virgo Memudahkan Pengalaman Belanjamu

Bagi teman Virgo yang berperan sebagai konsumen, penggunaan QRIS memang memudahkan pengalaman belanja. Sekarang teman Virgo sudah bisa bayar pakai QRIS di aplikasi uang elektronik Virgo untuk melakukan pembayaran di gerai manapun yang menyediakan kode QR biar cepat dan mudah. Teman Virgo pasti tahu jika menggunakan aplikasi Virgo bisa kumpulin kembalian uang belanja untuk di top up ke saldo Virgo, kan

Teman Virgo bisa top up saldo Virgo pakai kembalian belanja di Alfamart hingga Rp99.999 per transaksi. Selain itu, juga bisa top up saldo Virgo dari uang kembalian belanja di Alfamidi dan Dan+Dan hingga Rp1.999 per transaksi. Kalau saldo Virgo sudah kekumpul banyak, bisa untuk beli pulsa, beli paket data, beli token listrik, bayar tagihan listrik, atau transfer uang di akun Virgo ke rekening bank lain, plus sekarang sudah bisa digunakan untuk pembayaran di gerai-gerai yang menyediakan kode pembayaran QR.

Aplikasi apa lagi yang bisa membuat teman Virgo menghargai dan memberi makna kembali pada uang receh kembalian belanja kalau bukan pakai aplikasi Virgo. Sekali pakai Virgo dijamin langsung rajin kumpulin uang kembalian deh! Makanya yuk download aplikasi Virgo sekarang biar bisa cepet kumpulin uang recehnya.

Leave a Reply